Sponsors Link

8 Macam Enzim dan Fungsinya di Dalam Tubuh

Sponsors Link

Enzim adalah suatu biomelekul protein yang sangat berguna bagi kesehatan dan enzim memiliki peran penting bagi suatu organisme, karena kelangsungan hidup organisme dapat dijaga dengan adanya enzim. Setiap aktivitas organisme yang dilakukan akan melibatkan peranan dari enzim dan enzim juga memiliki kemampuan kanalitik enzim yang sangat berguna saat tubuh melakukan gerakan metabolisme. Enzim mengurangi energi yang digunakan saat melakukan metabolisme dan proses metabolisme dalam tubuh bisa berlangsung dengan cepat dengan bantuan dari enzim.

ads

Cara kerja enzim sangat terpengaruh dengan reaksi yang dilakukan oleh subtrat dan reaksi ini akan menghasilkan senyawa intermediat. Saat bekerja reaksi kimia organik akan memiliki energi yang sedikit dan reaksi kerja enzim akan lebih cepat. Hampir semua jenis enzim hanya mampu menghasilkan satu senyawa saja dan hal ini terjadi berdasarkan adanya perbedaan reaksi kimia. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kinerja enzim yaitu substrat, keasaman, suhu dan inhibator. Setiap enzim membutuhkan suhu yang berbeda-beda dan tingkat keasamannya juga harus berbeda.

Enzim terdiri dari berbagai macam dan semua enzim memiliki fungsi yang berbeda. Untuk mengetahui semua enzim memang sangatlah sulit, karena jumlah enzim sangatlah banyak dan ada beberapa enzim yang lumayan populer. Berikut ini adalah beberapa macam enzim dan fungsinya:

1. Enzim Pepsin

Enzim ini memiliki fungsi untuk memecahkan protein menjadi sebuah peptida yang ukurannya lebih kecil dan enzim ini adalah salah satu enzim pencernaan yang diproduksi di lambung. Pepsin menjadi enzim yang sangat efektif dalam memecah menjadi asam amino dan enzim ini juga berguna untuk merubah protein menjadi sebuah pepton, polipeptida dan proteosa. Semua proses pencernaan makanan pada manusia akan berjalan dengan baik, jika ada bantuan dari enzim pepsin dalam proses metabolismenya.

2. Enzim amilase

Amilase yaitu sebuah enzim yang berguna untuk memecahkan pati dan mengubahnya menjadi sebuah gula. Enzim ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu alpha dan beta. Alpha amilase memulai proses kimia pada bagian pencernaan dan bisa ditemukan di air liur manusia serta pada bagian pankreas. Beta amilase dapat ditemukan pada biji berbagai tanaman serta dapat ditemukan pada bakteri. Kerja organ-organ pernapasan akan dapat bekerja baik bila banyak bakteri yang berhasil di basmi dan dengan kinerja enzim sistem tubuh akan melakukan metabolisme dengan baik.

3. Enzim pektinase

Enzim ini bekerja untuk melakukan proses degradasi molekul pektin dan ada beberapa molekul pektin yang bisa saja di degradasi seperti asam pektinat serta asam pektit. Enzim ini terlibat dalam siklus karbon yang terjadi di alam, hal ini terjadi karena enzim ini mampu melakukan degradasi terhadap molekul yang sangat keras. Dengan adanya enzim ini daur hidup virus akan sangat terancam dan enzim ini sangat banyak menguntungkan bagi kesehatan. Ada beberapa mikro organisme yang bisa menghasilkan enzim pektinase seperti Aspergillus flavus dan Fusarium oxysporum.

4. Enzim tripsin

Enzim ini menjadi salah satu enzim yang memiliki kemampuan untuk memperkecil ukuran sebuah protein dan enzim ini dapat ditemukan pada bagian pankreas. Enzim ini memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pencernaan dan semua hambatan pada sistem pencernaan dapat dicegah dengan adanya enzim tripsin. Seseorang yang memiliki riwayat penyakit kanker biasanya melakukan produksi enzim tripsin tidak melalui pankreas dan peran enzim ini sangatlah penting bagi tubuh, karena dengan enzim ini semua sistem organ manusia dapat berjalan dengan baik.

5. Enzim peptidase

Enzim ini memiliki fungsi untuk memecah protein menjadi sebuah molekul yang sangat sederhana dan enzim ini sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup yang ada di dunia, karena peranannya sangat penting dalam metabolisme protein. Pencernaan protein yang terdapat dalam makanan menjadi lebih efektif dan sistem metabolisme protein berjalan dengan bantuan enzim ini. Semua organ-organ pencernaan manusia dapat bekerja dengan baik, karena adanya bantuan metabolisme yang dilakukan enzim peptidase.

6. Enzim erepsin

Enzim ini adalah enzim yang sangat berguna untuk sistem pencernaan makanan dan dengan enzim ini peptida serta pepton akan diubah menjadi sebuah asam amino. Enzim ini memiliki peran lain yang tak kalah penting yaitu meneruskan enzim pepsin yang ada di lambung dan zat makanan yang tadinya mengandung banyak protein diubah menjadi pepton. Dengan enzim ini berbagai jenis-jenis adaptasi yang dilakukan bakteri akan bisa dicegah dengan baik dan peran enzim sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup.


7. Enzim gelatinase

Enzim ini bekerja dengan cara mencerna gelatin dan kolagen menjadi sebuah senyawa yang memiliki ukuran lebih kecil. Enzim ini juga dapat menghasilkan sebuah asam amino. Pada dasarnya peranan enzim dalam kehidupan sangatlah dibutuhkan dan tubuh akan menjadi sakit tanpa adanya enzim di dalamnya. Semakin baik kerja enzim maka akan semakin baik pula metabolisme yang akan dijalankan dalam tubuh.

8. Enzim protease

Enzim ini memiliki fungsi untuk memecahkan sebuah protein menjadi kecil seperti asam amino dan saluran pencernaan akan menghasilkan protease yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu pepsin, tripsin dan kimotripsin. Enzim memang sangat membutuhkan peranan dari enzim, karena tanpa adanya enzim metabolime tubuh tidak akan berjalan dengan baik. Kinerja enzim memang sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang, karena semakin baik kerja enzim maka akan semakin baik pula kesehatan seseorang.

Kesimpulan dari semua penjelasan diatas menjelaskan bahwa enzim memiliki peranan yang sangatlah penting dan masing-masing enzim dibedakan berdasarkan fungsinya. Dengan adanya enzim sebuah proses metabolisme tubuh menjadi lebih lancar dan berbagai hambatan yang bisa saja menghadap, dapat di hilangkan dengan adanya enzim. Kondisi enzim sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan berbagai organ dan salah satu organ yang terbantu adalah pencernaan. Pencernaan memiliki peranan vital bagi manusia, karena tanpa pencernaan yang baik tidak akan ada sebuah kesehatan yang menyeluruh.

Sekian ulasan lengkap mengenai macam enzim beserta fungsinya dan semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat dijadikan referensi terbaik bagi semua pembacanya.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Biologi