Sponsors Link

Gelombang Amplitudo : Pengertian – Pemanfaatan – Rumus – Contoh Soal

Sponsors Link

Saat mempelajari ilmu fisika, tentu tidak akan dilepaskan dari bahasan tentang sebuah gelombang dan dalam kehidupan sehari-hari gelombang juga digunakan untuk berbagai kegunaan. Gelombang memiliki kelenturan saat berjalan dan suatu gelombang memiliki sifat untuk memantul. Gelombang juga memiliki kemampuan untuk dibiaskan atau biasa disebut dengan refraksi dan gelombang juga memiliki sifat polarisasi atau bisa di serap dalam setiap arah getarannya. Gelombang juga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari.

ads

Gelombang yaitu suatu getaran yang berjalan secara merambat dan untuk membentuk suatu bentuk yang ideal, gelombang akan mengikuti keinginan gerak sinusoide. Gelombang juga dapat terdapat pada medium, karena disini suatu gelombang bisa merambat dari satu tempat ke tempat lainnya. dan hal ini membuat partikel medium dapat berpindah permanen. Gelombang amplitudo adalah jarak yang dihasilkan dari partikel bergerak dalam sebuah posisi keseimbangan dan keseimbangan suatu partikel dapat terlihat saat suatu benda tak bergerak. Amplitudo memiliki satuan meter dan biasanya disimbolkan dengan huruf A.

Contoh Pemanfaatan Gelombang Amplitudo Dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Satelit Buatan

Suatu gelombang amplitudo, pasti melakukan sebuah gerak relatif dan salah satu manfaat gelombang amplitudo dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai satelit buatan. Secara alami satelit di bumi adalah bulan, namun satelit buatan adalah satelit rakitan manusia dan memiliki resiko error yang sangat tinggi. Satelit buatan biasanya digunakan untuk telekomunikasi seperti menyiarkan gelombang tv dan dalam hal ini, manfaat gelombang amplitudo sangatlah besar dalam memberikan berbagai informasi bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

2. Bunyi Speaker

Gelombang amplitudo juga memiliki manfaat untuk menghasilkan sebuah bunyi dan gelombang bunyi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk penggunaan speaker atau audio sistem. Bunyi yang dihasilkan memiliki manfaat untuk memberikan berbagai macam informasi, karena jangkauan bunyi speaker sangatlah luas. Berbagai bidang kehidupan masyarakat sangat terbantu dengan adanya bunyi dan berbagai jenis bunyi bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan yang sifatnya penting seperti adzan dan acara hiburan.

3. Kedokteran

Bidang medis atau kedokteran, pasti memerlukan berbagai bantuan gelombang dalam menjalankan pekerjaannya dan salah satu kegunaan gelombang amplitudo untuk bidang medis adalah penggunaan sinar x, karena sinar x diperlukan untuk melakukan perekaman gambar atau letak suatu tulang. Pemakaian sinar x juga harus dilakukan secara hati-hari, karena penggunaan yang salah bisa menimbulkan kerusakan sel jaringan dan peran dokter ahli sangatlah penting dalam penggunaan sinar x. Gelombang memiliki wujud zat yang berbeda-beda dan tidak bisa digunakan secara sembarangan.

4. Kamera untuk berfoto

Kamera adalah salah satu peralatan berfoto yang banyak digunakan masyarakat dan hobi berfoto sudah sangat menyebar ke seluruh dunia. Hasil foto yang baik menjadi keinginan banyak orang dan banyak orang yang rela membeli kamera dengan harga yang mahal. Berdasarkan cabang ilmu fisika, kamera adalah salah satu peralatan yang memanfaatkan gelombang cahaya dan cahaya yang digunakan akan menghasilkan sebuah foton. Setiap kamera memiliki hasil foto yang berbeda-beda dan masing-masing foto memiliki kelebihan serta kekurangannya.

5. Siaran Radio

Radio adalah salah satu peralatan elektronik yang sangat berguna untuk penyampaian Informasi dan perkembangan radio di Indonesia sangatlah pesat. Radio sangat memanfaatkan gelombang amplitudo untuk menyebarkan informasi secara global dan dalam sebuah radio komunikasi hanya berjalan satu arah saja. Radio memanfaatkan gelombang bunyi dan radio sangat tergantung pada kekuatan frequensi. Kini dunia radion sudah mulai kalah dengan dunia televisi, karena sudah jarang masyarakat yang mendengarkan radio dan sudah jarang masyarakat yang memiliki radio di rumahnya.


6. Tanaman

Sinar ultraviolet adalah sebuah hal yang sangat dibutuhkan oleh tanaman dan memiliki peranan penting buat tanaman. Berbagai jenis metode penelitian yang dilakukan sangat menyebutkan bahwa gelombang amplitudo sangat bermanfaat bagi tanaman, karena sinar ultraviolet dapat membantu berbagai jenis kuman untuk pergi. Penggunaan sinar ultraviolet harus dilakukan dengan cara yang baik, karena bila digunakan berlebihan akan menimbulkan kerusakan sel pada tanaman dan sinar ultraviolet tidak boleh digunakan terlalu sering, karena bisa juga merusak pertumbuhan tanaman.

7. Hilangkan sel kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan kanker dapat menimbulkan manusia mati. Kanker bisa dihilangkan dengan berbagai macam cara dan salah satu cara paling ekstream adalah dengan melakukan operasi. Banyak sekali jenis kanker yang sering terjadi seperti kanker payudara dan kanker jenis lainnya. Gelombang amplitudo juga memiliki manfaat untuk dijadikan sumber sinar gamma dan sinar ini akan bisa mencegah atau mematikan sel kanker pada tubuh. Penggunaan sinar gamma harus dilakukan dengan cara yang baik dan biasanya digunakan untuk bidang kesehatan serta dioprasikan oleh seorang dokter ahli.

8. Industri

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak sekali industri dan banyak industri besar yang dibangun di Indonesia. Gelombang amplitudo juga banyak digunakan untuk kegiatan industri, karena gelombang ini bisa digunakan untuk infra merah dan kegunaan infra merah adalah untuk memeriksa keretakan pada sebuah plastik, memeriksa keretakan pada sebuah karet, membersihkan sebuah benda yang halus, membuat makanan menjadi steril dalam kaleng, meratakan campuran susu agar homogen dan berbagai kegunaan lainnya.


Rumus Gelombang Amplitudo

Rumus Amplitudo sampingan dalam sebuah periode getaran adalah T = t/n.

T = Periode (s)
f = Frekuensi (hz)
n = Banyak Gelombang (m)
t = Waktu (s)

Contoh Soal Gelombang Amplitudo

Pada suatu tali yang melakukan getaran sebanyak 60 kali dan melakukan gerakan selama 0,5 menit. Maka hitunglah periode getaran yang terjadi pada tali tersebut!

Diketahui:

n = 50
t = 0,5 menit atau 0,5 x 60 = 30 sekon
T = ?

Jawab:

T = t/n
T = 30/60
T = 1/2 = 0,5 sekon
Dari pertanyaan diatas dapat disimpulkan, bahwa periode getar yang terjadi adalah 0,5 sekon.

Demikian ulasan lengkap mengenai gelombang amplitudo dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Fisika