Sponsors Link

Pengertian Garis Khatulistiwa dan Fungsinya

Sponsors Link

Ketika membahas mengenai Geografi, pasti tak bisa dilepaskan dari garis khatulistiwa atau ekuator. Garis khatulistiwa membagi bumi menjadi 2 bagian dan pelajaran mengenai garis khatulistiwa selalu di bahas di tingkat sekolah menengah pertama. Pada area garis khatulistiwa sering, ada banyak aneka ragam hayati yang tumbuh dan Indonesia menjadi salah satu negara yang terletak di area garis khatulistiwa. Persebaran mahluk hidup di Indonesia sangatlah berlimpah dan tersebar di berbagai wilayah.

ads

Garis khatulistiwa adalah sebuah garis imajinasi yang letaknya berada di tengah-tengah planet dan garis khatulistiwa memiliki posisi pararel dengan poros rotasi bumi. Garis khatulistiwa berada pada 2 kutub dan dalam kajian ilmu geografi disebut dengan garis ekuator. Dengan adanya garis khatulistiwa, bumi dibagi menjadi 2 yaitu belahan bumi utara dan selatan. Panjang garis khatulistiwa sekitar 40.075 km dan berada pada garis lintang 0 derajat. Garis khatulistiwa juga dapat menentukan adanya perbedaan zona iklim di permukaaan bumi dan garis ini digunakan pula untuk menentukan lokasi atau titik letak suatu negara.

Fungsi Garis Khatulistiwa

1. Fungsi Strategis

Fungsi strategis ini bisa terlihat dari keberadaan garis khatulistiwa dan merupakan suatu garis imajiner yang sangat berkaitan dengan posisi suatu kawasan atau daerah. Ada berbagai aspek kehidupan yang terpengaruh garis lintang yaitu aspek geografis, militer, politik dan ekonomi. Garis khatulistiwa dibantu dengan sebuah garis imajiner yang melingtang dengan posisi horizontal dan garisr bujur adalah sebuah garis yang melintang dengan posisi yang vertikal. Dalam ruang lingkup geografi belahan timur terdiri dari benua Eropa, Australia, sebagian Afrika dan sebagian Asia. Sedangkan belahan barat terdiri dari benua Amerika Utara dan Selatan.

Garis khatulistiwa menjadi garis imajiner yang sengaja dibuat oleh para ahli geografi untuk mempermudah dalam memahami berbagai macam kawasan yang ada di dunia dan fungsi strategis garis khatulistiwa, sangat memudahkan manusia dalam menentukan berbagai perkembangan dalam kehidupan di dunia. Tak hanya itu fungsi strategis garis lintang juga memudahkan manusia dalam melakukan prediksi terhadap berbagai perkembangan kehidupan yang bisa saja terjadi. Salah satu tujuan adaptasi manusia adalah untuk bisa melakukan perbauran dengan alam di dunia.

2. Fungsi Umum

Fungsi umum dari garis khatulistiwa adalah untuk menentukan adanya perbedaan iklim, cuaca dan musim yang terjadi pada sebuah kawasan di dunia. Fungsi umum lain dari garis khatulistiwa adalah sebagai penentu posisi matahari sepanjang tahun, menentukan kondisi permukaan laut, menentukan pembuatan peta dunia, dapat digunakan sebagai penentu dalam sistem navigasi dan digunakan untuk membuat kajian geografis yang memiliki peranan sangat penting. Garis lintang juga dapat menjadi faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem yang ada di dunia.

Dalam bidang ekomomi dunia, garis khatulistiwa juga dapat mengklasifikasikan perkembangan perekonomian suatu negara dan dapat memprediksi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Dalam dunia kemiliteran, garis khatulistiwa juga memiliki peranan yang sangat penting dan bisa menentukan kawasan yang cocok untuk peluncuran sebuah roket. Roket atau pesawat luar angkasa harus di terbangkan dengan posisi yang sesuai, agar saat berada di atas posisinya bisa klop dan roket biasanya memiliki gerak yang cepat, karena pergerakannya sulit untuk diprediksi.

Negara yang Dilewati Garis Khatulistiwa

1. Republik Kiribati

Republik Kiribati adalah salah satu negara kepulauan yang terletak di samudra pasifik dan negara ini dilewati garis khatulistiwa. Pada awalnya kepulauan ini sering disebut dengan Gilbert dan setiap pulau yang ada di Kiribati dilewati dengan garis khatulistiwa. Republik Kiribati juga terkenal memiliki 33 kelompok atol karang dan kepulauan ini memiliki perbedaan yang sangat unik yang tersebar di berbagai belahan. Berdasarkan langkah-langkah penelitian, kepulauan ini menjadi salah satu negara yang dilewati atau terbelah garis khatulistiwa.

2. Republik Ekuador

Ekuador adalah salah satu negara yang masuk dalam benua Amerika dan negara ini sangat berbatasan dengan kolombia di bagian utaranya. Pada bagian timur serta selatan, Ekuador sangat berbatasan dengan Peru dan di barat berbatasan dengan samudra pasifik. Republik Ekuador menjadi salah satu negara yang dilewati dengan garis khatulistiwa dan negara ini memiliki luas wilayah sekitar 272.045 km². Berbagai jenis metode penelitian menyebutkan bahwa Ekuador adalah negara yang dilintasi garis khatulistiwa di bagian pantai barat Amerika Selatan.


3. Republik Kolombia

Kolombia adalah salah satu negara terbesar yang ada di dunia dan negara ini termasuk salah satu anggota benua Amerika. Kolombia memiliki kawasan hutan yang sangat luas dan menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar yang ada di dunia. Kolombia menjadi negara yang jarang terkena gempa bumi dan garis khatulistiwa melintang di bagian selatan Kolombia. Tak hanya itu kolombia juga termasuk negara yang memiliki kepadatan penduduk dan menjadi negara terbesar ke 4 di benua Amerika. Negara ini memiliki cadangan minyak bumi yang sangat berlimpah dan menjadi produsen utama emas dunia.

4. Brazil

Brazil adalah salah satu negara yang berada di benua Amerika dan terkenal sebagai negara penghasil pemain sepak bola hebat. Brazil dilewati garis khatulistiwa yang berada di bagian utara dan Brazil menjadi negara benua Amerika terbesar. Garis khatulistiwa juga melewati berbagai pulau di Brazil dan negara ini memiliki lahan pertanian yang sangat luas. Brazil juga memiliki iklim hutan hujan tropis dan dulunya Brazil adalah negara jajahan portugal. Brazil menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia.

5. Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati dan Indonesia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang dilewati garis khatulistiwa. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki luas terbesar di Asia dan Indonesia memiliki tanah yang subur serta kondisi alamnya yang berlimpah.

6. Somalia

Somalia adalah salah satu negara Afrika yang dilewati garis khatulistiwa dan negara ini termasuk ke dalam salah satu negara luas di Afrika. Mogadishu adalah ibukota dari Somalia dan negara ini berbatasan langsung dengan Kenya.

7. Kenya

Kenya adalah negara yang lokasinya sangat berdekatan dengan Somalia dan negara ini dilewati garis khatulistiwa. Negara ini memiliki kekayaan alam yang berlimpah dan Kenya memiliki luas wilayah sekitar 582.650 km persegi.


8. Gabon

Gabon juga menjadi salah salah satu negara yang masuk benua Afrika dan negara ini dilewati garis khatulistiwa. Gabon memiliki jumlah penduduk sekitar 1.384.000 jiwa dan memiliki luas wilayah 267.668 km persegi.

9. Maladewa

Maladewa adalah salah satu negara yang masuk dalam benua Asia dan negara ini tidak berbatasan langsung dengan negara lain. Luas wilayah Maladewa sekitar 300 km persegi dan memiliki jumlah penduduk sekitar 339.330 jiwa.

10. Kongo

Kongo adalah salah satu negara afrika yang dilalui garis khatulistiwa dan negara ini berbatasan langsung dengan Kongo. Negara ini memiliki kekayaan alam yang berlimpah dan banyak satwa khas Afrika yang tinggal di Kongo.

Kelebihan Negara yang Dilewati Garis Khatulistiwa

1. Keanekaragaman hayati

Negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa memiliki keanekaragaman yang sangat tinggi dan berlimpah flora serta fauna yang menetap. Hal ini menjadi salah satu kelebihan negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa, karena tidak semua negara memiliki keanekaragaman yang tinggi.

2. Lahan pertanian subur

Negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa pasti memiliki lahan pertanian yang subur dan hasil pertanian menjadi andalan yang sangat menguntungkan. Hasil pertanian yang diproduksi sendiri tentu sangat menguntungkan dan bisa menjadi faktor pendorong tingkat perekonomian masyarakatnya.

3. Potensi wisata

Keindahan alam negara yang dilewati garis khatulistiwa memang menggoda banyak pengunjung yang datang dan hal ini sangat menguntungkan bagi pendapatan negara, karena potensi alamnya bermanfaat bagi kemajuan negaranya.

Demikian ulasan lengkap mengenai garis khatulistiwa dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Geografi