Categories: Fisika

Gerak Non Lokomotor: Pengertian – Jenis dan Contohnya

Gerak non lokomotor adalah gerakan yang tidak mengakibatkan pindah tempat. Biasanya, anak anak tidak terlalu menyukai gerakan ini dibandingkan dengan gerakan lokomotor. Ini disebabkan karena keduanya memang sangat berbeda dan memiliki beberapa ciri khas masing masing.

Pengertian Gerak Non Lokomotor

Pengertian gerak lokomotor berbeda beda antara satu pendapat dengan pendapat lainnya. Gerak non lokomotor merupakan keterampilan yang dilakukan tanpa harus memindahkan tubuh dari tempatnya seperti contohnya menarik, mendorong atau melenting.

Gerakan non lokomotor juga bisa diartikan sebuah keterampilan stabil yang pada dasarnya dilakukan tanpa atau hanya dengan sedikit bergerak dari satu area tumpuan. Gerakan non lokomotor juga bisa diartikan sebagai gerakan yang dilakukan dengan gerakan biasanya membutuhkan dasar penyangga minimal namun butuh dasar penyangga minimal atau tidak butuh penyangga atau bisa diartikan juga sebagai gerak yang tak berpindah tempat.

Gerakan stabilisasi atau disebut dengan gerakan non lokomotor yang termasuk dalam jenis ini diantaranya adalah turning, swinging dan swaying, pushing dan pulling, stretching dan bending serta twisting.

1. Pengertian Gerak Non Lokomotor Menurut Yudha M.Saptura

Menurut pendapat Yudha M. Saputra, gerakan non lokomotor merupakan gerakan yang dilakukan hanya di tempat tanpa ada ruang gerak yang menggunakan kemampuan non lokomotor seperti meregang dan menekuk, mendorong dan menarik, mengangkat dan menurunkan, memutar, melipat, melingkar, mengocok, melambungkan dan lain sebagainya.

2. Pengertian Gerakan Non Lokomotor Menurut Sudrajat Prawirasaputra

Sedangkan menurut pendapat Sudrajat Prawirasaputra mengatakan jika keterampilan non lokomotor merupakan jenis keterampilan yang dilakukan dengan cara menggerakkan anggota badan seperti otot dan sendi pada kondisi tubuh pelaki yang statis, menetap, kaki tetap bertumpu di bidang tumpu atau tangan yang tetap berpengangan di pegangan.

3. Pengertian Gerakan Non Lokomotor Menurut KBBI

Jika menurut KBBI, gerakan non lokomotor merupakan sebuah gerakan yang dilakukan di tempat atau melakukan gerakan dengan cara tak berpindah tempat.

Jenis Gerak Non Lokomotor

Jika diartikan secara sederhana, gerakan non lokomotor adalah gerakan yang berbanding terbalik dengan lokomotor. Sebetulnya, seluruh gerakan motorik selain gerakan lokomotor atau locomotor movement adalah gerakan non lokomotor atau non locomotor movement. Pada tahap perkembangan anak, ada beberapa keterampilan non lokomotor dasar yang akan diajarkan pada anak dengan bertahap seperti memuntir tubuh, menekuk tubuh, memutar tubuh serta gerakan mengubah posisi anggota tubuh seperti kepala, tangan serta kaki.

1. Memutar Tubuh

Gerakan memuntir atau memilin tubuh bisa dilakukan dengan cara memutar setengah bagian tubuh namun posisi kedua kaki tetap. Nantinya, sistem gerak pada manusia yakni anggota tubuh dari mulai pinggang hingga kepala akan mengarah ke bagian samping.

2. Menekuk Tubuh

Jenis gerakan non lokomotor berikutnya adalah gerakan menekuk tubuh. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara menunduk, jongkok serta menekuk tubuh.

3. Gerakan Memutar Tubuh

Untuk jenis gerakan non lokomotor yakni gerakan memutar tubuh bisa dilakukan hanya dengan mengubah posisi kaki sehingga posisi tubuh akan menghadap ke arah yang berbeda.

Contoh Gerak Non Lokomotor

Beberapa jenis gerakan yang termasuk dalam contoh gerakan non lokomotor adalah berdiri tegak dengan satu kaki yang diangkat. Ini merupakan salah satu keterampilan dasar keseimbangan. Semakin tinggi titik berat badan dari sebuah bidang tumpu, maka akan semakin labil keseimbangan. Sedangkan jika bidang tumpu semakin kecil, maka posisi akan semakin seimbang. Ada beberapa contoh dari gerakan non lokomotor lainnya, seperti:

  • Gerakan menangkap.
  • Memutar: Bergerak di sekitar tubuh yang dilakukan dengan cara memutar beberapa bagian tubuh di sekitar sumbu sedangkan pangkal tidak mengubah kondisi yang biasanya dilakukan pada kepala serta tubuh.
  • Gerakan melempar.
  • Gerakan menendang.
  • Gerakan membungkuk: Menggerakkan otot otot yang ada di sekitar sendiri tempat dua bagian tubuh bertemu. Ini merupakan bentuk menekuk tubuh dari posisi lurus ke kurva.
  • Gerakan menjebak atau menjerat.
  • Gerakan melambung.
  • Gerakan bergulir.
  • Gerakan mengangkat: Dilakukan dengan cara mengangkat tubuh baik kaki atau lengan dan biasanya memakai benda berat untuk mengangkat kedua lengan.
  • Gerakan memelanting.
  • Gerakan menggelinding.
  • Mengayun: Gerakan di bawah sumbu yang bisa jadi berbentuk gerakan bagian tubuh maju serta mundur atau bisa juga dari sisi ke sisi.
  • Gerakan menyepak.

Cara Melakukan Gerakan Non Lokomotor

Gerakan non lokomotor merupakan gerakan dasar yang dilakukan tanpa harus berpindah tempat seperti contohnya menarik, menggoyangkan pinggul serta bahu, memutar serta meliuk. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan gerakan non lokomotor dengan memakai anatomi tubuh:

1. Memuntir Tubuh

Gerakan memuntir atau memilin tubuh bisa dilakukan dengan cara memutar setengah tubuh namun kedua kaki berada dalam posisi tetap. Sesudah itu, anggota badan dari mulai pinggang hingga kepala diarahkan ke samping kiri dan ke kanan.

2. Menekuk Tubuh

Untuk gerakan non lokomotor menekuk tubuh bisa dilakukan dengan cara jongkok, menunduk dan juga bisa menekuk tubuh ke samping.

3. Memutar Tubuh

Untuk melakukan gerakan memutar tubuh caranya sangat mudah yakni hanya dengan mengubah posisi kaki supaya posisi tubuh menghadap pada arah yang berbeda.

4. Gerakan Mengubah Posisi Anggota Tubuh yakni Tangan, Kaki serta Kepala

Untuk gerakan mengubah posisi anggota tubuh yang tidak membuat tubuh berpindah secara menyebabkan semua tubuh berpindah menyeluruh ke tempat lain terdiri dari banyak contoh seperti melipat tangan, menggelengkan kepala, merangkak, merentangkan tangan serta mengangkat satu kaki.

Gerakan Non Lokomotor Dalam Sepak Bola

Apabila dilihat dari segi rumpun gerak serta keterampilan dasar di permainan sepakbola, maka ada tiga dasar keterampilan dasar pada permainan sepakbola yakni lokomotor, non lokomotor dan juga manipulatif. Lokomotor adalah gerakan berpindah dari lokasi satu ke lokasi lain seperti melompat, meluncur dan lari.

Sedangkan gerak non lokomotor adalah salah satu jenis gerak yang tak berpindah tempat seperti contohnya melempar, melenting, menjangkau dan meliuk. Beberapa gerakan non lokomotor inilah yang biasanya banyak ditemui pada permainan sepakbola.

Sedangkan untuk manipulatif sendiri adalah salah satu jenis gerakan untuk memanipulasi dari sebuah benda dan dalam hal ini adalah bermain bola. Gerakan manipulatif di dalam permainan sepak bola diantaranya adalah menyundul, merampas, melempar, menggiring serta menangkap bola.

Recent Posts

Sistem Sonar: Pengertian, Fungsi Dan Pemanfaatannya

Keberadaan sistem sonar telah memberikan banyak manfaat bagi manusia. Menurut sejarah, keberadaan sonar berawal di…

6 days ago

Gaya Lorentz : Pengertian, Rumus, Contoh Soal

Pengertian Gaya Lorentz Gaya Lorentz adalah gabungan dari gaya magnetik dan gaya elektrik yang berada…

7 days ago

6 Perbedaan Medan Magnet Dan Medan Listrik Yang Perlu Diketahui

Dalam mempelajari fisika, tentu sudah tidak asing dengan istilah medan magnet dan juga medan listrik.…

1 week ago

5 Dampak Limbah Pertambangan Yang Perlu Diketahui

Pertambangan merupakan suatu kegiatan menggali, mengelola, memanfaatkan, hingga melakukan penjualan dari hasil galian. Hasil galian…

1 week ago

Fragmentasi Habitat: Pengertian, Penyebab, dan Dampaknya

Pengertian Fragmentasi Habitat Fragmentasi habitat merupakan suatu proses perubahan lingkungan yang memiliki peran penting terhadap…

2 weeks ago

Jenis Plankton: Berdasarkan Jenis, Habitat, Ukuran

Plankton merupakan makhluk hidup yang memiliki peran amat penting bagi sumber makanan bagi konsumen tingkat…

2 weeks ago