Sponsors Link

13 Contoh Hewan yang Ada di Sungai Amazon

Sponsors Link

Setiap makhluk hidup pada dasarnya memiliki sebuah insting mendasar yang selalu sama. Ada satu insting yang pasti dimiliki oleh setiap makhluk hidup, yaitu insting untuk bertahan hidup. Ada banyak cara yang digunakan untuk dapat bertahan hidup. Biasanya hal tersebut kemudian akan berlanjut dan menghasilkan beberapa jenis-jenis adaptasi yang dapat kita temukan.

ads

Bentuk adaptasi itu sendiri biasanya dapat kita temukan baik secara morfologi maupun fisiologi dari makhluk hidup tersebut. Baik hewan maupun tumbuhan yang ada pada saat ini adalah bentuk dari evolusi dari pendahulu mereka untuk dapat bertahan hidup dan mempertahankan jenis mereka sendiri. Sehingga bisa dikatakan bahwa apapun yang dilakukan oleh setiap makhluk hidup yang ada, merupakan sebuah bentuk usaha untuk bertahan hidup.

Insting untuk bertahan hidup itu sendiri akan sangat berhubungan erat dengan faktor lingkungan. Hal tersebut karena, setiap makhluk hidup akan selalu berusaha untuk menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan yang ada. Maka, dari itu terkadang kita menemukan beberapa jenis hewan yang bisa dikatakan sangat khas dari sebuah kawasan tertentu.

Kondisi seperti itu terkadang membuat beberapa jenis hewan tak bisa lepas dari keadaan sekeliling mereka. Kondisi lingkungan sendiri sangat bergantung pada unsur lingkungan biotik dan juga unsur lingkungan abiotik. Sedangkan makhluk hidup yang ada di suatu lingkungan, sedikit banyak juga memberikan pengaruh pada kondisi lingkungan tersebut.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa jenis hewan yang bisa dikatakan mewakili sebuah kawasan lingkungan yang khusus. Kita akan membahas mengenai beberapa hewan yang ada di Sungai Amazon. Hutan amazon merupakan salah satu hutan yang bisa dikatakan sangat terkenal. berbagai macam jenis hewan dapat kita temukan di dalam sungai yang membelah hutan ini. beberapa jenis hewan tersebut adalah.

1. Piranha

PiranhaJika kita membicarakan mengenai hewan yang ada di Sungai Amazon, maka hewan yang satu ini merupakan salah satu jenis hewan yang sangat terkenal. Piranha merupakan salah satu jenis hewan yang bisa dikatakan cukup di hindari. Hal tersebut karena hewan yang satu ini tergolong sebagai hewan pemakan daging. Namun, bukan berarti setiap kali kita memasuki sungai amazon akan langsung di serang oleh hewan ini.

Biasanya hewan yang satu ini akan ada dalam sebuah kelompok yang cukup besar. Hal tersebut sangat berguna untuk menghindari pemangsa alami mereka yang berada di Sungai Amazon sendiri. Dalam dunia taksonomi maka ikan yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan dari famili  Serrasalminae.

Namun, dari setiap jenis ikan yang berada dalam famili yang sama, hanya ada 4 genus yang disebut sebagai piranha yaitu Pristobrycon, Pygocentrus, Pygopristis, dan Serrasalmus . penyebutan piranha sendiri berhubungan erat dengan bentuk rahang mereka dengan gigi yang tajam.

2. Anaconda

AnacondaHewan yang satu ini merupakan salah satu dari beberapa jenis ular terbesar di dunia yang dapat kita temukan. Hewan ini sendiri memang sering sekali di temukan di habitat aslinya yang berada di kawasan amazon. Ular yang satu ini merupakan salah satu jenis ular yang berasal dari genus Eunectes. Meskipun genus tersebut digunakan untuk menyebutkan beberapa jenis yang berbeda. Tapi, kemudian penyebutan anaconda hanya tertuju pada satu jenis yaitu Eunectes murinus.

Pada dunia anaconda sendiri terdapat 4 jenis Eunectes yang mendapat sebutan anaconda, yaitu Eunectes murinus, Eunectes notaeus, Eunectes deschauenseei, Eunectes beniensis. Anaconda sendiri merupakan salah satu dari beberapa golongan hewan yang masuk kedalam jenis hewan ovovivipar. Artinya, adalah hewan ini berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak.

3. Arapaima

ArapaimaHewan yang satu ini merupakan salah satu jenis hewan yang ada di sungai amazon dan dalam kondisi yang bisa dikatakan dilindungi. Arapaima merupakan salah satu jenis ikan air tawan terbesar di Dunia. Beberapa jenis arpaima bahkan dapat berkembang lebih dari 4 meter. Ikan yang satu ini banyak sekali di kenal sebagai salah satu jenis ikan koleksi yang banyak sekali diminati. Salah satu jenisnya yang cukup sering di koleksi adalah Arapaima gigas.

Pada dasarnya ada beberapa jenis ikan arapaima yang dapat kita temukan. Beberapa jenis tersebut adalah Arapaima arapaima, Arapaima agassizii, Arapaima leptosoma, Arapaima mapae. Ikan yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan yang cukup unik dan menarik. hal tersebut dikarenakan hewan yang satu ini sangat bergantung pada udara yang ada di permukaan air. Meskipun hewan ini memiliki insang, namun secara berkala hewan ini akan mengambil udara dari permukaan air. Untuk dapat mendung perilaku ini, arapaima memiliki organ yang di modifikasi yang menyerupai fungsi paru-paru.


4. Payara

PayaraSungai amazon memang terkenal dengan berbagai macam jenis hewan yang cukup buas dan menyeramkan. Salah satu jenis hewan yang ada di dalamnya adalah Payara yang merupakan predator dan alami dari peranha. Ikan payara sendiri memiliki beberapa nama lain yang sangat trkenal dan terkesan menakutkan seperti, saber tooth barracuda, vampire fish, vampire tetra, da juga saber tusk barracuda.

Penyebutan tersebut sangat disesuaikan dengan kenampakan yang langsung dapat dilihat. Salah satu ciri utama dari jenis ikan ini adalah, adanya dua buah gigi runcing tajam yang berasal dari mulut bagian bawah. Kedua gigi taring tersebut berfungsi untuk menusuk hewan buruan mereka. Ikan yang satu ini sendiri bisa dikatakan merupakan salah satu jenis ikan yang cukup besar bagi ukuran normal ikan air tawar.

5. Candiru

CandiruKata mengerikan dari hewan yang ada di sungai amazon tidaklah selalu berhubungan dengan ukuran yang besar. Terkadang hewan dengan ukuran yang cukup kecil juga memiliki kengerian tersendiri. Hal inilah yang di tunjukan oleh iakn yang satu ini, yaitu ikan candiru. Pada dasarnya ada banyak sekali jenis ikan ini, namun penyebutan nama candiru menjadi sangat umum untuk menyebutkan setiap spesies ikan jenis ini. perlu di ketahui juga bahwa ikan candiru masih merupakan ikan yang tergolong kedalam keluarga Catfish.

Dalam beberapa kepercayaan, ikan yang satu ini mampu masuk dan berenang kedalam saluran kencing seseorang. Hal tersebut yang membuat ikan kecil ini menjadi salah satu jenis ikan yang cukup di takuti di Amazon. Meskipun kejadian tersebut sangat jarang sekali di temukan. Berdasarkan data terbaru yang ada.

Kasus ikan candiru masuk kedalam saluran kemih seseorang terjadi pada tahun 1997. Keberadaan dari ikan ini sendiri di anggap sangat langka, bahkan ada beberapa yang menganggap bahwa ikan ini termasuk kedalam golongan ikan legenda.


6. Black caiman

Black caimanHewan yang satu ini merupakan salah satu predator utama dalam rantai makanan ekosistem sungai amazon. Sebagai salah satu dari beberapa hewan yang ada di Sungai amazon, keberadaan dari Black caiman memang sangat mengerikan. Hewan yang satu ini masih memiliki kekerabatan yang cukup dekat dengan aligator dan juga buaya. Bentukan dari Black caiman sendiri tidak terlalu besar jika di bandingkan dengan kedua saudara dekatnya.

Hewan ini dapat memangsa apapun yang ada di dalam sungai amazon. Disebut sebagai Black caiman karena warna kulitnya yang memang jauh lebih hitam dari warna kulit normal lain. Hewan yang satu ini merupakan salah satu jenis hewan yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem yang ada di sungai amazon.

Selain beberapa hewan yang ada di atas, masih ada beberapa hewan lain seperti,

  1. Belut Listrik
  2. Berang-Berang Besar
  3. Hiu Banteng
  4. Ikan Pacu
  5. Katak beracun
  6. Lumba-lumba
  7. Arwana

Itulah tadi beberapa contoh hewan yang ada di sungai amazon. Sungai tersebut memang merupakan salah satu sungai yang kaya akan berbagai macam jenis satwa di dalamnya. Tak hewan jika banyak yang menyatakan bahwa, masih banyak spesies yang tersimpan di dalamnya. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Hewan