Sponsors Link

Larutan Penyangga : Komponen – Sifat – Jenis – Manfaat – Prinsip Kerja

Sponsors Link

Manusia pasti melakukan berbagai macam aktivitas dan masing-masing tubuh manusia pasti memiliki daya tahan yang berbeda-beda, karena sistem kekebalan tubuh manusia bervariasi. Stabilitas ph dalam tubuh harus bisa dihaga dengan baik agar tubuh bisa bekerja maksimal sepanjang hari dan perlu ada pencegahan terbaik untuk menghalau berbagai penyakit yang bisa masuk ke tubuh. Larutan penyangga dapat menstabilkan tubuh manusia dan tubuh manusia memiliki senyawa tepatnya didalam darah serta cairan di dalam sel.

ads

Ada banyak sekali aktivitas manusia yang bisa menimbulkan banyak penyakit seperti mengkonsumsi makanan sembarangan, tidak pernah melakukan kegiatan olahraga, terlalu sering begadang, terlalu banyak bekerja dengan tenaga, terlalu banyak duduk, kurang cairan dan sering meminum alkohol. Berbagai aktivitas negatif itu dapat dihindari dengan berbagai aktivitas yang lebih positif dan aktivitas yang bisa menyehatkan badan seperti olahraga secara teratur. Kini banyak sekali kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di area indoor seperti fitnes, bulutangkis dan futsal. Hal ini sangat memudahkan anda untuk dapat melakukan kegiatan sehat, tanpa harus berpanas-panasan dilapangan terbuka.

Larutan Penyangga adalah salah satu larutan yang berguna untuk mempertahankan nilai ph dan larutan penyangga terdiri dari 2 komponen yang sangat penting yaitu komponen asam serta basa. Larutan ini seringkali disebut juga sebagai larutan buffer dan kestabilan nilai ph menjadi sebuah hal penting yang harus dijaga. Tubuh manusia memiliki larutan penyangga yang dapat menstabilkan kadar ph, walaupun ada kandungan asam dan basa.

Komponen dan Sifat Larutan Penyangga

  • Larutan penyangga asam

Larutan penyangga asam adalah larutan yang bisa dibuat dengan campuran asam lemah dengan tambahan garam dan larutan ini juga dapat dibuat dengan cara campurkan asam lemah secara berlebihan dengan basa yang kuat. Campuran H2CO3 dengan NaHCO3 adalah salah satu contoh larutan penyangga asam yang bisa saja dibuat.

  • Larutan penyangga basa

Larutan penyangga basa adalah salah satu larutan yang bisa dibuat dari campuran basa yang lemah dengan tambahan garam dan larutan ini bisa juga dibuat dengan basa lemah yang ditambahkan dengan asam dengan tingkat kuat. Campuran NH3 dengan NH4Cl yaitu salah satu contoh larutan penyangga basa yang bisa saja dibuat.

Larutan penyangga juga memiliki beberapa sifat yang bermanfaat seperti pertahankan ph dalam air di dalam tubuh, Ph tubuh akan stabil meski ditambahkan asam kuat atau basa kuat, Larutan penyangga yang encer tak akan berpengaruh pada stabilitas ph, tergantung jumlah mol. Berbagai sifat larutan penyangga sangat bermanfaat dalam menjaga kestabilan nilai ph.

Jenis Larutan Penyangga

  • Larutan penyangga yang mengandung asam lemah dan garam

Banyak contoh larutan asam lemah dengan basa konjugasinya seperti CH3COOH dengan CH3COONa, H2CO3 dengan Na2CO3, H2S dengan Na2S dan H3PO4 dengan Na3PO4.

  • Larutan penyangga yang mengandung basa lemah dan garam

Banyak contoh larutan basa lemah dengan basa konjugasinya seperti NH2OH dengan NH4CI dan NH4OH dengan (NH4)2SO4.

Manfaat Larutan Penyangga

Larutan penyangga memiliki banyak manfaat seperti menjaga ph cairan tubuh, menjaga ph makanan olahan dan menjaga ph darah.

  • Ph cairan tubuh

Ph cairan tubuh sangatlah penting untuk distabilkan, karena bila tidak akan menimbulkan berbagai gejala penyakit dan ada banyak faktor yang mempengaruhi ph larutan dalam tubuh. Jika ph larutan tidak stabil akan menimbulkan gejala penyakit seperti mengalami mual sampai muntah, mengalami sakit kepala yang berlebihan, sesak napas atau sulit untuk bernapas dengan baik, mudah kelelahan atau gampang capek, mengalami sakit kuning, denyut jantung menjadi tak stabil, kurangnya nafsu untuk makan, saat bernapas menimbulkan bau dan mata lelah atau mudah mengantuk.

  • Ph makanan olahan

Makanan olahan seperti sarden memiliki kandungan penyangga yang sangat berguna untuk menjaga stabilitas ph meter makanan olahan dan makanan olahan yang dimasukan pada kaleng pasti mengandung larutan penyangga yang berfungsi untuk membuat makanan menjadi tidak mudah rusak atau makanan tidak teroksidasi. Dengan larutan penyangga banyak makanan kaleng yang bisa bertahan dengan sangat lama di pasaran dan tetap bagus dikonsumsi walau sudah mendekati masa kadaluarsa. Kegunaan masa kadaluarsa dalam suatu produk adalah untuk menjaga kualitas produk itu sendiri.


  • Ph darah

Nilai potensial hidrogen dalam darah sangatlah penting untuk distabilkan, karena ph menjadi tolak ukur keseimbangan antara asan dan basa. Keadaan ph darah yang normal dalam tubuh adalah sekitar 7.35 sampai 7.45 dan setiap kadar ph kurang dari 7 disebut ph bersifat asam, sedangkan jika kadar ph lebih dari tujuh sering disebut bersifat basa. Anda bisa melakukan pengujian ph tubuh di rumah setiap hari dengan menggunakan kertas lakmus yang ditambahkan tetesan air liur atau urin pada saat pagi hari dan warna kertas akan berubah sesuai dengan kadar ph darahnya.

Prinsip Kerja Larutan Penyangga

Prinsip kerja larutan penyangga sangatlah penting dan jika kandungan asam lemah dengan garam ditambahkan sedikit asam kuat, maka kandungan ph akan menjadi stabil bagi tubuh atau bersifat netral. Ketika kandungan asam lemah dengan garam ditambahkan dengan basa kuat, maka peran dari basa kuat menjadi sangat kecil bahkan hilang dan ketika kandungan basa lemah dengan garamnya dimasukan basa yang kuat atau asam yang kuat, maka basa lemah akan menyangga larutan yang memiliki sedikit asam kuat serta garam akan menyangga larutan jika dimasukan juga sedikit kandungan basa kuat.

Kesimpulan dari semua pembahasan diatas adalah larutan penyangga memiliki peranan yang sangat penting dalam menstabilkan kondisi ph dalam darah dan tubuh manusia secara keseluruhan. Hidup sehat menjadi faktor penting yang harus dilakukan setiap saat seperti pola makan yang teratur, selalu rutin olahraga, mengkonsumsi makanan sehat, jangan terlalu banyak begadang, selalu usahakan tubuh untuk mengeluarkan keringat dan selalu menjaga gaya hidup sehat. Pola hidup sehat akan membuat kondisi tubuh selalu siap dalam menjalankan aktivitas keseharian dan dengan pola hidup sehat berbagai jenis penyakit yang akan menyerang pergi menjauh.

Demikian ulasan mengenai larutan penyangga dan semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Kimia