Sponsors Link

6 Manfaat Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Sponsors Link

Manusia adalah makhluk hidup yang selalu hidup berdampingan dengan manusia lainnya, karena manusia memiliki ketergantungan satu sama lainnya. Manusia menjadi satu-satunya makhluk hidup yang diberikan akan, karena hewan dengan tumbuhan tidak diberikan akal dan dengan akalnya, manusia bisa menciptakan berbagai hal yang menunjang kehidupannya. Manusia harus menjaga kondisi kesehatan untuk bisa bertahan hidup dan ada berbagai macam penyakit yang bisa saja menyerang manusia. Langkah pencegahan kesehatan manusia adalah dengan cara membiarkan lingkungan bersih dan melakukan perawatan yang baik terhadap lingkungan.

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti tidak akan bisa dilepaskan dari penggunaan oksigen dan saat bernapas manusia sangat membutuhkan oksigen. Semakin baik kondisi udara dalam suatu lingkungan, maka akan semakin sehat lingkungannya dan manusia sangat memiliki ketergantungan terhadap oksigen. Dalam berbagai jenis metode penelitian disebutkan bahwa oksigen sangat dibutuhkan dalam proses bernapas dan salah satu cara menjaga lingkungan tetap bersih adalah dengan melestarikan pepohonan sebagai sumber udara bersih. Banyak manusia yang terkena penyakit, akibat kurangnya oksigen baik yang dihirupnya.

Okseigen adalah salah satu unsur kimia yang memiliki sifat materi yang dilambangkan dengan nomor atom 8 dan dalam susunan tabel periodik, oksigen menjadi unsur kimia yang sangat mudah bereaksi dengan unsur lainnya. 2 atom oksigen yang saling berikatan pada temperatur dan tekanan yang standar disebut dengan dioksigen atau O2. Oksigen menjadi wujud zat yang tidak memiliki warna dan tidak memiliki rasa, hal ini menimbulkan oksigen tidak memiliki bau. Oksigen menjadi salah satu unsur yang berlimpah di alam semesta dan atmosfer dalam bumi sekitar 20% adalah oksigen. Banyak moleuk organik yang mengandung oksigen seperti lemak, karbohidrat dan protein. Pada dasarnya oksigen yang ada dalam tubuh makhluk hidup berbentuk cairan atau H2O .

Dalam cabang ilmu kimia disebutkan bahwa oksigen dihasilkan oleh ganggang, sinobakteri, respirasi sel makhluk hidup dan tumbuhan saat melakukan proses fotosintesis. Bagi organisme anaerob, oksigen memiliki kandungan racun dan oksigen memiliki bentuk kehidupan yang dominan pada masa awal evolusi kehidupan. Dalam sejarahnya pada tahun 1773 oksigen ditemukan oleh seorang ilmuwan yang bernama Carl Wilhelm Scheele di Uppsala dan pada tahun 1774 oleh Joseph Priestley di Wiltshire. Perkembangan mengenai ilmu oksigen terus berlanjut dan ilmu yang membahas oksigen terus mengalami perbaikan. Oksigen juga memiliki kegunaan dalam hal produksi baja, produksi plastik dan produksi tekstil. Banyak ilmuwan yang terus mengembangkan manfaat oksigen ke berbagai bidang.

1. Pernapasan

Tubuh manusia diciptakan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya dibandingkan dengan hewan. Manusia dapat melakukan interaksi dengan baik dengan adanya asupan oksigen dan interaksi dapat dilakukan dengan manusia lainnya, apabila kondisi kesehatannya baik. Berdasarkan langkah-langkah penelitian yang dilakukan dalam bidang medis, oksigen memiliki peranan yang sangat penting untuk bernapas dan oksigen sangat diperlukan untuk melakukan metabolisme dalam tubuh. Oksigen memang dibutuhkan untuk semua makhluk hidup dan kecil harapan manusia untuk hidup tanpa adanya oksigen. Tubuh akan memiliki kekebalan yang baik, apabila adanya oksigen yang masuk ke tubuh.

2. Cegah Penuaan Dini

Kulit menjadi bagian tubuh yang sangat penting untuk dijaga dan kulit memiliki sensitifitas yang tinggi. Kulit adalah bagian yang melapisi tubuh manusia dan peranannya membuat tubuh dapat menyerap cahaya matahari dengan baik. Dengan kulit yang bersih, seseorang akan terlihat sangat cantik dan dengan oksigen penuaan dini tercegah dengan baik. Lingkungan yang bersih akan membuat kandungan oksigen terjaga dengan baik dan oksigen memiliki peranan penting untuk wanita yang memiliki proses penuaan cepat. Air oksigen juga bisa digunakan untuk membuat tubuh menjadi sehat dan keberadaan air oksigen sangatlah mudah ditemukan.

3. Penerbangan Pesawat

Pesawat adalah salah satu alat transportasi udara yang memiliki kecepatan sangat tinggi dan pesawat digunakan untuk keperluan bepergianjarak jauh. Pesawat menjadi alat ciptaan manusia yang di desain untuk bisa terbang di udara dan pesawat diciptakan dengan berbagai ukuran. Kini banyak sekali perusahaan yang membuka jasa transportasi pesawat di Indonesia dan ada banyak perusahaan terkemuka seperti Garuda, Lion Air, Air Asia serta berbagai jenis pesawat lainnya. Oksigen juga memiliki peranan untuk membantu pesawat terbang di udara dan pesawat terbang akan memiliki kadar oksigen yang besar, apabila terbang dengan ketinggian yang maksimum.

4. Pembakaran

Pembakaran adalah kegiatan yang dihasilkan dari suhu panas yang diciptakan api dan pembakaran bisa dilakukan untuk berbagai kebutuhan. Ada banyak media yang sangat mudah terbakar seperti kayu kering, dedaunan kering, sampah kering serta berbagai media lainnya. Untuk melakukan pembakaran bisa juga menggunakan bahan bakar seperti minyak tanah ataupun bensin dan pembakaran harus dilakukan untuk tujuan yang positif. Oksigen juga memiliki peranan penting dalam proses pembakaran, karena oksigen menjadi komponen yang sangat dibutuhkan saat proses pembakaran dan tanpa adanya oksigen, maka pembakaran tidak akan berjalan dengan baik.

5. Atasi Stress

Stress adalah suatu kondisi yang terjadi akibat adanya berbagai permasalahan yang menjadi beban pikiran dan stress bisa tercipta dengan berbagai kondisi yang berbeda. Stress dapat timbul dari pemikiran yang terlalu tinggi terhadap suatu hal dan stress sangat sulit diatasi dengan obat. Pekerjaan yang terlalu melelahkan akan membuat kondisi kesehatan menjadi terganggu dan akan membuat seseorang menjadi stress. Namun ada berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa salah satu cara mengatasi stress adalah dengan oksigen dan dengan oksigen kondisi pernapasan menjadi lebih sehat serta kerja paru-paru menjadi lebih terbantu.

6. Bantu Kerja Sel Tubuh

Tubuh memang terdiri dari berbagai sel penyusunnya dan salah satu bakteri yang hidup dalam tubuh adalah bakteri anaerob. Bakteri ini hanya akan hidup dengan hadirnya oksigen dan dengan hadirnya oksigen membuat kinerja sel dalam tubuh akan berjalan dengan sangat baik. Sel tubuh memiliki peranan untuk menjaga ketahanan dan menjaga berbagai penyakit yang bisa menyerang tubuh. Oksigen akan terbentuk dengan baik, apabila lingkungannya dibentuk dengan bersih dan air oksigen juga bisa digunakan untuk menjadikan tubuh lebih sehat serta sel-sel tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Sekian ulasan lengkap mengenai oksigen dan semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Biologi