Sponsors Link

10 Hewan yang Hidup di Pantai, Nomer Sembilan Tidak Disangka-sangka

Sponsors Link

Pantai adalah suatu tempat di pesisir pantai yang biasanya ada pasir dan pantai juga menjadi pembatas antara daratan dengan lautan. Panjang garis pantai yang mengelilinggi luasnya lautan disebut juga garis teritorial suatu negara dan Indonesia menjadi salah satu negera yang memiliki banyak pantai di dunia. Ada berbagai daerah di Indonesia yang terkenal dengan keindahan pantainya seperti pantai Sanur, pantai Pangandaran, pantai Santolo, pantai Indrayanti, pantai Kuta dan berbagai pantai indah lainnya.

Dengan adanya pantai banyak wisatawan yang berkunjung dan para turis asing biasanya memanfaatkan pantai untuk tempat berjemur. Daerah pesisir pantai juga menjadi tempat yang nyaman bagi beberapa hewan dan hewan pantai biasanya beradap pada rumpukkan pasir. Berikut ini adalah beberapa hewan yang hidup di pantai:

1. Siput Laut

Siput Laut

Siput laut adalah salah satu hewan yang sering ditemukan di pesisir pantai dan berbagai langkah-langkah penelitian menyebutkan, bahwa hewan laut memiliki ciri yang sangat khas. Siput laut terdiri dari berbagai macam motif dan keunikan siput laut seringkali menjadi daya tarik tersendiri. Namun ada beberapa jenis siput laut bewarna yang bisa mengeluarkan sebuah racun yang berbahaya bagi manusia dan sebaiknya siput laut dipandang saja, jangan untuk diambil atau dimainkan.

2. Ikan batu

Ikan batu

Ikan batu adalah salah satu jenis ikan yang senang berada di daerah laut yang dangkal dan ikan ini juga banyak ditemukan di dekat pantai di seluruh perairan Indonesia. Ikan batu menjadi contoh hewan yang tidak mengalami metamorfosis sempurna dan hidup ikan batu ini sangat berdekatan dengan lumpur laut serta pasir laut. Namun ikan batu juga memiliki duri yang beracun dan durinya ini membahayakan bagi manusia yang senang main di sekitar pantai, bila menemukan ikan ini di pantai sebaiknya dibiarkan saja.

3. Ikan buntal

Ikan buntal

Ikan buntal adalah salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan di daerah pantai Indonesia dan ikan ini memiliki bentuk yang sangat unik serta lucu. Bentuknya yang bulat menyerupai bola, mambuat ikan ini sangat menarik perhatian dan ikan ini menjadi salah satu binatang yang tidak pernah tidur saat siang serta malam hari. Ikan buntal terkenal dengan durinya yang tajam dan bagi para pengunjung pantai di Indonesia, sebaiknya jangan menyentuk ikan ini di pantai. Ikan ini juga memiliki racun yang berbahaya dan dapat berakibat fatal buat kesehatan manusia.

4. Ular Laut

Ular Laut

Laut juga memiliki berbagai spesies ular dan ada berbagai jenis ular yang senang berada di bagian pesisir pantai. Banyak sekali hewan yang dibudidayakan di dataran rendah dan salah satu hewan yang sering dibudidayakan di dataran rendah adalah ular. Sama halnya dengan ular yang ada di daratan, ular laut juga memiliki gigitan serta bisa yang berbahaya bagi manusia dan salah satu menghindarkan gigitan ular laut di pantai adalah dengan menjauh dari posisi ular itu berada, karena dengan menjauh ular tak akan menyerang.

5. Kutu air laut

Kutu air laut

Kutu air laut adalah salah satu hewan yang banyak ditemukan didaerah pesisir pantai dan seperti halnya kutu di kepala, kutu air laut juga memiliki ukuran yang sangat kecil. Kutu adalah salah satu hewan yang senang hidup secara bergerombol atau berkelompok dan menurut para nelayan, jika suatu daerah perairan memiliki banyak kutu biasanya tak akan banyak ikan yang ada disana. Berdasarkan ruang lingkup geografi yang dimiliki Indonesia, ada banyak sekali jenis ikan yang tersebar di seluruh pantai dan hal ini akan memungkinkan juga banyak kutu air laut yang hidup dengan bebas.

6. Bulu ayam

bulu ayam laut

Bulu ayam adalah salah satu biota laut yang memiliki bentuk seperti karang lunak dan lembut seperti bulu pada ayam. Biota laut ini memang banyak ditemukan pesisir pantai yang ada di Indonesia dan hewan ini sering disebut sebagai hewan yang bernapas dengan kulit. Saat menemukan bulu ayam di pinggir pantai, sebaiknya biarkan saja dan jangan coba-coba untuk menyentuhnya. Bulu ayam sangat terkenal dengan sengatannya yang lumayan menyakitkan dan seringkali menimbulkan rasa perih pada bagian kulit.

7. Ubur-ubur

Ubur-ubur

Ubur-ubur adalah salah satu hewan populer yang ada di laut dan ubur-ubur terdiri dari berbagai macam ukuran. Hewan ini bisa hidup di bagian dalam laut ataupun di pesisir pantai dan hewan ini memang memiliki bentuk yang sangat unik. Meskipun ubur-ubur ada yang berukuran kecil, namun efek beracunnya sama berbahaya dan bisa menimbulkan berbagai rasa sakit pada kulit. Ubur-ubur sering disebut sebagai salah satu contoh fauna Ethiopia, padahal ubur-ubur adalah salah satu hewan yang berkembang biak di Indonesia.

8. Bulu Babi

Bulu babi adalah salah satu hewan pantai yang cukup populer dan hewan ini sering disebut juga landak laut. Bentuk hewan ini sangatlah unik yaitu bulat dan memiliki banyak duri di sekelilingnya. Hewan ini tidak boleh dimainkan dengan seenaknya, karena sangat berbahaya dan kondisi bulunya yang tajam bisa menusuk ke kulit manusia. Saat bulu babi terinjak kaki, maka bulunya akan menempel atau tertanam di bagian telapak kaki. Bulu babi sangat identik memiliki warna hitam, padahal banyak variasi warna lain yang dimiliki hewan duri yang saru ini dan hewan ini tidak boleh diambil secara sembarangan.

9. Ulat bulu

ulat bulu laut

Ulat bulu adalah salah satu hewan laut yang sangat senang mendiami suatu perairan dangkal dan ulat bulu juga senang berada pada daerah bawah batu karang. Hewan ini memang seringkali bersembunyi, namun bila keberadaannya terusik oleh manusia dan berbagai hewan lainnya, maka akan melakukan perlawanan yang cepat. Ulat bulu memiliki kandungan racun yang membahayakan kesehatan dan bisa menimbulkan berbagai efek samping buat kesehatan.

10. Ikan Sembilang

Ikan Sembilang

Ikan sembilang adalah salah satu hewan yang senang berada di wilayah dangkal dan hewan ini juga sering disebut sebagai hewan lele laut. Hewan ini senang bergerombol atau berkelompok dan sifat hewan ini sangatlah agresif dan bisa saja mematil. Seperti halnya lele yang sering ditemukan di Indonesia, ikan sembilang ini memiliki patil yang beracun dan bisa membuat seseorang yang terkena patil menjadi demam.

Demikian ulasan mengenai hewan yang hidup di pantai dan semoga artikelnya dapat memberikan banyak manfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Hewan