Sponsors Link

Perbedaan Mutasi Gen dan Mutasi Kromosom serta Manfaatnya

Sponsors Link

Mutasi adalah sebuah perubahan pada bahan genetik yang terjadi dalam tingkatan gen ataupun tingkatan kromosom dan mutasi yang terjadi pada tingkat gen disebut juga dengan mutasi titik, sedangkan mutasi yang terjadi pada tingkat kromosom, disebut juga mutasi aberasi. Mutasi pada gen dapat membantu pengembangan variasi baru dan mutasi pada alam terjadi akibat adanya sebuah zat pembangkit mutasi seperti mutagen, radio surya dan lain-lain. Mutan adalah sebutan untuk seorang individu yang mengalami perubahan sifat akibat adanya mutasi dan dalam struktur genetik, mutan biasanya dibandingkan dengan individu yang tidak mengalami perubahan sifat.

ads

Mutasi gen adalah mutasi yang menimbulkan perubahan pada basa N dari DNA atau RNA dan mutasi gen biasa disebut dengan mutasi titik. mutasi gen lebih sering terjadi dibandingkan dengan jenis mutasi lainnya, namun mutasi ini dapat dikurangi dengan mekanisme pemulihan pada gen dan ada berbagai akibat yang bisa ditimbulkan dari mutasi gen seperti berubahnya urutan asam amino pada protein, berkurangnya fungsi enzim, berubahnya fungsi enzim dan hilangnya fungsi enzim. Dalam cabang ilmu fisika, teknologi di jaman sekarang menggunakan mutasi gen sebagai marker dan langkah ini dilakukan untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada gen.

Mutasi kromosom adalah perubahan yang terjadi pada susunan kromosom dan jumlah kromosom dalam gen. Mutasi kromosom biasanya diakibatkan adanya kesalahan meiosis dan ada berbagai faktor lainnya. Dalam berbagai jenis metode penelitian, ada 3 jenis utama dalam mutasi kromosom seperti duplikasi, inversi serta delesi. Inverse tidak akan menyebabkan jumlah angka berubah dan inverse terjadi akibat adanya perubahan jumlah gen pada kromoson. Delesi terjadi akibat adanya paparan dari radiasi, virus atau panas yang tinggi. Duplikasi adalah peningkatan yang terjadi dalam 2 kali lipat.

Perbedaan Mutasi Gen dan Mutasi Kromosom:

1. Perubahan

Mutasi gen terjadi akibat adanya perubahan urutan nukleotida dalam gen tertentu dan mutasi kromosom terjadi, akibat adanya perubahan dalam beberapa gen dalam kromosom. Setiap perubahan yang terjadi mengakibatkan gerak yang berbeda-beda dan perubahan mutasi gen terjadi pada penyusunan gen dan mutasi kromosom terjadi akibat adanya perubahan struktur kromosom.

2. Skala

Mutasi gen adalah perubahan yang terjadi dalam skala yang kecil dan sering dianggap mutasi yang kurang berbahaya. Sedangkan mutasi kromosom adalah mutasi yang menyebabkan skala besar atau perubahan yang serius. Pendefinisian skala mutasi dilakukan dengan langkah-langkah penelitian yang jelas dan dilakukan oleh para ahli kesehatan.

3. Resiko

Mutasi gen mengandung resiko yang lebih kecil dan kadang-kadang bisa diperbaiki. Mutasi kromosom adalah mutasi yang tidak bisa diperbaiki dan disebut dengan mutasi yang sifatnya total. Dalam cabang ilmu fisika, ada banyak resiko yang bisa timbul akibat adanya suatu mutasi dan resiko tersebut menjadi sebuah hal yang menakutkan.

Manfaat Mutasi Untuk Kehidupan Sehari-hari

1. Semangka tanpa biji

Semangka adalah salah satu buah yang populer di Indonesia dan penggemar buah ini banyak tersebar di seluruh Indonesia. Buah semangka memiliki kandungan air yang lumayan banyak dan memiliki rasa yang menyegarkan. Semangka menjadi makanan yang banyak di favoritkan, karena memiliki rasa yang nikmat dan semangka mengandung wujud zat yang bervariasi. Mengkonsumsi semangka tanpa biji menjadi sebuah hal yang ingin dirasakan banyak orang dan dengan mengkonsumsi semangka tanpa biji, kenikmatan mengkonsumsi semangka menjadi sangat lezat. Semangka menjadi salah satu buah yang identik dengan bijinya, namun dengan adanya mutasi semangka jadi tak memiliki biji.

2. Jeruk tanpa biji

Jeruk adalah salah satu buah yang terkenal banyak mengandung gizi dan jeruk memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Ada banyak sekali jenis jeruk yang ada di Indonesia dan semua jenis jeruk memiliki keunikkannya tersendiri. Jeruk sangat mudah dijumpai di banyak tempat dan kini supermarket adalah tempat untuk memperoleh jeruk dengan kualitas terbaik. Salah satu manfaat dari mutasi adalah bisa membuat buah jeruk menjadi tanpa biji dan biji jeruk menjadi sebuah hal yang berbahaya, khususnya bagi anak-anak.


3. Buah stroberi besar

Buah stroberry adalah salah satu buah yang memiliki bentuk unik dan buah ini memiliki rasa yang manis, saat keadaan matang. Salah satu tempat buah strowberry yang populer adalah daerah Ciwidey Bandung dan sampai saat ini menjadi salah satu tempat strawberry populer yang ada di Bandung. Buah ini sangat disukai oleh banyak orang dan buah ini memiliki ukuran yang bervariasi. Untuk mendapatkan buah strawberry dengan ukuran yang besar, perlu ada cara khusus yang dilakukan dan dengan adanya mutasi, dapat membuat ukuran buah strawberry menjadi lebih besar.

4. Buah tomat yang besar

Tomat adalah salahsatu jenis buah yang telah ada sejak jaman dulu dan tomat memiliki peranan yang penting di lingkungan masyarakat. Tomat menjadi makanan yang menyehatkan badan dan tomat memiliki kegunaan yang sangat tinggu buat kesehatan. Tomat seringkali dijadikan bahan campuran masak ibu rumah tangga dan dengan tomat rasa masakan menjadi lebih nikmat. Salah satu contoh pemanfaattan mutasi adalah untuk membuat buah tomat menjadi berukuran besar dan bisa menambah harga jual tomat dipasaran. Harga tomat memang terus melonjak dari waktu ke waktu dan pemanfaattan tomat menjadi sangat bervariasi.

5. Tanaman Hias

Tanaman adalah salah satu mahluk hidup yang banyak memiliki manfaat bagi manusia, karena dengan adanya tanaman akan ada oksigen yang masuk kedalam tubuh dan salah satu cara memperindah tanaman di pot adalah dengan membentuk tanaman hias. Tanaman hias menjadi salah satu tanaman yang bernilai ekonomis tinggi dan bisa meningkatkan perekonomian seseorang. Tanaman hias menjadi populer di Indonesia dan telah banyak kontes tanaman yang diselenggarakan di berbagai kota. Semakin indah sebuah tanaman, maka akan semakin besar pula harga jualnya di pasaran dan tanaman hias juga sangat berkaitan dengan seni keindahan.

Demikian ulasan lengkap mengenai perbedaan mutasi gen dan mutasi kromosom. Semoga artikel ini memberikan referensi terbaik dan bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Biologi