Sponsors Link

Siklus Hidup Ikan Beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Pada pengelompokan hewan kita mengenal beberapa point yang sering digunakan untuk membedakan dan mengelompokan beberapa jenis hewan. Hal yang sering digunakan untuk mengelompokkan jenis-jenis hewan ini akan berdasarkan ciri khusus yang dimiliki oleh setiap hewan. Bisa dikatakan bahwa setiap hewan yang ada di muka bumi ini memiliki ciri khusus yang berbeda-beda.

ads

Perbedaan yang muncul tersebut tak lain dan tak bukan merupakan hasil dari sebuah proses evolusi dengan disertai proses adaptasi yang cukup panjang. Setiap makhluk hidup yang tinggal dan menetap di ekosistem atau bioma tertentu akan menunjukan beberapa proses adaptasi yang digunakan untuk melindungi dan menjaga keberlangsungan hidup mereka di lingkungan tersebut.

Jika membicarakan macam-macam keanekaragaman hayati makhluk hidup maka ada banyak sekali hal yang kita bisa bicarakan. Hewan dengan setiap keunikan dan berbagai macam jenis-jenis adaptasi yang menyertainya, membuat ada banyak sekali pembahasan yang bisa kita temukan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa setiap adaptasi akan memberikan efek yang berbeda pada setiap hewan dan makhluk hidup lainnya.

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu bagian yang termasuk kedalam adaptasi, yaitu Siklus hidup. Kita akan membahas mengenai siklus hidup ikan yang sangat familiar dengan kehidupan kita. Sebagai salah satu bagian daru hewan vertebrata, siklus hidup ikan pada dasarnya tak jauh berbeda dengan beberapa jenis vertebrata lain. Ada beberapa hal yang harus kelian ketahui mengenai siklus hidup ikan, seperti

SIKLUS HIDUP IKAN

siklus hidup ikanPada beberapa kondisi terkadang siklus hidup juga dapat dikatakan sebagai daur hidup. Ikan sendiri merupakan salah satu jenis hewan vertebrata yang mendiami kawasan perairan. Ikan dapat kita temukan dengan berbagai macam jenis yang berbeda-beda. Namun, secara garis besar terdapat dua golongan yang bisa kita temukan yaitu ikan air tawar dan ikan air asin. Keduanya bisanya dibedakan pada jaringan hewan yang ada di tubuh ikan itu sendiri. Namun, secara garis besar siklus hidup ikan air tawar dan ikan air asin tidak lah berbeda jauh.

Ikan sendiri bisa dikatakan merupakan satu jenis hewan yang masuk kedalam kategori metamorfosis tidak sempurna. Untuk dapat memahami hal tersebut kita harus pahami dulu mengenai perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Ada beberapa tahapan dalam siklus ikan yang harus di lalui seperti

1. Telur

Pada tahapan pertama yaitu telur akan sangat tergantung pada suhu dari perairan dimana telur itu berada.Pada ikan yang termasuk mendiami air yang bersuhu hangat, maka telur akan lebih cepat menetas. Namun, pada ikan yang menetap di air yang bersuhu dingin telur akan lebih lambat menetas. Selain itu pembuahan pada telur biasanya dilakukan di luar tubuh dari indukan tersebut. Pada saat proses pembuahan, biasanya betina akan meletakkan telur-telur mereka di media tertentu. kemudian setelah itu pejantan akan menyemprotkan sperma mereka pada kumpulan telur-telur tersebut.

2. Larva

siklus hidup ikanSiklus hidup ikan selanjutnya adalah Larva, atau ketika telur telah menetas. Ada satu hal yang bisa dikatakan cukup unik adalah, pada larva ikan kita akan menemukan kantung kuning telur pada bagian perut. Keberadaan kantung kuning telur tersebut merupakan sumber makanan yang sangat penting bagi larva. Selama kantung kuning telur itu masih ada, maka ikan akan menyerap segala nutrisi dari kantung tersebut. Biasanya kantung ini akan bertahan selama beberapa hari, sebelum kemudian akan hilang.

Untuk memahami kondisi dari larva ini sendiri juga haru ikut serta dalam memahami mengenai perbedaan hewan berdarah panas dan dingin. Hal ini karena pengetahuan tersebut akan memudahkan kita untuk lebih paham dan lebih mengerti.

3. Ikan Muda

Pada siklus ini, ikan mulai memiliki bentuk yang mirip dengan ikan yang lebih dewasa. Selain itu bisa dikatakan kadang fase ikan muda ini adalah tanda di mulainya proses metamorfosis pada ikan. Pada ikan muda kita sudah menemukan berbagai macam jenis organ yang bisa kita temukan pada ikan dewasa. Meskipun ada beberapa organ yang belum mengalami perkembangan secara penuh. Pada proses metamorfosis dari larva menuju ikan muda bisa dikatakan merupakan proses yang sangat berbahaya. Pada tahapan ini kemungkinan untuk timbulnya kematian sangat besar. Maka kadang jumlah larva yang berhasil untuk berubah menjadi ikan muda tidak terlalu banyak.

4. Ikan Dewasa

Pada ikan yang telah dewasa, maka struktur tubuh yang dimilikinya jauh lebih kuat. Selain itu banyak sekali organ yang bisa dikatakan mulai matang dan dapat berfungsi sempurna. Salah satu ciri yang dimiliki ikan dewasa adalah kemampuannya untuk melakukan proses reproduksi.

Itulah tadi siklus hidup ikan yang bisa kalian pahami dan ketahui. ikan sendiri merupakan salah satu hewan vertebrata yang memiliki tingkat keanekaragaman jenis yang tinggi. Selain itu hewan ini juga memiliki kandungan nutrisi yang bisa dikatakan tidak sedikit. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan