Sponsors Link

5 Contoh Hewan yang Dibudidayakan di Dataran Rendah

Sponsors Link

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang selalu membutuhkan banyak sekali kebutuhan. Ada banyak sekali kebutuhan-kebutuhan khusus yang selalu dibutuhkan untuk bertahan hidup. Untuk dapat memenuhi setiap kebutuhan tersebut dan kemudian bertahan hidup maka manusia akan memanfaatkan apa saja yang ada. Manusia merupakan makhluk hidup yang mampu memanfaatkan apapun secara cermat dan dengan baik pula.

ads

Setiap kebutuhan yang diinginkan manusia merupakan salah satu jalan bagi mereka untuk bertahan hidup. Kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan memang sangat mengagumkan dan sangat baik. Salah satu bentuk adaptasi yang dimiliki manusia dengan lingkungan sekitarnya adalah dalam bentuk pemanfaatan makhluk hidup lain. meskipun terkesan berbeda namun perlu di akui bahwa hal tersebut adalah salah satu bentuk dari beberapa jenis adaptasi.

Pemanfaatan makhluk hidup lain guna memudahkan kehidupan manusia merupakan salah cara yang lumrah. Untuk memfasilitasi hal tersebut kemudian muncullah berbagai macam jenis peternakan. Setiap peternakan memiliki ciri khusus dengan hewan yang khusus pula. Biasanya dalam hal ini kekhususan tersebut akan bergantung pada letak dan kondisi dari peternakan. Keberadaan peternakan merupakan salah satu bentuk usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sendiri.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa hewan yang dibudidayakan di dataran rendah. Pada dataran rendah memang memiliki beberapa kekhususan dengan hewan-hewan yang mereka miliki. Biasanya beberapa jenis hewan tersebut dapat menyesuaikan dengan kondisi pada lingkungan dimana mereka hidup. Ada beberapa jenis hewan yang sering ditemukan pada lokasi budidaya daerah dataran rendah seperti

1. Sapi

Hewan pertama yang sering diketemukan pada daerah dataran rendah adalah sapi. Dalam dunia pengelompokan hewan, sapi merupakan salah satu hewan yang tergolong kedalam vertebrata. Hewan ini adalah jenis hewan yang memiliki tulang belakang. Keberadaan tulang belakang merupakan salah satu ciri-ciri hewan vertebrata yang paling utama. Kita memang mengenal beberapa jenis sapi, ada beberapa sapi yang memang diambil dagingnya, namun ada juga yang memang lebih terfokus pada susunya.

Sedangkan dalam budidaya sapi di dataran rendah kebanyakan adalah jenis sapi yang diambil dagingnya. Sapi sendiri merupakan salah satu dari beberapa hewan yang tidak mengalami metamorfosis, hal ini dapat kita temukan jika melihat daur hidup sapi. Sapi sendiri merupakan salah satu hewan budidaya yang cukup memiliki nilai ekonomis tinggi. Selain itu beberapa jenis sapi juga memiliki fungsi lain, selain hanya digunakan sebagai sumber daging. Dalam beberapa negara dan daerah ada sapi yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia setiap harinya.

2. Kerbau

Satu lagi hewan yang dibudidayakan di dataran rendah yang cukup sering ditemukan. Hewan ini mungkin memiliki berbagai macam jenis yang berbeda-beda. Namun, Secara keseluruhan hewan yang satu ini memiliki badan yang besar dan cenderung gemuk. Selain itu, Kulit dari hewan yang satu ini berwarna ke abu-abuan, dengan sedikit rambut yang ada di badannya.

Kerbau sendiri memiliki fungsi yang sama halnya dengan sapi. Kebanyakan hanya dibudidayakan atau diternakan untuk di ambil dagingnya. Namun, tak jarang juga kadang susu yang dihasilkan oleh kerbau memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Ada jenis kerbau yang bisa dikatakan memiliki ekonomis cukup tinggi, namun hal tersebut berhubungan dengan kepercayaan adat tertentu.

3. Kambing

Hewan yang satu ini merupakan salah satu hewan yang sangat umum untuk diketemukan. Hewan yang satu ini merupakan salah satu yang bisa diakatakan sangat sering dibudidayakan di daerah dataran rendah. Kambing merupakan salah satu sumber penyedia daging yang cukup penting bagi masyarakat.

Selain itu hewan yang satu ini juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Kambing merupakan salah satu jenis hewan yang memang lebih sering diambil dagingnya. Sangat sedikit sekali pemanfaatan susu kambing. Meskipun susu kambing juga mengandung beberapa nutrisi yang cukup baik bagi tubuh.


4. Domba

Hewan yang satu ini memang kadang agak susah dibedakan dengan saudara dekat mereka. Domba memang memiliki kedekatakn tersendiri dengan kambing. Akan tetapi ada beberap hal yang  membedakan antara keduanya. Salah satu yang bisa digunakan sebagai ciri adalah tubuh domba yang memiliki ukuran lebih besar.

Selain itu tanduk pada domba juga bisa dikatakan lebih besar daripada kambing. Domba sendiri memiliki fungsi yang sama dengan kambing, yaitu untuk sumber daging. Namun, dalam di beberapa daerah selain digunakan sebagai sumber penghasil daging, domba juga dijadikan sebagai sumber penghasil susu. Selain itu pada beberapa adat domba juga memiliki kedudukannya sendiri dalam perayaan tertentu.

5. Ayam

Ayam merupakan salah satu dari beberapa hewan yang dibudidayakan di dataran rendah dan memiliki kemampuan untuk bertelur. Hewan yang satu ini memang sangat umum sekali diketemukan dan sangat banyak di budidayakan. Hal tersebut karena perawatan dari hewan ini yang bisa dikatakan cukup mudah. Selain itu Hewan ini juga memiliki siklus reproduksi yang cukup cepat. Pembudidayaan ayam sendiri memiliki dua tujuan utama, yaitu guna mengambil telur yang mereka hasilkan dan juga memanfaatkan daging yang mereka dapatkan.

Itulah tadi beberapa contoh jenis hewan yang dibudidayakan di dataran rendah. Meskipun sering di dapatkan di dataran rendah, bukan berarti setiap jenis hewan tersebut hanya dapat hidup di dataran rendah saja. Hewan tersebut juga bis diketemukan di daerah lain dengan kondisi lingkungan yang berbeda. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.