Sponsors Link

7 Manfaat Matahari Bagi Hewan dalam Keberlangsungan Hidupnya

Sponsors Link

Matahari merupakan bola gas yang memiliki fungsi memancarkan panas dan cahaya pada Bumi. Matahari telah memancarkan cahaya dan panas (atau energi solar) selama lebih dari 5 milyar tahun. Tak hanya itu, matahari menghasilkan energi yang tidak terbatas dan sebagai pusat tata surya memiliki banyak fungsi penting bagi alam dan makhluk hidup di Bumi.

Matahari memiliki banyak fungsi untuk manusia, hewan, dan tumbuhan. Contohnya matahari penting untuk proses fotosintesis pada tumbuhan, yaitu proses dimana tumbuhan memproduksi makanan. Oksigen menjadi hasil produk dari proses tersebut. Oksigen sangat penting bagi segala kehidupan di Bumi. Ada banyak manfaat oksigen bagi tubuh, diantaranya yang paling terlihat adalah agar bisa bernafas. Kemudian untuk manusia, beberapa manfaat matahari adalah sebagai sumber energi cahaya.

Manfaat Energi Matahari

Secara garis besar, energi yang dipancarkan matahari memiliki beberapa manfaat, di antara lain:

1. Sebagai sumber energi tidak terbatas

Meskipun energi dari matahari dipakai berulang kali, energi tersebut tidak akan pernah habis. Dalam klasifikasi sumber daya alam, matahari merupakan sumber daya alam non hayati yang tidak akan pernah habis. Energi matahari berbeda dengan sumber energi dari fosil, karena energi dari fosil dapat habis sewaktu-waktu seandainya persediaan fosil sudah tidak ada.

2. Sebagai pengatur tata surya

Matahari tak hanya bintang terdekat dengan Bumi, tetapi juga merupakan pusat tata surya galaksi Bima Sakti. Ada berbagai macam-macam benda langit yang dapat kita lihat, dan diantaranya adalah planet dan satelit. Segala planet dan satelit yang ada di Bima Sakti akan berevolusi mengelilingi matahari. Hal ini bisa terjadi karena adanya gravitasi pada matahari, sehingga planet-planet yang mengelilingi matahari serta satelit-satelit dapat membentuk tatanan tata surya pada galaksi Bima Sakti.

3. Sebagai penerangan alami

Selama milyaran tahun, matahari telah memancarkan cahaya pada Bumi sehingga planet yang kita tinggali tidak gelap gulita. Cahaya dari matahari membantu manusia dan hewan melihat lingkungan sekitar tanpa perlu adanya cahaya lampu, terutama di siang hari. Karena matahari memancarkan energinya sendiri, matahari tidak membutuhkan energi lainnya untuk bisa memancarkan cahaya. Hal inilah yang membedakannya dengan cahaya lampu yang membutuhkan energi listrik agar bisa menyala.

Manfaat Matahari Bagi Hewan

Selain mendapatkan manfaat yang dihasilkan oleh tumbuhan, ada juga manfaat-manfaat lain dari matahari yang langsung berdampak pada hewan, yaitu:

1. Untuk menghangatkan tubuh

pengelompokan hewan tergolong menjadi dua, yaitu hewan berdarah panas dan hewan berdarah dingin. Salah satu perbedaan hewan berdarah panas dan dingin adalah hewan berdarah panas dapat menghasilkan panas dengan sendirinya, sementara hewan berdarah dingin tidak dapat melakukannya. Contoh hewan berdarah dingin adalah ular, kadal serta reptil lainnya. Karena suhu badan mereka dingin, mereka perlu energi matahari untuk mendapatkan kehangatan agar bisa bertahan hidup.

Ketika ada matahari, tubuh hewan berdarah dingin menyerap panas matahari, sehingga mereka menjadi lebih hangat dan lebih aktif. Mereka gunakan kesempatan ini agar mereka bisa mencari makan karena ketika udara dingin, mereka menjadi lamban. Hal ini dikarenakan tubuh mereka mengehemat energi.

2. Untuk mencerna makanan

Ada beberapa hewan yang memiliki pencernaan buruk secara alamiah. Maka dari itu, mereka memanfaatkan panas dari sinar matahari untuk membantu proses pencernaan dengan cara berjemur.

3. Menguatkan tulang

Cahaya dari matahari dapat membantu produksi vitamin D di tubuh, yaitu vitamin yang sangat penting dalam pembentukan tulang yang kuat. Selain mendapatkan vitamin D dari memakan tumbuhan, hewan juga mendapatkan vitamin D langsung dari sinar matahari.

4. Membangun tempat tinggal

Dengan adanya sinar matahari, tumbuhan dan pohon mendapatkan energi untuk fotosintesis. Ada banyak spesies hewan yang tinggal di pepohonan atau menggunakan materi dari tumbuhan untuk membangun rumah mereka, sehingga dengan adanya matahari untuk membantu proses fotosintesis pada tumbuhan, tumbuhan-tumbuhan dan pohon-pohon tersebut dapat tumbuh.

5. Bertindak sebagai GPS

Ada beberapa spesies burung yang menyetarakan jam internal mereka dengan matahari agar bisa bernavigasi ketika mereka migrasi. Mereka menggunakan sinar matahari sebagai GPS agar tahu harus terbang ke arah mana.

6. Untuk makan dan bernafas

Di Bumi, terdapat banyak hewan herbivora. Tanpa adanya sinar matahari, tumbuhan tidak dapat tumbuh dengan sempurna ataupun menjalankan proses fotosintesis. Jika tumbuhan tidak dapat melakukan kedua fungsi tersebut, maka segala tumbuhan akan mati dan hewan herbivora tidak dapat makan. Mereka juga tidak akan mendapatkan oksigen untuk bernafas.

7. Sebagai sumber cahaya

Manfaat ini juga berlaku untuk manusia, namun bedanya untuk hewan adalah sinar matahari membantu hewan mencari makan dan segala aktivitas lain di siang hari. Tanpa adanya sinar matahari, para hewan yang beraktivitas di siang hari tidak dapat mencari makan, baik makanan tersebut adalah hewan lain atau berasal dari tumbuhan. Mereka juga menggunakannya untuk melakukan berbagai aktivitas sebagai bermigrasi (terutama untuk burung yang biasanya terbang di saat siang hari) atau mencari/membangun tempat tinggal.

Demikian beberapa manfaat matahari bagi hewan. Matahari memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup di Bumi. Selama masih ada matahari di tata surya, segala aktivitas yang dijalankan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan dapat berjalan dengan lancar.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan