Sponsors Link

Pengertian Mengembun serta Proses dan Contohnya

Sponsors Link

Peristiwa perubahan wujud benda memang banyak sekali terjadi dalam keseharian dan ada berbagai peristiwa perubahan wujud benda yang terjadi seperti membuat es batu di dalam lemari es, merebus air serta menjemur pakaian pada pagi hari. Perubahan wujud benda memang tidak bisa dilepaskan dari zat padat, cair dengan gas dan pada dasarnya perubahan bentuk benda didasari oleh pelepasan kalor atupun penyerapan kalor. Semua zat yang ada di dunia, pasti memiliki peluang untuk berubah wujud dan hal ini didasarkan pada titik didihnya. Salah satu perubahan wujud benda yang banyak ditemukan adalah mengembun.

mengembun

Mengembun adalah suatu peristiwa perubahan wujud zat atau benda ke wujud yang sifatnya lebih padat seperti perubahan gas atau uap menjadi suatu cairan. Mengembun seringkali disebut sebagai kondensasi dan Mengembun bisa terjadi dengan beberapa faktor seperti uap yang didinginkan dengan sengaja menjadi cair, uap atau gas yang ditingkatkan tekanannya menjadi suatu cairan serta adanya kombinasi dari kompresi dengan pendingin. Istilah konsedat adalah cairan yang telah mengembun dari suatu gas atau uap dan kondenser adalah suatu alat yang dipergunakan untuk kondenisasi uap menjadi suatu cairan. Pada dasarnya kondeser dibuat untuk pendingin atau alat penukar panas yang dipergunakan untuk tujuan tertentu dan kondenser memiliki rancangan yang bervariasi.

Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud zat yang terjadi pada saat suatu gas melepaskan energi kalor, akibat adanya penurunan suhu yang terjadi dan mengembun bisa juga terjadi dengan cara alami. Peristiwa embun yang paling banyak dijumpai adalah embun yang muncul pada saat pagi hari di berbagai dedaunan, walaupun malam harinya tidak ada hujan dan embun akan terlihat dari adanya tetesan air dari dedaunan. Dalam kegiatan sehari-hari, banyak juga dijumpai tempat yang lembap oleh adanya kandungan air dan hal ini terjadi akibat adanya uap air yang sampai ke permukaan udara. Mengembun bukan suatu hal yang aneh terjadi dalam kehidupan, karena sudah dapat dibuktikan kejelasannya dalam kajian ilmu fisika.

Berikut ini contoh mengembun:

1. Dinding Diisi Es

Gelas adalah salah satu alat yang diciptakan khusus untuk mempermudah manusia dalam proses minum dan air minum dituangkan ke dalam gelas. Gelas diciptakan dengan berbagai variasi, karena disesuaikan dengan penyukanya dan meyoritas bentuk gelas pasti memiliki gagang untuk memegang. Tujuan adanya gagang adalah memudahkan dalam membawa gelas berpindah tempat dan gelas diciptakan dari berbagai bahan. Gelas yang diisi dengan es biasanya miliki sifat materi yang mudah basah dibagian luarnya, hal ini menjadi salah satu contoh proses adanya proses mengembun dan es yang tadinya padat akan menjadi cair, hal ini menyebabkan adanya penguapan di dalam gelas.

2. Tetesan Air di Daun

Pagi hari adalah salah satu kondisi yang sangat sehat, karena udara yang keluar masih sangat segar dan masih jauh dari banyaknya sebaran udara kotor. Kondisi fit manusia pada dasarnya adalah pagi hari dan pusat kesehatan ada di pagi hari. Tak heran, banyak masyarakat yang seringkali lari pagi untuk olahraga dan aktivitas pagi memang sangatlah menyegarkan. Kondisi pagi hari juga seringkali ditemui pengembunan dan indikasinya terlihat dari tanaman yang daunnya memiliki air yang menetes. Kondisi embun pagi hari bisa terjadi, walaupun tidak ada hujan pada malam harinya dan kondisi mengembun menjadi sebuah hal yang wajar terjadi, karena menjadi proses alami adanya perubahan wujud zat. Berdasarkan langkah-langkah penelitian yang jelas, maka proses pengembunan bisa muncul dengan cara yang natural, tanpa adanya campur tangan manusia.

3. Mobil Kehujanan

Mobil adalah salah satu jenis kendaraan yang banyak disukai manusia dan mobil diciptakan dengan berbagai bentuk serta ukuran. Peranan mobil dalam kehidupan sehari-hari sangatlah tinggi, karena aktivitas manusia sangatlah terbantu dengan mobil dan mobil juga menjadi kendaraan yang bisa melindungi pengendara dari kehujanan. Setiap mobil pasti memiliki keunikkannya masing-masing dan harga mobil sangatlah bervariasi, tergantung dari kegunaannya. Saat mobil terkena air hujan, tentu bagian luarnya akan basah semuanya dan hal ini akan membuat bagian kaca mobil menjadi ikut basah. Hal ini menjadi bukti adanya proses penguapan yang terjadi dan pengaruh suhu terhadap benda sangatlah memberikan dampak yang signifikan.

4. Awan Menjadi Air Hujan

Awan adalah suatu gumpalan yang terbentuk dari gas atau uap adan gumpalan uap membuat kondisi bumi menjadi berbeda, karena bisa cerah ataupun gelap. Saat banyaknya gumpalan asap kotor yang naik ke awan, maka kondisi awan menjadi gelap dan membuat keadaan di bumi menjadi mencekam. Pada dasarnya awan akan membentuk gumpalan kecil yang dinamakan air hujan dan gumpalan yang banyak akan turun ke bumi, sehingga permukaan bumi menjadi basah. Kondisi ini menjadi bukti adanya proses mengembun yang terjadi dan hubungan antara awan dengan air hujan memang tak bisa dilepaskan, karena keduanya saling membutuhkan. Hujan bisa turun dengan kondisi yang berbeda-beda dan hujan lebat biasanya memiliki embun yang butirannya lumayan agak besar.

5. Kaca Jendela

contoh mengembun

Jendela atau kaca jendela adalah salah satu sudut yang selalu ada di bangunan rumah ataupun apartemen dan keberadaan jendela sangatlah penting untuk masuknya udara ke dalam rumah. Rumah tanpa jendela biasanya memiliki kondisi yang sangat panas dan jendela juga menjadi jalan masuknya cahaya matahari. Pembuatan jendela dilakukan dengan berbagai variasi dan kaca jendela terdiri dari berbagai jenis. Saat hadirnya hujan yang lebat, tentu akan membuat bagian luar rumah menjadi basah dan kondisi ini akan menimbulkan penguapan di dalam rumah, hal ini terlihat dari kaca jendela yang bagian dalamnya terdapat banyak air. Kondisi ini memang sangat normal terjadi dan bukan sebuah hal yang aneh. Biasanya diatas jendela selalu dipasang lubang angin untuk masuknya udara dan saat jendela di tutup, angin akan tetap masuk ke dalam rumah.

Demikian ulasan lengkap mengenai mengembun dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Fisika