Sponsors Link

Karbon Dioksida (CO2): Sifat – Proses Terbentuk – Manfaat dan Bahaya

Sponsors Link

Gas yaitu wujud dasar materi yang bisa dihasilkan secara alami ataupun buatan dan gas murni biasanya memiliki susunan atom didalamnya. Udara dihasilkan dari campuran gas dan hal yang membedakan gas dengan cairan atau padatan adalah sistem pemisahan partikelnya. Pemisahan biasanya membuat gas menjadi tak berwarna dan menjadi sulit diamati oleh mata manusia secara langsung.

Gas paling banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah karbon dioksida dan gas ini memiliki sifat materi yang bervariasi. Wujud gas biasanya terdiri antara cairan dengan plasma dan gas memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Gas dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan salah satu penggunaannya yang paling populer adalah untuk memasak.

Karbon dioksida adalah salah satu senyawa kimia yang memiliki rumus kimia CO2 dan karbon dioksida terdiri dari 2 atom yang saling terikat secara kovalen dengan suatu atom karbon. Karbon dioksida berbentuk gas yang memiliki kondisi temperatur yang hadir dalam atmosfer bumi dan karbon dioksida termasuk ke dalam gas rumah kaca yang menyerap gelombang inframerah dengan sangat kuat. Karbon dioksida bisa dihasilkan oleh hewan, tumbuhan, mikroorganisme dan fungi. Dalam suatu siklus karbon, karbon dioksida menjadi sebuah komponen yang sangat penting.

Sifat dan Proses Terbentuknya Karbon Dioksida

Karbon Dioksida memiliki karakteristik dan sifat yang sangat unik, yaitu:

  • Tidak memiliki warna dan tidak memiliki bau atau tidak menimbulkan bau.
  • Ketika dihirup dengan hidung, karbon dioksida akan terasa asam di daerah mulut dan sangat menyengat sampai ke tenggorokan.
  • Efek yang tidak baik bagi tubuh manusia disebabkan adanya pelarutan gas yang terjadi di membran mukosa dengan saliva dan hal ini menimbulkan pembentukan asam karbonat yang cenderung lemah.
  • Karbon dioksida juga bisa terlihat saat seseorang bersendawa setelah meminum air yang mengandung karbonat seperti coca-cola.
  • Gas karbon dioksida adalah salah satu jenis gas yang memiliki sifat yang stabil, karena terdiri dari atom tunggal dan gas karbon dioksida bisa merubah pH dalam air dan berdasarkan langkah-langkah penelitian yang jelas, disebutkan bahwa karbon dioksida memiliki sedikit sifat yang asam.
  • Gas karbon dioksida akan bereaksi dengan alkali, agar menghasilkan karbonat ataupun bikarbonat dan gas karbon dioksida juga dapat bereaksi dengan magnesium untuk membentuk suatu magnesium oksida.
  • Gas karbon dioksida tidak akan terbakar dan tidak akan menimbulkan kebakaran. Gas karbon dioksida banyak digunakan untuk memadamkan api saat kebakaran.

Proses terbentuknya karbon dioksida bisa terjadi dengan cara buatan ataupun cara alami dan karbon dioksida buatan biasanya digunakan untuk berbagai keperluan industri. Dalam cabang ilmu kimia disebutkan bahwa karbon dioksida dapat diubah dengan cara kimiawi dan berbagai industri sangat terbantu dengan adanya karbon dioksida. Industri makanan menjadi salah satu sektor industri yang selalu menggunakan karbon dioksida untuk kegiatan pengemasan, pendinginan ataupun pembekuan. Karbon dioksida juga bisa diolah menjadi berbagai jenis obat-obatan yang baik untuk kesehatan manusia dan obat-obatan dari olahan karbon dioksida memiliki khasiat yang sangat tinggi.

Manfaat Karbon Dioksida

Karbon dioksida memiliki wujud zat yang sangat penting bagi kehidupan manusia, beberapa manfaatnya adalah:

  • Keberadaan karbon dioksida sangat membantu tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis.
  • Es kering adalah salah satu hasil dari adanya karbon dioksida dan es kering berguna untuk industri dalam upaya pengawetan makanan.
  • Minuman berkabonat juga terbuat dari olahan karbon dioksida dan salah satu minuman yang mangandung karbon dioksida adalah soda. Penambahan karbonat pada minuman akan membuat sensasi segar pada minuman dan manfaat yang sangat besar dimiliki karbon dioksida adalah bisa memadamkan api.
  • Kebakaran hutan akan sangat terbantu dengan adanya karbon dioksida.

Bahaya Karbon Dioksida

1. Pemanasan global

Pemanasan global adalah suatu hal penting yang sangat ditakuti oleh seluruh dunia dan dampak yang dihasilkan dari adanya pemanasan global bisa berpengaruh terhadap makhluk hidup yang ada di seluruh dunia. Berdasarkan jenis metode penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan jaman dulu, maka disepakati karbon dioksida bisa berdampak pada pemanasan global yang ada di hp. Pemanasan global juga bisa dihasilkan dari banyaknya kendaraan yang mengeluarkan bensin dan Indonesia menjadi negara yang banyak memiliki kendaraan, setiap kendaraan pasti akan mengeluarkan asap.

2. Emisi karbon dioksida

Karbon dioksida yang telah melalui uji laboratorium, hal ini berdampak baik dengan terciptanya pembangkit listrik. Emisi karbon dioksida akan menghasilkan energi listrik yang mempermudah masyarakat. Emisi yang dihasilkan dari karbon dioksida sangatlah berbahaya bagi kesehatan manusia dan bisa merusak komponen penyusun ekosistem. Indonesia adalah salah satu negara besar yang memiliki keindahan alam menakjubkan dan kondisi alam di Indonesia masih banyak yang alami. Emisi bisa membuat seseorang menjadi keracunan dan terancam kesehatannya. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki tingkat emisi yang tinggi.

3. Deforestasi

Deforestasi adalah suatu hal yang ditakuti banyak negara yang ada di dunia dan penggunaan kayu hutan untuk bahan bakar, menjadi salah satu penyebab timbulnya deforestasi. Penebangan hutan secara liar akan menimbulkan tingkat pencemaran yang sangat tinggi dan dapat menimbulkan deforestasi. Banyaknya penggunaan lahan tropis untuk penanaman kelapa sawit, akan menimbulkan deforestasi yang sangat merugikan bagi lingkungan. Semakin rusak kondisi hutan, maka akan semakin besar pula hadirnya deforestasi di Indonesia.

4. Kesehatan Manusia

Pupuk kimia adalah salah satu jenis pupuk yang dihasilkan dari proses pengolahan secara kimia dan pupuk kimia banyak digunakan untuk lahan pertanian sebagai pengganti pupuk kandang. Pupuk kimia memiliki reaksi lebih cepat, namun penggunaan pupuk kimia bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi manusia dan kesehatan manusia akan terancam dalam jangka waktu yang panjang. Pupuk kimia tersedia dalam bentuk serbuk ataupun cairan dan kegunaan pupuk kimia sebagai penunjang pertumbuhan tanaman. Penggunaan pupuk kimia di Indonesia sangatlah tinggi dan hampir semua petani yang ada di pedesaan sudah menggunakan pupuk kimia.

Berikut ini adalah ulasan mengenai karbon dioksida dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kimia