Sponsors Link

Simbiosis Kompetisi : Penjelasan – Jenis – dan Contohnya

Sponsors Link

Dalam kehidupan di alam bebas, setiap makhluk hidup harus mampu dan bisa untuk bertahan hidup. Mempertahankan diri mereka untuk dapat terus mempertahankan spesies mereka sendiri. ketika proses untuk dapat bertahan hidup itu terus berlangsung maka muncullah efek lain yang dapat kita temukan di berbagai sudut. Salah satu efeknya yang dapat kita temukan adalah munculnya berbagai macam keanekaragaman hayati yang banyak sekali.

Setiap tempat setiap lokasi pasti memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Untuk dapat bertahan hidup maka banyak sekali hewan dan tumbuhan yang harus bisa bertahan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada di sekitarnya penyesuaian diri inilah yang kemudian banyak disebut sebagai adaptasi. sebuah proses yang membutuhkan waktu lama dan melewati beberapa generasi.

Adaptasi dalam alam bebas sendiri memiliki bentuk dan ciri yang beragam. Setiap makhluk hidup mampu memperlihatkan ciri adaptasi yang berbeda-beda. Ada adaptasi yang mungkin hanya mempengaruhi fisiologi dari makhluk tersebut. Namun, tak sedikit pula yang mempengaruhi morfologi dari makhluk tersebut.

Keduanya memang merupakan jenis adaptasi yang banyak dan sering ditemukan di alam bebas. Pada prosesnya sendiri, setiap makhluk hidup yang berusaha untuk bertahan hidup memang harus bisa berinteraksi dan menyesuaikan diri mereka sendiri.

Interaksi yang terjadi antar dalam kehidupan bebas ini sendiri bisa dikatakan sangat umum ditemukan di semua lokasi. Dari interaksi ini kemudian akan muncul sebuah hubungan yang banyak orang sebut sebagai simbiosis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis ini kemudian disebut sebagai simbion. Hubungan yang satu ini memiliki banyak sekali jenis dengan sifat dan bentuk yang berbeda-beda. Salah satu dari sekian banyak jenis yang dapat kita temukan dari hubungan interaksi ini adalah simbiosis Kompetisi. Hubungan interaksi ini memiliki ciri seperti

Pengertian

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, bahwa ada banyak sekali bentuk dan macam dari jenis simbiosis itu sendiri. Setiap bentukan akan memiliki keunikan da juga sifat yang menyesuaikan dengan lingkungan dimana mereka tinggal. Beberapa jenis simbiosis merupakan sebuah perpanjangan tangan dari hubungan mereka dengan lingkungan sekitar dimana mereka berada.

Hubungan dengan lingkungan sekitar ini sendiri tak berarti hanya hubungan dengan unsur abiotik saja. Namun, hubungan tersebut juga dapat terjadi antara makhluk hidup lain. Jika kita menarik hubungan ini kedalam konteks simbiosis kompetisi, maka pada dasarnya kita dapat menemukan pengertian dari simbiosis yang satu ini. simbiosis yang satu ini merupakan sebuah simbiosis yang terbentuk akibat kompetisi yang terjadi antar makhluk hidup.

Tentu saja akibat yang di akibatkan dari kompetisi ini memiliki efek yang beragam. Namun, kebanyakan dari efek atau akibat dari kompetisi tersebut dapat menyebabkan kedua belah pihak menderita kerugian. Sehingga dalam simbiosis yang satu ini bisa dikatakan sangat minim kemungkinan untuk memunculkan sebuah keuntungan bagi kedua belah pihak. Dalam hal ini simbiosis kompetisi merupakan antitesis dari simbiosis netralisme.

Untuk dapat memunculkan dan menimbulkan hubungan simbiosis kompetisi ini maka kedua simbion harus berada dalam area ruang lingkup yang sama. keduanya harus memiliki ketertarikan pada hal yang sama pula. Kebanyakan simbiosis kompetisi ini muncul dalam bentuk persaingan untuk mendapatkan sumber makanan.

Namun, pada dasarnya bentukan dari simbiosis yang satu ini tidak terikat pada makanan saja. Tak sedikit yang kemudian melebar menjadi kompetisi dalam hal mendapatkan pasangan untuk melakukan perkawinan. Atau, dalam beberapa hal bisa terjadi dalam perebutan area teritorial. Simbiosis kompetisi ini merupakan salah satu jenis simbiosis yang memiliki ruang lingkup cukup luas dan beragam.

Jenis

Dengan ruang lingkup yang cukup luas dan beragam maka tak mengherankan jika simbiosis kompetisi ini bisa dikatakan dapat kita temukan di berbagai belahan bumi. Bahkan, tak mengherankan jika terkadang dalam simbiosis kompetisi kita juga menemukan bentukan simbiosis lain di dalamnya. Sedangkan untuk simbiosis kompetisi sendiri dapat kita bagi menjadi dua jenis yang utama. Penggolongan ini sendiri berdasarkan bentukan hubungan antar makhluk di dalamnya, seperti

  1. Kompetisi intraspesifik

Hubungan yang satu ini merupakan salah satu jenis hubungan simbiosis kompetisi yang terjadi masih dalam satu ruang lingkup yang sama. Namun, hubungan yang terjadi adalah hubungan kompetisi antara spesies yang masih sama. dalam artian dapat dikatakan bahwa hubungan ini merupakan hubungan kompetisi dalam “keluarga”.

  1. Kompetisi Interspesifik

Hubungan yang satu ini merupakan hubungan simbiosis yang merupakan kebalikan dari kompetisi intraspesifik. Hubungan kompetisi ini terjadi antar spesies yang berbeda jenis.

Contoh

Jika kita berbicara mengenai contoh maka ada beberapa contoh yang dapat kita temukan, seperti

  1. Persaingan antar Singa Jantan

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bentuk dari kompetisi yang ada dalam simbiosis kompetisi ini memiliki cakupan yang luas. Salah satunya adalah persaingan antar singa jantan dalam memperebutkan wilayah dan juga singa betina. sebagaimana yang kita ketahui, singa merupakan salah satu hewan yang sangat melindungi teritorialnya. Persaingan antar singa jantan ini merupakan salah satu persaingan untuk menjadi penguasa dalam sebuah teritorial dan menjadi pejantan utama dalam kawasan tersebut.

  1. Persaingan antar kambing dalam populasi

Pernahkah kalian melihat sekelompok kambing yang dilepas di lapangan luas dengan rumput yang banyak. Mungkin sekilas kawanan tersebut terlihat santai dan menikmati waktu mereka. Namun, pada dasarnya dalam kondisi tersebut simbiosis kompetisi telah terjadi. Pada kawanan tersebut juga terjadi kompetisi untuk untuk mendapatkan lokasi yang paling subur dan memiliki rumput yang paling sehat. Kompetisi tersebut akan semakin terlihat jelas ketika kemudian muncul kawanan kambing yang lain.

  1. Persaingan antar singa dan Hayna

Contoh simbiosis kompetisi yang satu ini merupakan salah satu contoh kompetisi yang terjadi dalam hal perebutan sumber makanan. Jika kita melihat ke alam bebas, maka akan kita temukan bahwa sebenarnya singa akan selalu berkompetisi dengan hanya untuk dapat menemukan sumber makanan yang baru. Singa yang mengandalkan kekuatannya akan selalu di benturkan dengan hyna yang memiliki jumlah cukup banyak. persaingan ini akan terlihat normal karena merupakan bagian dari sebuah rantai makanan.

  1. Kompetisi Antar Anaconda jantan

Simbiosis kompetisi yang satu ini merupakan salah satu contoh simbiosis kompetisi yang terjadi ketika mencari pasangan untuk melakukan perkawinan. Sebagaiaman yang kita ketahui bahwa anaconda betina dapat kawin dengan lebih dari satu pejantan setia musim kawin tiba. Namun, antar pejantan tersebut akan saling untuk mendapatkan posisi terbaik dalam perkawinan tersebut.

  1. Tanaman dalam satu pot

Beberapa dari kalian mungkin sering menemukan tanaman yang memiliki jenis yang sama di tanam dalam satu pot yang mungkin ukurannya tidak sesuai dengan jumlah tanaman tersebut.  Ketika tanaman tersebut ditanam sejak dari awal sudah muncul simbiosis kompetisi. Jumlah tanaman yang tidak sesuai dengan ukuran dari pot akan saling bersaing untuk mendapatkan asupan unsur hara yang lebih banyak daripada tanaman lain yang ada di dalam pot tersebut.

Itulah tadi beberapa informasi yang dapat kita temukan dari simbiosis kompetisi yang ada di alam bebas. Setiap simbiosis memang memiliki bentukan dan sifat yang berbeda sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Biologi