Sponsors Link

7 Hewan yang Dibudidayakan di Dataran Tinggi

Sponsors Link

Dataran tinggi adalah sebuah dataran yang letaknya minimal pada ketinggian 700 m dpl dan biasanya dataran tinggi terbentuk dari adanya proses erosi serta sedimentasi. Salah satu dataran tinggi yang terkenal di Indonesia adalah dataran tinggi Dieng yang terletak di Jawa Tengah dan dataran ini dijadikan salah satu tempat wisata, karena keindahan alam yang terlihat dari atas ketinggian sangatlah menawan.

Dataran tinggi biasanya memiliki cuaca yang sangat dingin dan untuk bisa bertahan di hidup di dataran tinggi perlu sebuah kekebalan tubuh yang baik. Tak semua hewan bisa hidup pada dataran yang tinggi, karena cuaca dingin dataran tinggi tak cocok dengan beberapa hewan dan ada beberapa jenis hewan yang cocok hidup di dataran tinggi. Berikut ini adalah hewan yang dibudidayakan di dataran tinggi:

1. Sapi

Sapi adalah salah satu hewan ternak yang bisa hidup di dataran tinggi dan makanan utama sapi adalah rumput, keberadaan rumput di dataran tinggi sangatlah banyak. Berbagai langkah-langkah penelitian menunjukkan bahwa sapi memiliki kekebalan tubuh yang bisa menahan udara dingin di dataran tinggi dan keberadaan rumput juga menjadikan sapi bisa hidup di dataran tinggi. Ada 2 jenis sapi yang populer di Indonesia yaitu sapi perah dan sapi pedaging. Sapi perah biasanya dimanfaatkan susunya untuk berbagai keperluan manusia dan susu sapi dipercaya sangat sehat bagi manusia. Sedangkan sapi pedaging seringkali dimanfaatkan dagingnya untuk keperluan konsumsi masyarakat dan banyak masyarakat yang menyukai sapi daging sebagai daging saat makan.

2. Babi

Babi adalah salah satu hewan yang seringkali hidup di dataran tinggi dan babi termasuk hewan omnivora yang memakan daging serta tumbuh-tumbuhan yang berasal dari alam. Babi hutan memiliki kekebalan tubuh yang sangat baik, sehingga babi bisa bertahan hidup di berbagai kondisi cuaca dan babi masuk dalam pengelompokan hewan yang sering diburu manusia di hutan. Babi seringkali diperangi oleh para petani, karena dianggap sebagai hama di kebun atau hutan dan banyak sekali jenis tanaman hutan yang dikonsumsi babi. Tak hanya itu babi juga seringkali dijadikan hewan yang dikonsumsi manusia dan berbagai jenis masakan babi sengaja di buru untuk dikonsumsi. Babi diharamkan untuk dikonsumsi bagi kaum agama islam, karena babi dianggap sebagai hewan yang najis dan Indonesia yang mayoritas penduduknya Islam sangat mengharamkan babi untuk dikonsumsi.

3. Domba

Domba adalah salah satu hewan peliharaan yang bisa hidup di dataran tinggi dan ada berbagai jenis domba yang ada di Indonesia seperti domba ovis dan domba peliharaan biasa. Domba ovis adalah salah satu jenis domba unik yang memiliki rambut atau bulu yang tebal dan domba jenis ini seringkali dimanfaatkan untuk diambil bagian rambutnya serta dagingnya. Dalam ruang lingkup geografi domba biasa adalah domba ternak yang banyak ditemukan di berbagai daerah Indonesian dan salah satu daerah yang terkenal akan dombanya adalah Garut. Domba garut adalah domba jantan yang identik dengan kekuatan fisiknya dan domba garut seringkali diadukan untuk di cari domba yang paling kuat. Domba adalah hewan yang mengkonsumsi rumput sebagai makanan pokoknya dan dataran tinggi sangat cocok bagi berbagai jenis domba.

4. Kuda

Kuda adalah salah hewan yang memiliki daya tahan tubuh kuat dan kuda bisa hidup di dataran rendah yang bersuhu dingin. Makanan utama kuda adalah rumput dan banyak sekali jenis rumput beserta dedaunan yang disukai kuda. Secara ekonomis kuda menjadi hewan peliharaan yang sangat menguntungkan dan kuda juga menjadi hewan yang memiliki sejarah panjang di dunia, karena pada jaman dahulu kuda seringkali digunakan untuk mengangkut manusia serta mengangkut barang. Kuda menjadi salah satu hewan yang tidak mengalami metamorfosis dan keberadaan kuda sangat menguntungkan bagi manusia. Kuda terkenal dengan kekuatan fisiknya yang super kuat dan manusia yang kuat seringkali identik dengan sebutan hewan bertenaga kuda.

5. Kerbau

Kerbau adalah salah satu hewan ternak yang sangat populer di Indonesia dan kerbau memiliki kekebalan tubuh yang sangat baik, maka tak heran kerbau sering digunakan sebagai alat bajak sawah. Kini penggunaan kerbau untuk membajak sawah sangatlah sedikit, karena dengan adanya sistem teknologi canggih dan perkembangan era globalisasi, peranan kerbau diganti dengan sebuah mesin bajak sawah. Ada banyak faktor penghambat pesebaran flora dan fauna di Indonesia. Indonesia menjadi negara yang memiliki berbagai jenis hewan kurban dan kerbau menjadi salah satu hewan kurban yang mengkonsumsi rumput sebagai makanan utamanya.

6. Kambing

Kambing adalah salah satu hewan ternak yang dipelihara dengan berbagai tujuan dan makanan utama kambing adalah rumput. Kambing menjadi salah satu hewan yang bisa hidup di dataran tinggi, karena kambing memiliki kekebalan tubuh yang baik dan kambing sering dimanfaatkan manusia sebagai hewan pedaging. Harga jual kambing akan meningkat tinggi, apabila kambing diternak dengan baik dan bisa mencapai bobot yang baik. Salah satu momen lakunya kambing adalah saat musim lebaran idul qurban atau sering disebut juga lebaran haji. Pada momen ini banyak masyarakat sengaja mencari kambing untuk disembelih dan dagingnya dibagikan di lingkungan masyarakat. Kambing menjadi hewan komponen biotik penyusun ekosistem yang memiliki peranan penting dan kambing menjadi hewan ternak yang sangat menguntungkan.

7. Monyet

Monyet adalah salah satu primata yang sering hidup di dataran tinggi dan menjadi primata unik yang banyak hidup di Indonesia. monyet memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan kera dan monyet memiliki ekor yang panjang. Monyet sangat menyukai makanan yang sifatnya kacang-kacangan dan berbagai jenis buah-buahan hutan menjadi makanan favorit bagi monyet. Monyet juga salah satu hewan yang unik dan bisa membantu manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan seperti memanjat pohon kelapa.

Pada daerah tertentu, banyak monyet yang sering dimanfaatkan untuk memanjat pohon kelapa dan mengambil buah kelapa yang dibutuhkan, dengan instingnya monyet bisa membedakan antara kelapa muda dengan kelapa yang sudah tua. Ada banyak cara hewan melindungi diri dan monyet melindunggi diri dengan cara bersembunyi di atas pohon besar.

Demikian ulasan lengkap mengenai hewan yang dibudidayakan di dataran tinggi dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan