Sponsors Link

Gas Metana : Fungsi – Rumus Kimia – Penggunaan – Bahayanya

Sponsors Link

Metana adalah hidrokarbon yang bentuknya menyerupai gas dan gas metana biasanya ditulis dengan rumus kimia CH4. Gas metana yang murni biasanya tak akan menimbulkan bau dan bila gas ini digunakan untuk keperluan komersil, maka biasanya ditambahkan bau belerang untuk mendeteksi suatu kebocoran yang bisa saja terjadi.

ads

Gas metana adalah komponen utama dalam gas alam dan metana menjadi sumber bahan bakar utama. Pada saat satu molekul gas metana dibakar dengan oksigen, maka akan menghasilkan karbondioksida dan dan 2 molekul air. Gas metana juga menjadi salah satu gas rumah kaca yang sangat kuat untuk mencegah terjadinya pemanasan global dan pembuatan gas metana terjadi secara alami.

Fungsi Gas Metana

1. Untuk kegiatan memasak

Kini dengan perkembangan teknologi yang pesat, gas metana banyak digunakan untuk bahan bakar untuk kegiatan memasak dan gas metana memiliki sifat yang sangat mudah untuk terbakar. Manusia mendapatkan gas metana dari hasil metanogenesisi dan wujud zat yang dihasilkan, akan bermanfaat bagi kegiatan manusia sehari-hari. Gas metana menjadi alternatif sumber energi yang banyak digunakan belakangan ini dan dengan perkembangan jaman, kini manusia bisa menghasilkan gas metana dengan proses rekayasa yang dilakukan pada pertumbuhan bakteri yang bisa menghasilkan sebuah gas. Bahan bakar kompor gas yang memanfaatkan gas metana memang sangat bermanfaat bagi kegiatan masak sehari-hari.

2. Untuk bahan bakar kendaraan

Gas metana akan menghasilkan karbondioksida dengan jumlah yang sedikit dan jumlahnya lebih sedikit dari hidrokarbon yang lain. Gas metana sering disebut sebagai hidrokarbon yang sangat sederhana, namun gas metana mampu manghasilkan panas yang besar per satuan massanya. Metana dikategorikan sebagai gas alam yang sering digunakan untuk bahan bakar kendaraan dan gas metana diyakini memiliki jumlah polusi yang tidak terlalu banyak. Ada dampak positif dan negatif gas metana yang bisa saja terjadi. Gas metana juga terkenal sangat ramah lingkungan dan hal ini menjadi alasan penggunaannya pada bahan bakar kendaraan.

3. Bahan pembuatan pupuk

Gas metana adalah salah satu gas alam yang bisa digunakan untuk pembuatan pupuk kimia dan gas metana menjadi salah satu bahan kimia oksidator yang sangat ramah lingkungan. Pupuk memiliki peranan penting untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman dan berbagai penyakit yang bisa menyerang tanaman dapat dicegah dengan gas metana. Pupuk kimia kini banyak digunakan para petani untuk mempercepat proses pertumbuhan tanaman dan hal ini terlihat dari tanaman padi yang masa panennya lebih cepat. Secara hasil juga penggunaan pupuk kimia buatan lebih memberikan efek pertumbuhan yang cepat, dari pada pupuk organik.

4. Untuk pembangkit listrik

Listrik adalah adalah kebutuhan penerangan yang sangat penting bagi manusia dan dengan listrik berbagai kegiatan bisa dilakukan dengan cepat. Berbagai macam peralatan elektronik sangat membutuhkan enegri listrik seperti lampu, tv, kulkas dan perlatan lainnya. Air menjadi salah satu sumber penghasil listrik yang digunakan oleh negara Indonesia dan ada berbagai unsur-unsur air yang harus diperhatikan, sebagai sumber tenaga listrik. Kini dengan perkembangan teknologi yang pesat, sampah juga bisa dijadikan sebagai penghasil gas metana dan gas yang dihasilkan bisa digunakan untuk sumber tenaga listrik.

5. Untuk pembuatan perlengkapan

Gas metana juga bisa membantu proses pembuatan berbagai jenis peralatan dan perlengkapan. Salah satu perlengkapan kendaraan yang memiliki peranan penting adalah ban dan dengan ban kendaraan bisa melaju mulus di jalanan. proses pembakaran gas metana yang tidak sempurna akan menghasilkan sebuah karbon hitam dan karbon hitamlah yang dimanfaatkan untuk menguatkan karet ban, pada proses pembuatan ban. Hampir semua industri ban menggunakan karet yang berkualitas, untuk menjaga produknya agar tetap laku di pasaran dan gas metana menjadi contoh elektrolit lemah yang bisa digunakan untuk menguatkan ban kendaraan.

Rumus Kimia Gas Metana

Rumus adalah salah satu cara singkat untuk mencari berbagai informasi dan rumus bisa dijadikan patokan dalam menentukan berbagai hal. Rumus biasanya dilambangkan dengan huruf, tanda ataupun huruf dan rumus kimia gas metana adalah CH4. Rumus kimia bisa digunakan dalam menentukan berbagai kondisi seperti gaya tegangan tali dan menentukan gas kandungan gas metana. Ada berbagai macam reaksi yang bisa ditimbulkan dari suatu pembakaran, pembentukan ulang uap dan halogenasi. Pada umumnya reaksi gas metana sangat sulit untuk dikontrol dan diatur kadar gasnya.


Penggunaan Gas Metana dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Gas Elpiji

Gas elpiji adalah salah satu alat untuk melakukan proses pembakaran atau proses memasak dan gas elpiji dihasilkan dari gas metana, karena gas ini terkenal sangat ramah lingkungan.

2. Pupuk Organik

Tanaman akan bisa tumbuh dengan baik bila dibantu dengan pupuk dan penggunaan pupuk organik sangatlah ramah lingkungan. Kotoran hewan adalah salah satu penghasil gas metana dan hewan yang menghasilkan kotoran gas metana adalah kambing, sapi, domba, babi dan berbagai macam unggas.

3. Listrik

Gas metana bisa digunakan untuk menghailkan listrik dan tumpukan sampah organik yang dibuang bisa menghasilkan listrik yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

4. Pembakaran

Gas metana memiliki sifat yang sangat mudah terbakar dan hal ini menjadikan alasan banyak orang menggunakan gas ini untuk proses pembakaran. Salah satu tempat yang dilakukan proses pembakaran menggunakan gas metana adalah daerah rawa.

5. Bahan bakar

Gas metana juga digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan dan sifatnya yang ramah lingkungan, membuat polusi yang dihasilkan tidak akan terlalu banyak.


Bahaya Gas Metana

1. Manusia

Gas metana sangat berbahaya bisa terkena manusia dan ada berbagai dampak yang bisa terjadi akibat gas ini seperti sakit kepala, kekurangan oksigen, dehidrasi, mual, muntah, jantung berdebar, penglihatan kabur, flu, batu dan berbagai bahaya lainnya.

2. Lingkungan

Gas metana bisa berdampak buruk buat lingkungan, karena dengan penggunaan gas metana yang berlebihan akan menimbulkan pemanasan bumi dan hal ini sangat berpengaruh dalam perubahan iklim. penggunaan gas metana sebaiknya tidak dipakai secara berlebihan dan gunakanlah secukupnya serta seperlunya.

Cara Menangani Bahaya Gas Metana

Untuk menanggani dan mencegah bahaya gas metana bisa dilakukan dengan penggunaan yang tidak terlalu berlebihan, karena dengan gas metana yang berlebihan akan membahayakan sistem kehidupan di bumi. Berbagai bahaya gas metana terhadap manusia dapat dihindari dengan cara lebih berhati-hati dan selalu mengutamakan keselamatan saat menggunakan gas elpiji. Untuk mengguranggi dampak pemanasan global yang bisa saja terjadi, bisa dilakukan dengan melakukan penggunaan sesuai kebutuhan dan jangan menggunakan gas metana secara berlebihan.

Demikian ulasan lengkap mengenai gas metana dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kimia