Sponsors Link

Klasifikasi Kucing Berdasarkan Jenis dan Perilaku

Sponsors Link

Kucing adalah salah satu hewan yang populer di Indonesia dan keberadaan kucing sangat menyebar. Kucing kampung atau liar menjadi spesies kucing yang banyak ditemukan di berbagai wilayah dan kucing kampung juga bisa menjadi jinak, bila diurus dengan baik. Kucing juga menjadi hewan peliharaan yang sangat populer di seluruh dunia mengalahkan anjing dan burung.

ads

Kini banyak sekali jenis kucing yang tersebar di Indonesia, mulai dari kucing kampung sampai dengan kucing ras dan perkawinan silang membuat bentuk kucing menjadi lebih unik. Makanan utama kucing adalah berbagai jenis ikan dan kini untuk memperoleh makanan kucing sangatlah mudah, karena di berbagai petshop ada banyak jenis makanan kucing.

Klasifikasi Kucing Berdasarkan Jenis

1. Ordo Karnivora

Kucing adalah salah satu hewan yang termasuk klasifikasi ordo karnivora dan keunikkan kucing tak hanya mengkonsumsi daging saja, ada berbagai makanan yang bukan daging yang bisa dimakan kucing. Kucing masuk kedalam ordo karnivora, karena memiliki bentuk tengkorak yang unik dan memiliki gigi taring yang bentuknya menonjol. Kucing menjadi salah satu hewan yang tidak mengalami metamorfosis dan perkembangbiakan kucing terjadi dengan cara melahirkan atau beranak.

2. Genus Felis

Genus Felis

Kucing yang termasuk dalam klasifikasi genus felis adalah salah satu jenis kucing yang senang mengkonsumsi hewan-hewan kecil yang ada di sekitarnya dan kualitas makanan kucing jenis ini sangat tergantung pada lingkungan sekitarnya. Kucing liar dan kucing domestik termasuk ke dalam klasifikasi kucing genus felis. Kucing jenis ini juga menjadi hewan yang dibudidayakan di dataran rendah dan hawa dingin menjadi hal yang sangat tidak disukasi kucing. Kucing yang termasuk klasifikasi genus felis bisanya memiliki ukuran tubuh yang kecil, namun memiliki suara yang hampir sama dengan kucing jenis lain.

3. F. Silvestris

kucing F. Silvestris

Spesies kucing F.Silvestris adalah spesies kucing yang artinya hewan liar dan klasifikasi kucing ini identik dengan kucing liar yang ada di hutan. Tak hanya itu kucing jenis ini juga termasuk kucing jalanan dan kucing ini memiliki kuku dengan bulu yang mengandung banyak virus.

Berbagai langkah langkah penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa kucing jenis ini juga memiliki ukuran yang kecil, namun memiliki kelincahan dan spesies ini bisanya memiliki kondisi yang kotor, karema hidupnya selalu liar.

4. Catus

kucing F. Catus

Catus merupakan salah salah satu jenis kucing peliharaan yang sangat populer di dunia dan jumlah kucing ini sangatlah sedikit. dengan populasinya yang sedikit membuat harga jual kucing ini sangatlah tinggi dan kucing ini juga bisa dikawinsilangkan dengan berbagai jenis kucing lainnya.

Kucing jenis ini memiliki daur hidup kucing yang sama seperti kucing jenis lainnya dan menjadi salah satu kucing yang banyak dipelihara, karena bentuknya yang lumayan unik serta menarik.

5. Anggora dan persia

kucing anggora dan persia

Anggora dan persia adalah 2 jenis kucing yang berbeda, namun keduanya sangat populer di Indonesia. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki populasi Anggora dan persia terbesar di dunia. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyukai kucing dari kedua jenis ini dan salah satu penyebabnya adalah harga belinya yang tidak terlalu tinggi, jika dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya.

Kedua jenis kucing ini juga sering disebut sebagai kucing rumahan, karena keduanya sangat nyaman berada di rumah majikannya dan kedua jenis kucing ini bisa sangat bersahabat dengan manusia. Secara ruang lingkup geografi Indonesia menjadi tempat yang nyaman bagi kucing, karena berada di daerah yang tropis dan memiliki 2 musim yaitu hujan serta kemarau.


Klasifikasi Kucing Berdasarkan Perilaku

1. Mendengkur

Hampir semua jenis kucing yang ada di dunia memiliki kebiasaan untuk mendengkur dan berbagai penelitian menyebutkan, bahwa saat kucing melakukan dengkuran itu tandanya kucing tersebut merasa senang. Biasanya suara dengkurang dikeluarkan kucing saat pemilikinya melakukan belaian dan sebagai ungkapan kesenangannya kucing akan mengeluarkan dengkuran. Kucing tidak termasuk binatang yang tidak pernah tidur, karena kucing memiliki kebiasaan banyak tidur dan sebagian hidupnya digunakan untuk tidur. Kebiasaan kucing mendengkur bukanlah hal yang aneh dan menjadi sebuah ciri khas dari kucing itu sendiri.

2. Memijat

Kucing adalah salah satu hewan yang lucu, tak heran banyak orang yang rela memelihara seekor kucing di rumahnya dan membeli berbagai kebutuhan kucing. Untuk memelihara kucing tentu dibutuhkan biasa yang lumayan besar, apalagi jika kucing yang dipelihara adalah kucing ras yang berasal dari luar negeri dan kucing memiliki kesenangan untuk memijat serta dipijat. Kelakuan dua ekor kucing biasanya sangat menggemaskan dan seringkali melakukan kegiatan saling pijat.

3. Meluruskan tubuh

Kucing bukanlah hewan langka yang dilindungi di indonesia, karena populasi kucing di Indonesia sangatlah banyak dan kucing memiliki suatu kebiasaan unik yang sering dilakukan yaitu meluruskan tubuh. Kucing biasanya meluruskan tubuh setelah bangun tidur dan hal ini juga sering dilakukan manusia pada saat bangun tidur. Meluruskan tubuh juga sering dilakukan kucing untuk pemanasan sebelum melompat dan mengejar apa yang disukai. Kucing meluruskan tubuhnya dengan sangat nyaman dan tidak terlihat kaku.


4. Menjilat tubuh

Hampir semua jenis kucing yang ada didunia memiliki kebiasaan untuk menjilat bagian tubuhnya dan hal ini dilakukan kucing untuk membersihkan tubuhnya dari kotoran, kegiatan ini dilakukan apabila bangun tidur atau pulang bermain. Semakin bersih tubuhnya, maka akan semakin sehat pula kondisi kesehatan kucingnya dan menjilat juga sering dilakukan kucing untuk membersihkan bagian bokong setelah membuang air besar atau kecil. Kegiatan ini juga sering identik dengan kegiatan mandi yang dilakukan kucing, karena tujuannya sama untuk membersihkan tubuh.

5. Bermain

Kucing adalah salah satu hewan yang sangat senang bermain dan kucing bermain dengan cara-cara yang unik seperti melompat, mengejar temannya, berjalan dan berbagai tingkah unik kucing lainnya. Semua jenis kucing yang ada di dunia pasti memiliki kemauan untuk bermain, walaupun cara bermainnya berbeda-beda. Kucing juga sangat menyukai kegiatan bermain dengan pemiliknya dan salah satu cara bermain kucing adalah dengan mengeluskan badannya ke pemilik kucing atau mengejar pemilik saat berjalan.

Itulah ulasan lengkap mengenai klasifikasi kucing berdasarkan jenis dan perilaku serta semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Hewan