Sponsors Link

Bunyi Hukum Archimedes – Contoh Penerapannya – Rumus

Sponsors Link

Fisika adalah salah satu mata palajaran yang ada di dunia pendidikan dan salah satu pembahasan yang selalu ada di dunia fisika adalah Hukum Archimedes. Dalam sejarahnya Hukum Archimedes ditemukan oleh seorang ilmuwan yang bernama Archimedes dan Archimedes adalah seorang ilmuwan yang berasal dari Yunani. Pelajaran fisika sangat meluas pembahasannya dan Fisika masuk dalam lingkup Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA. Fisika menjadi ilmu yang berkaitan dengan alam dan terdiri dari berbagai unsur penyusun alam semesta. Pelajaran fisika memang menyulitkan bagi sebagian orang, namun juga banyak yang menyukai pelajaran fisika.

ads

Hukum archimedes adalah suatu hukum yang menyatakan bahwa setiap benda yang tercelup, pasti memiliki gaya dorongan ke atas atau disebut juga gaya apung. Besar gaya apung akan bernilai sama dengan berat air yang dipindahkan oleh benda dan memiliki arah yang bertolak belakang. Dengan adanya sebuah gaya apung yang terjadi pada benda, maka berat benda pada suatu zat yang cair akan berkurang dan hal ini menyebabkan berat benda cair akan menjadi ringan. Berdasarkan banyak langkah-langkah penelitian yang dilakukan, sehingga lahirlah hukum archimedes dan hukum ini sangat populer di dunia fisika.

Contoh penerapan Hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari:

1. Kapal Selam

Kapal selam adalah salah satu alat yang digunakan untuk melakukan menyelaman dasar laut dan kapal selam sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti mencari korban tengalam di laut serta berbagai keperluan lainnya. Pembuatan kapal selam dilakukan dengan berbagai jenis metode penelitian dan salah satu metode yang diterapkan adalah hukum archimedes. Kapal selam selain bisa melakukan penyelaman, bisa juga mengapung diatas air laut dan hal ini menjadi salah satu keunikkan dari kapal selam.

2. Hidrometer

Hidrometer adalah alat pengukuran untuk mengetahui massa jenis zat yang cair dan hidrometer memiliki bentuk tabung yang ada ruang udaranya dan hidrometer juga memiliki pemberat, hal ini membuat hidrometer dapat terapung secara tegak serta stabil. Hidrometer mengusung konsep hukum archimedes dan dasar pembuatan hidrometer biasanya terbuat dari kaca. Dalam cabang ilmu fisika, hidrometer menjadi salah satu peralatan yang sangat populer dan sangat berkaitan dengan dunia ilmu pengertahuan alam.

3. Jembatan Poton

Jembatan poton adalah salah satu jembatan yang sangat unik, karena pembentukan jembatan ini berasal dari kumpulan drum yang kosong yang mengapung di atas air dan jembatan ini seringkali disebut sebagai jembatan apung. Jembatan ini banyak digunakan di daerah laut atau di sekitaran penakaran ikan laut. Jembatan poton sangat mengandalkan gerak relatif dan menjadi salah satu jemabatan yang populer di Indonesia. Drum yang digunakan adalah drum yang berada dalam keadaan kosong dan tertutup rapat, hal ini mencegah udara keluar dari dalam drum.

4. Balon Udara

Dalam kehidupan sehari-hari, penerapan hukum archimedes memang sangatlah bervariasi dan salah satu penerapannya adalah pada benda jenis gas. Hal ini dilakukan agar benda bisa malayang di udara dan balon udara menjadi salah satu contoh penerapan hukum archimedes. Balon udara memiliki wujud zat yang bervariasi dan balon udara digunakan untuk keperluan wisata. Balon udara memiliki gaya tarikan ke atas dan balon udara selalu diisi dengan udara yang telah dipanaskan dan balon udara memiliki tingkat kerenggangan yang sangat tinggi.

5. Kran Otomatis

Perkembangan perlengkapan rumah memang sangatlah pesat dan salah satu peralatan yang kini populer di Indonesia adalah penampung air. Penampung air biasanya ditempatkan pada sebuah ketinggian dengan tujuan untuk mengapung di air dan mengikuti pergerakan air. Pada saat posisi kosong, penampung akan membukakan keran untuk dapat mengalirkan air dan pada saat penuh kran akan tertutup otomatis. Kran otomastis memiliki perubahan wujud zat yang bervariasi dan dengan adanya kran otomatis, memudahkan dalam proses penutupan air saat keadaan penampung air penuh.

6. Kapal Laut

Kapal laut adalah salah satu alat transportasi yang sudah ada sejak jaman dulu dan kapal laut memiliki kemampuan untuk membawa banyak orang. Perkembangan kapal laut memang sangatlah pesat, karena dari waktu ke waktu semakin bervariasi dan ada banyak kapal laut yang ada di Indonesia. Kapal laut digunakan untuk menyebranggi sebuah lautan dan kapal laut menjadi salah satu contoh penerapan hukum archimedes. Kapal laut memiliki gaya apung yang sangat tinggi dan kapal laut sangat mengandalkan kekuatan mesin untuk melaju.


7. Speed Boat

Speed boat adalah salah satu alat transportasi yang sangat populer di Indonesia dan speed boat bertujuan untuk menyebranggi lautan. Salah satu contoh penggunaan Speed boat terlihat di ancol, karena Speed boat disini digunakan untuk pergi ke Pulau Tidung dan dengan speed boat perjalanan laut berjalan dengan cepat. Kini speed boat banyak ditemukan di tempat wisata lainnya di Indonesia dan speed boat menjadi salah satu penggunaan hukum archimedes.

8. Kapal bantalan udara

Kapal bantalan laut adalah salah satu alat transportasi populer yang ada di Indonesia dan telah lama ada di Indonesia. Kapal bantalan udara banyak digunakan oleh orang Indonesia sebagai alat transportasi laut dan kapal ini dapat menampung banyak orang. Sistem kerja kapal bantalan udara sangat mengandalkan baling-baling seperti halnya pesawat udara dan kerja kapal ini berkonsep bantalan udara.

Rumus Hukum Archimedes:

rumus arcimedes

Demikian ulasan lengkap mengenai hukum archimedes dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Fisika