Sponsors Link

13 Contoh Hewan yang Dapat Mendengar Bunyi Infrasonik

Sponsors Link

Hewan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang tinggal dan berkembang di muka bumi. Persebaran dan jenis mereka sendiri sangat banyak dan sangat luas. Berdasarkan taksonomi, kingdom animalia sendiri merupakan salah satu yang paling besar jumlahnya. Kita bisa menemukan berbagai macam jenis hewan dengan berbagai macam karakteristik yang berbeda-beda.

ads

Bahkan karena jumlahnya yang begitu banyak maka ada banyak sekali pengelompokan hewan yang bertujuan untuk lebih memudahkan identifikasi. Biasanya pengelompokan ini menggunakan berbagai macam dasar yang berbeda-beda. Ada beberapa point atau hal yang bisa digunakan untuk dasar pengelompokan hewan tersebut. salah satunya adalah kemampuan khusus yang dapat kita temukan pada beberapa jenis hewan yang ada.

Kemampuan khusus ini biasanya dimiliki oleh beberapa jenis hewan baik dari famili yang sama maupun dari famili yang berbeda. Jika kita membicarakan mengenai kemampuan khusus tersebut maka ada beberapa contoh yang bisa kita temukan. Salah satu contohnya adalah beberapa hewan yang bernapas dengan kulit.

Setiap hewan yang termasuk kedalam golongan tersebut tidak memiliki hubungan kekerabatan sama sekali. Hal yang membuat mereka masuk kedalam satu golongan adalah kemampuan mereka untuk melakukan proses pernapasan dari kulit. Kemampuan tersebut merupakan salah satu dari beberapa jenis-jenis adaptasi yang di dapat melalui proses evolusi yang panjang.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa hewan yang juga memiliki kemampuan khusus mereka sendiri. kita akan membahas mengenai beberapa jenis hewan yang dapat mendengar bunyi infrasonik. Hewan yang masuk kedalam golongan ini sendiri merupakan beberapa jenis hewan yang bisa dikatakan tidak memiliki hubungan kekerabatan sama sekali. Ada beberapa jenis hewan yang dapat dikategorikan memiliki kemampuan untuk mendengar bunyi infrasonik.

Sebelum kita membahas mengenai beberapa contoh hewan yang dapat mendengar bunyi infrasonik, maka akan lebih baik jika kita membahas terlebih dahulu mengenai bunyi infrasonik itu sendiri. Infrasonik merupakan salah satu jenis gelombang bunyi yang dapat kita temukan di alam luas. Jenis bunyi yang satu ini biasanya disebut juga sebagai sumber bunyi yang memiliki frekuensi rendah. Berdasarkan beberapa karakteristik yang dapat kita temukan, biasanya frekuensi yang dimiliki oleh golongan yang masuk kedalam bunyi infrasonik berada di bawah 20 Hz.

Gelombang bunyi yang masuk kedalam golongan tersebut sangat rendah untuk dapat di tangkap oleh proses pendengaran manusia, maupun beberapa jenis hewan yang ada. Namun, memang ada beberapa jenis yang mampu mendengar sumber bunyi tersebut. Sebagaimana kita temukan juga pada beberapa jenis hewan yang dapat mendengar bunyi ultrasonik. salah satu sumber bunyi yang memiliki frekuensi gelombang cukup tinggi. Beberapa jenis hewan kadang tidak hanya mampu mendengar bunyi infrasonik saja, namun mereka juga dapat menghasilkan sumber bunyi tersebut jika di perlukan.

Dalam alam bebas sendiri bunyi infrasonik dapat dihasilkan oleh getaran bumi. Perubahan getaran alami yang dilakukan oleh bumi ini dapat menghasilkan gelombang infrasonik yang dapat menunjukan berbagai macam jenis kemungkinan. Salah satu contohnya adalah penggunaan bunyi infrasonik untuk mendeteksi gempa bumi yang terekam melalui seismograph.

Dengan memanfaatkan bunyi getaran tersebut maka perubahan terkecil pada lempeng bumi dapat di deteksi dengan presentase yang cukup akurat. Berdasarkan beberapa penelitian yang ada, bahkan di anggap bahwa bunyi infrasonik memiliki beberapa efek yang kurang baik bagi tubuh manusia., dan juga beberapa jenis hewan.

Sebagai mana yang telah kita singgung di atas, bahwa bunyi yang satu ini memiliki frekuensi yang sangat rendah sekali. Ini berarti beberapa hewan yang dapat mendengar bunyi ini,  memiliki kemampuan untuk menangkap beberapa sumber bunyi dengan frekuensi rendah. Beberapa jenis hewan tersebut adalah

  1. Paus

Jenis hewan pertama yang dapat mendengar bunyi infrasonik adalah ikan paus. Meskipun masuk kedalam golongan ikan, tapi hewan yang satu ini pada dasarnya adalah hewan mamalia. Kebanyakan dari golongan paus memiliki kemampuan untuk dapat menangkap dan mendengar bunyi infrasonik. Biasanya bunyi yang satu ini di gunakan untuk dapat mengetahui kondisi sekitar dari hewan yang satu ini. salah satu hal yang cukup untuk adalah paus memiliki sistem penangkap suara yang cukup berbeda dari hewan lain. Pada paus, maka suara akan di tangkap melalui tenggorokan, dari bagian itulah kemudian suara akan diteruskan kepada organ pendengaran.


  1. Gajah

Hewan yang satu ini merupakan salah satu jenis hewan terbesar yang berjalan di permukaan bumi. sampai saat ini terdapat dua buah spesies gajah yang di akui oleh dunia. Kedua jenis spesies gajah ini adalah gajah afrika dan juga gajah asia. Keduanya memiliki ukuran dan karakteristik yang berbeda. Salah satu karakter yang membedakan keduanya adalah ukuran dari telinga yang mereka miliki. Pada gajah afrika memiliki ukuran telinga yang jauh lebih besar.

Sedangkan pada gajah asia, memiliki ukuran yang lebih kecil. keberadaan telinga ini merupakan salah satu bentuk adaptasi untuk mengurangi suhu panas tubuh mereka. Selain itu, telinga besar yang dimiliki oleh gajah memiliki kemampuan untuk mendengar bunyi yang berfrekuensi rendah. Bahkan  gajah merupakan salah satu jenis hewan yang sangat sensitif pada sumber bunyi dengan frekuensi rendah.

  1. Badak

Badak merupakan salah satu jenis hewan yang bisa dikatakan sangat langka. Banyak spesies badan di bumi yang memiliki status terancam punah, atau bahkan sudah dalam kondisi punah. Hal tersebut karena adanya perburuan liar yang cukup sering diketemukan. Sama halnya dengan gajah yang diburu gadingnya, sedangkan badak merupakan salah satu hewan yang diburu culanya. Badak sendiri banyak di temukan di kawasan afrika dan asia. Pada kawasan asia sendiri tidak setiap lokasi menjadi habitat dari hewan ini. beberapa jenis badak terdapat di daerah india dan juga Indonesia, atau asia tenggara.

  1. Kuda Nil

Kuda nila merupakan salah satu dari beberapa hewan yang dapat mendengar bunyi ultrasonik hewan yang satu ini lebih banyak diketemukan pada benua afrika. Habitat dari hewan yang satu ini bisa dikatakan hampir tersebar pada seluruh bagian di afrika. Hewan yang satu ini menghabiskan waktunya sebagian besar berada di dalam air. Siklus hidup mereka mulai dari bereproduksi hingga melahirkan juga dilakukan di dalam air. Hewan yang satu ini merupakan hewan ketiga terbesar yang ada di daratan. Status konservasi dari hewan yang satu ini masih berada dalm kondisi rentan.


  1. Aligator

Alligator merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki hubungan kekerabatan cukup dekat dengan buaya. Namun, meskipun keduanya memiliki hubungan kekerabatan yang cukup dekat. Tapi terdapat beberapa perbedaan yang dapat kita temukan. Salah satu perbedaan tersebut terdapat pada bagian mulut hewan yang satu ini. Alligator memiliki moncong yang lebih melebar, serta bagian mulut yang lebih rapi dalam menutupi gigi mereka. Sedangkan pada buaya mulut mereka berbentuk menyerupai huruf V. Sedangkan mulut buaya tidak mampu menutupi dengan rapi gigi mereka di beberapa bagian.

Selain beberapa jenis hewan yang disebutkan di atas kita masih bisa menemukan beberapa jenis hewan yang dapat mendengarkan bunyi infrasonik. Beberapa hewan tersebut seperti

  1. Cumi-cumi
  2. Burung merpati
  3. Ikan kod
  4. Ikan buntal
  5. Jerapah
  6. Sotong
  7. Burung mutiara
  8. Gurita

Itulah tadi beberapa jenis hewan yang dapat mendengar bunyi infrasonik. Setiap hewan tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Namun, pada dasarnya hampir setiap hewan dapat mendengar bunyi infrasonik, meskipun semuanya memiliki batasan frekuensi yang berbeda-beda. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan