Sponsors Link

Peranan Ctenophora dalam Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Bumi ini memiliki banyak sekali jenis keanekaragaman hayati yang berbeda-beda. Setiap hewan dan tumbuhan selalu memiliki keunikan dan perannya masing-masing. Terkadang kita temui juga adanya hubungan timbal balik antara flora dan fauna, maupun antara jenis dan golongan mereka masing-masing. Setiap jenis dan tumbuhan yang ada di muka bumi ini, pada dasarnya memiliki fungsinya masing-masing. Namun, mungkin masih ada beberapa jenis tumbuhan dan hewan yang belum diketahui dengan pasti fungsi dan peranannya. Ada beberapa makhluk hidup yang memiliki peranan negatif namun ada juga yang memiliki peranan positif bagi keberlangsungan lingkungan dimana makhluk hidup tersebut tinggal.

ads

Peranan dan fungsi yang berbeda-beda juga dapat kita temukan pada dunia hewan. Bahkan tak jarang terkadang peranan tersebut dijadikan sebagai salah satu point untuk penggolongan hewan tertentu. Misalnya beberapa hewan dan tumbuhan yang masuk kedalam golongan dekomposer, karena peran dan fungsi mereka untuk membusukkan sampah-sampah. Atau beberapa golongan serangga yang digolongankan karena peranan mereka sebagai agen untuk terjadinya penyerbukan hewan. Bahkan golongan hewan invertebrata pun memiliki fungsi dan manfaat yang diperhitungkan. Pada dasarnya ada banyak sekali peranan hewan invertebrata dalam kehidupan yang belum kita ketahui secara jelas.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa Peranan Ctenophora dalam kehidupan. Hewan yang satu ini merupakan salah satu golongan hewan invertebrata yang banyak kita temukan di perairan asin. Beberapa fungsi yang dimiliki oleh hewan ini adalah

Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai peranan Ctenophora dalam kehidupan, lebih baik kita sedikit banyak mengenal hewan ini. Ctenophora merupakan salah satu hewan yang tergolong kedalam hewan diploblastik. Hewan ini memiliki lapisan tubuh yang sederhana karena tergolong dari dua bagian utama. Bentuk dari lapisan tubuh hewan ini, tak jauh berbeda dengan lapisan tubuh porifera. Hewan ini juga memiliki salah satu sistem gerak pada hewan invertebrata yaitu silia. Sistem gerak ini terdapat pada beberapa lapisan luar tubuhnya. Bentuknya yang menyerupai sisir membuat hewan ini disebut sebagai ubur-ubur sisir.

Peranan yang dimiliki oleh hewan yang satu ini pada dasarnya belum terlalu banyak diketahui secara umum. Namun, ada beberapa fungsi dan peranan yang dimilikinya, seperti

PERANAN POSITIF

1. Penjaga kesimbangan ekosistem laut

Peran ctenophora dalam kehidupan sehari-hari ini berhubungan erat dengan sifat dari hewan ini. Ctenophora merupakan salah satu predator alami dari beberapa orgasnisme laut. Salah satunya adalah Zooplankton yang banyak tersebar. Perilaku ctenophora yang memakan zooplankton akan menjaga keseimbangan pada jumlah fitoplankton. Sebagai bana yang kita ketahui bahwa fitoplankton merupakan salah satu organisme laut yang sangat penting dalam rantai makanan. Zooplankton merupakan predator alami dari organisme tersebut.

2. Sumber makanan hewan lain

Pada siklus rantai makanan ekosistem laut, Ctennophora selain berfungsi sebagai predator. Dia juga merupakan mangsa dari organisme lain. Mereka yang memangsa hewan ini bisanya tergolong kedalam organisme yang lebih besar. Ikan dan penyu merupakan salah satu contoh organisme yang sering menjadi predator dari hewan ini. Namun, tak jarang terkadang hewan yang satu ini juga mangsa dari ubur-ubur lain. Meskipun Ctenophora dan Cnidaria sempat berada dalam satu filum yaitu Coelenterata. Dan bahkan beberapa jenis ctenophora seperti Beroe sp banyak memangsa ctenophora lain sebagai salah satu sumber makanan mereka.

PERANAN NEGATIF

1. Memangsa larva hewan lain

Pada peranan ctenophora dalam kehidupan sehari-hari yang satu ini sering terjadi di alam bebas. Ctenophora merupakan salah satu hewan yang bisa dikategorikan sebagai jenis hewan yang rakus. Mereka tidak memandang jenis organisme yang dijadikan mangsa. Pada beberapa kejadian tertentu hewan yang satu ini memangsa larva beberapa jenis ikan dan kerang budidaya. Hal tersebut menyebabkan kerugian pada segi ekonomi masyarakat.

2. Jenis hewan invasif

Beberapa jenis ctenophora merupakan jenis invasif yang sangat berbahaya. Salah satu jenisnya adalah Mnemiopsis. Jenis tersbeut merupakan salah satu ctenophora yang memiliki sistem pertahanan tubuh yang cukup kuat. Hewan yang satu ini dapat mentoleransi berbagai suhu dan kadar garam, selain itu mereka juga cepat berkembang biak. Ketika jenis memasuki ekosistem baru maka akan sangat cepat beradaptasi dan menjadi predator yang cukup berbahaya.

Ctenophora merupakan salah satu hewan yang mungkin dikatergorikan cukup sederhana. baik berdasarkan sistem yang ada di dalam tubuhnya dan juga pola hidupnya. Namun, peranan yang dimiliki oleh hewan yang satu ini bisa dikatakan cukup penting dan memiliki efek yang cukup besar, meskipun ada beberapa peranan negatif yang membuatnya harus diperhatikan dengan baik.

Itu lah tadi beberapa peranan Ctenophora dalam kehidupan yang bisa kita ketahui. Peranan hewan yang satu ini memang belum terlalu banyak diketahui secara pasti. hal ini dikarenakan minimnya informasi yang membahas dan menjelaskan mengenai hewan yang satu ini. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Hewan