Sponsors Link

8 Fungsi Kalsium Bagi Tanaman yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Unsur hara adalah sebuah hal penting yang harus dimiliki tanaman dan paling sedikit ada 16 zat yang mampu membuat pertumbuhan tanaman menjadi sehat. Dari 16 belas unsur yang dibutuhkan tanaman ada 3 unsur yang dihasilkan dari udara dan 13 unsur dihasilkan dari tanah. Masing-masing unsur hara memiliki tugas dan fungsi yang berbeda.

ads

Kalsium adalah salah satu elemen kimia yang berfungsi untuk membentuk bulu yang terdapat dalam akar, membuat batang tanaman jadi kuat dan bisa juga merangsang pembentukan biji. Kalsium juga dapat membuat senyawa pada tanaman menjadi netral dan hal ini sangat baik untuk kesuburan tanah. Kalsium memiliki simbol Ca dan kalsium memiliki nomor atom 20. Ada berbagai fungsi kalsium bagi kesehatan tanah dan semua kegunaannya sangat berdampak baik terhadap kesuburan tanah. Berikut ini adalah fungsi kalsium bagi tanaman:

1. Merangsang pertumbuhan akar

Akar pada tanaman memiliki peranan yang sangat penting, karena sebuah tanaman akan bisa tumbuh dengan baik bila akarnya kuat dan berkualitas bagus. Untuk dapat memiliki tanaman yang sehat harus ada kalsium yang bekerja dengan baik, karena dengan adanya kalsium yang bekerja pertumbuhan akar akan terangsang dan akar menjadi awal dari sebuah jaringan tumbuhan. Kalsium yang dimiliki tanaman bisa membuat pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat dan pertumbuhan tanaman yang sehat akan terlihat dari mulai akar hingga buah. Bulu akar tanaman juga akan membuat tanaman menjadi lebih kokoh dan dengan kalsium bulu akar akan mudah tumbuh.

2. Membantu kualitas buah

Kalsium juga memiliki peranan untuk membantu menghasilkan kualitas buah yang baik dan dengan asupan kalsium yang pas kualitas buah yang dihasilkan juga akan banyak. Salah satu faktor internal pertumbuhan yang mampu membantu pertumbuhan buah adalah kalsium dan kualitas buah yang baik akan berpengaruh pada hasil panen. Buah yang baik akan menyehatkan bagi tubuh dan akan membuat rasanya semakin enak. Indonesia menjadi negara yang mampu menghasilkan berbagai jenis buah seperti buah jeruk dan apel. Kualitas buah yang baik bisa di beli di minimarket atau supermarket dan semua buahnya dijamin lebih higienis.

3. Memperbanyak biji

Dengan penggunaan kalsium yang baik akan membuat tanaman menjadi berbiji banyak dan tanaman berbiji banyak pastinya lebih menguntungkan petani pada saat panen. Namun penggunaan kalsium tidak boleh terlalu banyak, karena bisa membuat tanaman menjadi mati serta layu. Kualitas biji tanaman akan miliki kualitas bagus dan faktor eksternal pertumbuhan juga sangat berpengaruh terhadap kualitas biji. Semakin banyak biji yang dihasilkan, maka semakin besar pula keuntungannya dan salah satu tanaman yang harus mendapatkan biji dengan kualitas baik adalah tanaman padi.

4. Membentuk dinding sel

Dinding sel adalah struktur yang terbentuk pada area luar membran plasma dan membran plasma bisa mencegah sel untuk tumbuh membesar. Dinding sel dimiliki tanaman, alga dan juga jamur. Dinding sel pada tanaman sangat berpengaruh terhadap kekuatan tanaman dan dengan dinding sel kuat tanaman akan terhindar dari berbagai macam masalah seperti rusaknya daun oleh burung. Salah satu cara tumbuhan melindungi diri adalah dengan membentuk dinding sel yang kuat dan ada beberapa komponen yang membentuk dinding sel dan salah satu komponen yang paling banyak adalah organisme. Dinding sel juga bisa melindungi dan menyaring berbagai jenis serangan.

5. Membuat tanah subur

Tanaman yang ditambahkan kalsium tentu sangatlah baik dan jumlah kalsium yang diberikan pada tanaman tidak bolet terlalu banyak, karena bisa membahayakan kesehatan tanaman dan tanaman yang terlal7u banyak kalsium juga akan sangat mudah untuk layu. Banyak tanaman yang cocok untuk lahan basah dan salah satu tanaman yang paling cocok adalah padi. Dengan menggunakan kalsium bukan hanya tanaman saja yang diuntungkan, tapi kondisi tanah juga akan semakin baik dan bisa membuat tanah menjadi subur. Kandungan kalsium pada tanah juga seringkali membuat kondisi tanah menjadi lebih sehat dan terjauh dari berbagai gangguan atau hama.


6. Pembentuk warna klorofil

Dengan kalsium warna klorofil menjadi terbentuk dengan baik dan hal ini membuat tanaman menjadi lebih sehat. Ada beberapa klasifikasi materi mengenai pembentukan warna daun dan kalsium juga membuat kondisi daun menjadi lebih sehat, karena sistem kekebalan daun lebih baik. Ada banyak tanaman yang memiliki warna daun yang kekuning-kuningan dan biasanya warna ini adalah warna daun yang sudah terkena hama atau cenderung mau mati. Dengan kalsium yang baik metabolisme yang ada dalam organ tanaman menjadi baik dan tanaman pun dapat tumbuh sehat. Semakin hijau daun tanaman menandakan semakin sehat kondisi tanamannya.

7. Membantu pembentukan struktur tanah

Dengan adanya kalsium struktur tanah dapat terbentuk dengan baik, karena fungsi tanah sangatlah penting untuk tanaman dan proses penyerapan air oleh tanah dapat berjalan dengan baik, karena keadaan tanah sangatlah baik. Kondisi tanah sangat memiliki pengaruh radiasi matahari terhadap tanaman dan hal ini akan membantu tanah menjadi lebih kuat. Jenis tanah memang sangatlah banyak dan semua tanah memiliki karakter yang berbeda. Semua tanah yang mengandung kalsium cukup akan menjadi tanah yang gambur dan tentunya akan sangat cocok bila ditanami tanaman jenis apapun, hal ini sangat menguntungkan bagi para penanam pohon.

8. Menetralisir zat beracun

Tanah memiliki peranan yang sangat penting saat melakukan penanaman tumbuhan, karena dengan tanah yang baik tumbuhan akan hidup sehat dan sesuai dengan pertumbuhan normal. Dalam tanah seringkali banyak zat beracun yang terkandung dan hal ini harus bisa diatasi agar tumbuhan yang akan ditanam tak akan terganggu. Dengan adanya kalsium yang cukup tanaman akan bisa tumbuh dengan baik, karena kalsium juga berfungsi untuk menetralkan kondisi tanah dari berbagai zat beracun. Dengan adanya zat beracun tentu akan sangat mengganggu pertumbuhan tanaman dan kalsium bisa dengan baik menjadi penetralisir.

Demikian ulasan lengkap mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan fungsi kalsium bagi tanaman dan hal ini dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.