Sponsors Link

9 Perbedaan Negara Maju dan Berkembang

Sponsors Link

Negara maju adalah klasifikasi negara yang memiliki tingkat standar hidup relatif tinggi dan pada negara maju, biasanya tingkat perekonomian sangat merata. Negara dengan pendapatan tinggi sering dikategorikan sebagai negara maju dan negara maju biasanya memiliki pengembangan industri yang sangat beragam. Suatu negara yang memiliki penghasilan besar dari jasa tidak termasuk negara yang maju dan salah satunya adalah Brunei Darusallam yang secara penghasilan besar, namun hasil didapat dari pengambilan minyak buminya. Tak adanya perekonomian dan pengembangan industri merata, membuat Brunei tak termasuk dalam negara maju.

ads

Negara berkembang adalah klasifikasi negara yang memiliki tingkat kesejahteraan yang rendah dan pada negara berkembang, tingkat perekonomian tidak terlalu berjalan merata. Tingkat pembangunan pada negara berkembang biasanya sangat bervariasi, namun tak memiliki efek yang signifikan bagi perekonomian negara dan sampai saat ini tak ada pengakuan secara internasional mengenai suatu negara maju atau berkembang. Negara berkembang masih berjuang untuk mengembangkan berbagai aspek kehidupan dan salah satu sektor yang paling diperhatikan di negara berkembang adalah pemerataan mengenai perekonomian.

1. Pendapatan

Berdasarkan berbagai langkah-langkah penelitian, perbedaan negara maju dengan negara berkembang bisa terlihat dari jumlah pendapatannya dan biasanya jumlah pendapatan per kapita negara berkembang lebih kecil dari negara maju. Indonesia menjadi salah satu negara yang termasuk dalam negara berkembang dan pendapatan suatu negara bisa dipengaruhi berbagai faktor seperti luas wilayah negaranya, jumlah penduduk, tingkat pemerataan pekerjaan dan pendapatan per kapitanya.

2. Sumber daya manusia

Sumber daya manusia suatu negara sangat berpengaruh terhadap kemajuan negaranya dan kualitas manusia di negara maju, biasanya lebih modern dari manusia di negara berkembang. Dalam ruang lingkup geografi, Indonesia menjadi negara yang memiliki keadaan alam yang strategis dan potensi Indonesia menjadi negara maju sangatlah besar. Sumber daya manusia bisa ditingkatkan dengan cara menaikkan taraf pendidikan dan kini banyak sekali rakyat Indonesia yang pergi keluar negeri untuk sekolah, hal ini akan membuat kemajuan Indonesia menjadi lebih besar.

3. Tingkat Pendidikan

Tingkat pendidikan di suatu negara, sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu negara dan biasanya negara maju memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Hampir semua masyarakat yang ada di negara maju, bisa membaca dan menulis dengan lancar. Negara maju biasanya menerapkan berbagai kebijakan yang menguntungkan bagi suatu negara dan tingkat pendidikan menjadi titik fokus yang sangat penting. Pada negara berkembang biasanya tingkat pendidikan masih dalam tahap pengembangan dan berbagai uji coba dilakukan untuk melihat gerak perkembangan suatu negara.

4. Pertumbuhan

Pada negara berkembang biasanya laju pertumbuhan penduduk tidak terkontrol dengan baik dan hal ini bisa dilihat dari angka kelahirannya yang sangat tinggi. Pada suatu negara maju, biasanya masyarakatnya memiliki kesadaran untuk mengatur pola kelahiran anak dan perencanaan keluarga menjadi sebuah hal yang penting. Ada berbagai tujuan adaptasi manusia untuk melakukan rencana kelahiran anak dan pada negara maju biasanya tingkat kelahiran anak sangatlah sedikit. Tingkat kelahiran dan kematian menjadi sebuah hal yang penting untuk diatur suatu negara, hal ini perlu dilakukan untuk mengontrol kemajuan suatu negara.

5. Perekonomian

Kegiatan perekonomian yang terjadi di negara maju berfokus pada bidang industri dan bidang jasa. Kedua sektor ini sangat memiliki kemajuan yang pesat dan mampu membantu perekonomian negara. Sedangkan pada negara berkembang sektor yang diperhatikan adalah sektor pertanian, kehutanan, pertambangan dan sektor perikanan. Pada negara yang masih berkembang bidang industri dan jasa masih kurang diperhatikan dengan baik. Tingkat perekonomian negara maju biasanya sudah berjalan secara merata, namun pada negara berkembang tingkat perekonomiannya masih kurang merata dan masih banyak ketimpangan sosial yang terjadi.

6. Pengangguran

Tingkat pengangguran di negara maju relatif lebih rendah dan hal ini disebabkan, karena tingkat lapangan kerjanya yang sangat luas. Masyarakat yang tinggal di negara maju, biasanya memiliki ruang kerja yang cukup luas dan hal ini membuat sedikitnya tingkat pengangguran. Sedangkan pada negara berkembang tingkat pengangguran sangat tinggi dan hal ini disebabkan karena lapangan kerja yang kurang luas. Kesempatan kerja di negara berkembangan sangatlah sedikit dan hal ini menimbulkan sebuah ketimpangan sosial yang terjadi. Jumlah pengangguran dapat dikurangi dengan cara memperluas lapangan kerja dan kesempatan kerja.


7. Kesehatan

Tingkat kesehatan masyarakat negara maju biasanya lebih baik dibanding dengan masyarakat yang tinggal di negara berkembang, hal ini disebabkan oleh tingkat pendapatan yang tinggi dan kemampuan untuk menjaga kesehatan menjadi lebih baik dengan pendapatan yang besar. Sedangkan tingkat kesehatan masyarakat di negara berkembang sangatlah rendah, hal ini disebabkan oleh pendapatan masyarakatnya yang kecil dan masyarakat lebih berfokus untuk memperbanyak pendapatan, dibanding dengan menjaga kesehatan.

8. Kemiskinan

Tingkat kemiskinan pada suatu negara berkembang sangatlah tinggi dan hal ini dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, tingkat pekerjaan, tingkat pendapatan yang sangat kecil. Semakin kecil pendapatan seseorang, maka akan semakin miskin pula kondisinya. Tingkat kemiskinan suatu negara bisa terlihat dari tingkat kesenjangan sosial yang terjadi dan jumlah pendapatan nasional yang diperoleh suatu negara, akan berpengaruh pada tingkat perekonomian serta kemiskinan masyarakatnya. Pada negara maju biasanya masyarakat yang memiliki tingkat kemiskinan sangatlah rendah dan masyarakatnya lebih produktif dalam melakukan aktivitas.

9. Pekerjaan

Pada negara maju, kebanyakan masyarakatnya bekerja pada bidang industri atau bidang jasa dan hal ini membuat kemajuan suatu negara menjadi lebih cepat. Sedangkan pada negara yang berkembang, tingkat pekerjaannya paling banyak berada pada buruh kasar atau tenaga kerja kasar seperti kuli bangunan dan berbagai pekerjaan keras lainnya. Lowongan pekerjaan pada suatu negara menjadi faktor penting peningkatan masyarakatnya dan semakin merata lapangan pekerjaannya, maka akan semakin besar pula kemajuan suatu negara. Pada negara berkembang banyak masyarakat yang memiliki pekerjaan dengan upah yang minim dan sangat tidak cocok dengan tingkat pembelian yang tinggi.

Demikian ulasan lengkap mengenai perbedaan negara maju dan berkembang serta semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagai para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Geografi