Sponsors Link

Natrium : Kegunaan – Sifat – Pembuatan – Jenis

Sponsors Link

Garam adalah salah satu penyedap rasa yang sangat populer di Indonesia dan garam memiliki rasa asin yang sangat khas. Penggunaan garam memang sudah ada sejak jaman dahulu dan ada banyak garam yang bisa diperoleh di Indonesia. Garam dapur seringkali membuat masakan menjadi lebih nikmat dan dengan adanya garam dapur menjadikan makanan memiliki bervariasi rasanya. Salah satu garam populer adalah garam natrium dan menjadi salah satu garam favorit masyarakat Indonesia.

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia pasti membutuhkan natrium untuk berbagai kegiatan dan natrium memang memiliki banyak sekali manfaat. Tak hanya digunakan oleh ibu rumah tangga, berbagai jenis industri juga banyak menggunakan natrium untuk berbagai keperluan. Natrium adalah sebuah senyawa kimia yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan senyawa ini dilambangkan dengan Na dengan nomor atomnya 11.

Natrium juga menjadi sebuah logam alkali yang sangat lunak dan natrium juga menjadi senyawa yang sangat reaktif. Humphry Davy adalah orang pertama yang bisa menemukan teori senyawa natrium dan natrium juga menjadi unsur esensial yang berguna untuk semua jenis hewan serta tumbuhan.

Kegunaan Natrium

1. Seimbangkan cairan dalam tubuh

Berdasarkan langkah-langkah penelitian yang dilakukan dengan baik, maka ditemukan fakta bahwa natrium berguna untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan natrium akan melakukan rangsangan ke sistem otam untuk meminum air. Saat tubuh mengkonsumsi natrium yang berlebihan, maka akan menimbulkan tubuh kekurangan cairan dan kandungan air putih dengan natrium haruslah seimbang. Cairan dalam tubuh mengalir bersamaan dengan aliran darah dan dengan mengkonsumsi natrium, akan meningkatkan volume darah. Cairan dalam tubuh memiliki peranan yang sangat penting dan cairan darah yang lancar, akan mendorong kerja jantung menjadi stabil.

2. Seimbangkan otot jantung

Fungsi jantung harus dapat terjaga dengan baik dan salah satu fungsi air bagi tubuh manusia adalah untuk menyeimbangkan kinerja jantung. Natrium yang dikonsumsi dengan baik, akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan jumlah natrium yang sedikit akan membuat kondisi jantung menurun. Tubuh yang kekurangan natrium akan merasa lemas dan sulit untuk mengoptimalkan kineja tubuh.

3. Metabolisme tubuh

Natrium yang masuk dalam tubuh juga dapat menyeimbangkan kondisi tubuh dan metabolisme dalam tubuh dapat berjalan dengan baik. Dengan metabolisme yang baik, berbagai jenis metode penelitian dapat dilakukan dengan sangat tepat dan kondisi tubuh akan sehat. Kekurangan atau kelebihan natrium akan menimbulkan suatu gejala dalam tubuh. Natrium juga bisa membantu sel gizi untuk melakukan metabolisme zat gizi dan hal ini akan membuat kondisi kesehatan menjadi stabil.

4. Memperbaiki kerja saraf

Kondisi saraf manusia memang sangat bervariasi dan dari berbagai klasifikasi materi yang dilakukan, ternyata natrium bisa digunakan untuk merangsang kerja saraf. Natrium juga dapat membantu sistem produksi impuls dan saat kekurangan natrium, sistem saraf tidak akan bekerja dengan optimal. Begitupun saat kelebihan natrium, sistem kerja saraf akan sangat terganggu.

5. Rasa makanan

Natrium Klorida adalah salah satu jenis natrium yang digunakan sebagai penambah rasa asin atau garam dan garam menjadi campuran makanan, agar lebih lezat. Garam juga biasanya disediakan dalam bentuk halus ataupun butiran yang kasar dan hampir semua makanan lezat mengandung natrium di dalamnya. Natrium juga mengandung ion-esensial yang bermanfaat buat kesehatan tubuh dan dengan mengkonsumsi natrium kondisi kesehatan dapat dijaga dengan sangat stabil. Dengan asupan garam yang sedikit kondisi tubuh akan menjadi lemah dan membahayakan kesehatan.

Sifat Natrium

1. Reaktif

Natrium memiliki sifat yang reaktif terhadap berbagai jenis senyawa lainnya dan sifat materi natrium dapat melakukan interaksi dengan senyawa lainnya. Dengan sifat reaktifnya, perpaduan senyawa natrium sering menghasilkan senyawa lainnya dan natrium dapat reaktid dengan berbagai jenis senyawa lainnya.

2. Bereaksi dengan air

Natrium juga melakukan reaksi dengan air dan kondisi ini menghasilkan gas hidrogen dengan larutan basa. Dalam cabang ilmu kimia dijelaskan bahwa natrium bisa melakukan dengan berbagai macam unsur dan memiliki reaksi yang sangat cepat.

3. Bereaksi dengan oksigen

natrium yang bereaksi dengan oksigen akan menghasilkan sebuah senyawa oksidasi dan hal ini membuktikan bahwa reaksi senyawa natrium dapat menghasilan senyawa lainnya. Perpaduan natrium akan menghasilkan senyawa yang unik dan perpaduan ini menjadi salah satu keunggulan natrium.

4. Bereaksi dengan hidrogen

Satu lagi ciri-ciri dari natrium adalah melakukan perpaduan dengan senyawa hibrida dan hal ini memperkaya sifat dari senyawa natrium, karena kolaborasi natrium dapat menghasilkan berbagai macam senyawa.

Pembuatan Natrium

Proses pembuatan natrium memiliki bahan dasar logam alkali yang diperoleh dari hasil elektrolisis lelehan garam klorida dan pembuatan elektrolisis logam natrium dihasilkan dari campuran lelehan NaCl dengan CaCl2, dalam hal ini CaCl2 memiliki kegunaan untuk menurunkan titik leleh Nacl.

Pada saat NaCl dengan CaCl2 cair disatukan dalam sel down, kemudian diberi aliran listrik dan Ion Na+ akan direduksi menjadi sebuah natrium yang sifatnya cair. Ion Cl- kemudian dioksidasi pada anoda yang kemudian menghasilkan gas Cl2. Natrium cairkan dikeluarkan dari samping sel dan gas klor dikeluarkan melalui bagian atas sebuah sel.

Jenis-Jenis Natrium

1. Natrium Klorida

Natrium klorida seringkali dilambangkan dengan NaCl dan menjadi salah satu senyawa natrium yang paling banyak diproduksi di Indonesia. Pembuatan natrium klorida biasanya dihasilkan dari garam dapur ataupun garam batu. Natrium klorida juga sering digunakan untuk pengawetan ikan dan menjadi bumbu masak rumah tangga.

2. Natrium Hidroksida

Natrium jenis ini sering digunakan untuk industri sabun, pemurnian minyak bumi, industri tekstil, industri plastik, industri detergen dan industri besar lainnya.

3. Natrium Karbonat

Natrium jenis ini sering digunakan untuk pembuatan kaca, pembuatan kertas, pembuatan pulpen dan natrium ini dihasilkan dari sumber yang berasal dari alam yaitu trona.

4. Natrium Bikarbonat

Natrium bikarbonat digunakan untuk soda kue dan natrium ini dihasilkan dari proses solvey. Natrium ini sangat cocok untuk campuran kue atau menjadi campuran adonan kue.

5. Natrium Sulfat

Natrium Sulfat adalah sebuah natrium yang dihasilkan dari campuran natrium klorida dengan asam sulfat yang sangat pekat dan natrium ini sering digunakan untuk membuat kertas.

Demikian ulasan lengkap mengenai natrium dan semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kimia