Sponsors Link

9 Fungsi Kalium Pada Tanaman untuk Pertumbuhannya

Sponsors Link

Kalium adalah salah satu unsur yang memiliki peranan sangat penting bagi tanaman dan kalium juga dapat menunjang proses tumbuh kembang suatu tanaman. Ada berbagai manfaat yang bisa dihasilkan oleh kalium dan hal ini akan sangat berdampak positif terhadap kondisi tanaman. Berikut ini adalah beberapa fungsi kalium pada tanaman:

ads

1. Fotosintesis

Tanaman memang harus menjalankan proses fotosintesis, karena proses ini menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi suatu tanaman. Semua klasifikasi materi yang dihasilkan tanaman harus dapat berjalan dengan baik dan proses fotosintesis menjadi proses penentu tumbuh kembang suatu tanaman. Tanaman yang memiliki kandungan kalium akan sangat terbantu saat melakukan proses fotosintesis dan bisa membuat tanaman menjadi tumbuh dengan subur. Fotosintesis memiliki dampak terhadap proses selanjutnya yang dilakukan suatu tanaman dan semakin baik proses fotosintesis dilakukan, maka akan semakin baik pula hasil panen yang dihasilkan.

2. Efisiensi air

Kalium juga memiliki fungsi untuk membuat penggunaan air menjadi lebih efisien dan air tidak akan terlalu banyak digunakan. Air adalah komponen penting yang ada di alam, dengan air sebuah tanaman dapat tumbuh dengan subur dan pada hakikatnya tanaman juga butuh minum. Cairan bagi semua makhluk hidup memang memiliki peranan yang sangat penting, karena dengan cairan tanaman dapat tumbuh dengan baik dan pengaruh radiasi matahari terhadap tanaman dapat diatasi dengan penggunaan air. Air menjadi sumber daya alam yang harus terus di jaga kealamiannya, karena dengan air semua makhluk hidup dapat hidup dengan sehat.

3. Membentuk batang

Salah satu fungsi kalium yang sangat penting adalah membentuk batang tanaman yang kuat dan dengan batang yang kuat tanaman dapat tumbuh dengan baik. Kondisi batang suatu pohon yang rapuh bisa disebabkan karena kurangnya kalium yang didapatkan tanaman dan hal ini bisa diatasi dengan memperbanyak penggunaan kalium. Banyak sekali tanaman yang cocok untuk lahan basah dan salah satu tanaman yang dapat tumbuh subur di lahan yang basah adalah padi. Padi juga tanaman yang menjadi pokok di Indonesia, karena mayoritas masyarakat Indonesia mengkonsumsi beras dan kondisi beras dapat terlihat dari jenis beras yang digunakan saat menanam.

4. Kuatkan akar

Salah satu jaringan tumbuhan yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan tanaman adalah akar dan semakin kuat akan, maka akan semakin kuat pula pertumbuhan tanamannya. Tanaman yang memiliki umur panjang dan selalu menghasilkan buah tiap musimnya menjadi satu pertanda bahwa tanaman itu memiliki kondisi akar yang kuat. Semakin kuat kondisi tanamannya, maka akan semakin bagus pula pertumbuhan tanaman tersebut dan banyak tanaman yang bisa hidup di berbagai kondisi dan hal ini terjadi, karena tanaman tersebut memiliki akar kuat. Dengan kalium kondisi akar tumbuhan akan menjadi kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi.

5. Tahan penyakit

Tanaman padi menjadi salah satu tanaman yang sering terserang hama, hal ini seringkali sebabkan petani menjadi gagal panen dan semakin kuat tanaman terhadp suatu penyakit, maka akan semakin banyak pula hasil yang akan diperoleh. Kalium memiliki fungsi untuk membuat tanaman menjadi kuat terhadap berbagai jenis penyakit dan banyak petani yang malah menggunakan pupuk kimia untuk membasmi penyakit tanaman. Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan sangatlah tidak baik untuk digunakan dan bahan kimia seringkali merusak kondisi tanah. Kini dengan adanya kalium yang diterapkan di tanaman, maka kondisi tanamanpun akan menjadi kuat dan tahan penyakit.

6. Tingkatkan kualitas buah

Dengan menggunakan kalium kualitas buah suatu tanaman akan menjaadi lebih baik dan para petani lebih banyak mendapatkan untung. Semua faktor internal pertumbuhan yang dimiliki buah akan bekerja dengan sangat baik dan pertumbuhan buah akan sangat cepat. Buah yang baik tentu sangat menguntungkan bagi para petani, karena keuntungan secara finansial akan diperoleh. Kualitas buah yang dihasilkan menjadikan harga jual buah menjadi tinggi dan warna buah yang memiliki kualitas bagus tentu sangat menggoda selera. Tak hanya itu kualitas buah yang bagus juga sering dijadikan sebagai buah untuk pasokan ke berbagai super market dan mini market.


7. Kuatkan batang

Pada struktur tanaman batang memiliki fungsi yang cukup penting, karena dengan batang yang kuat tanaman akan bisa menghasilkan buah yang baik dan kalium mampu membuat struktur tanaman menjadi lebih kuat, tak hanya itu faktor eksternal pertumbuhan juga berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman tersebut. Tanaman harus memiliki batang yang kuat, karena batang memiliki pengaruh terhadap buah yang dihasilkan dan ada banyak jenis batang yang dimiliki tanaman. Struktur batang memang seringkali dianggap sebagai salahsatu hal yang kurang berperan, padahal secara struktur tumbuhan batang memiliki peranan yang penting.

8. Membentuk protein

Tanaman sangat membutuhkan asupan protein dan dengan asupan protein tanaman akan mengalami pertumbuhan yang baik. Salah satu faktor pertumbuhan tanaman secara cepat adalah protein, karena dengan protein tanaman dapat tumbuh dengan sangat cepat. Tak hanya itu dengan protein struktur tanaman menjadi lebih kuat dan memiliki ketahanan terhadap berbagai macam hama. Hama menjadi sebuah hal yang mengancam tanaman dan seringkali adanya hama membuat tanaman menjadi mati. Salah satu penghilangan hama yang banyak digunakan adalah dengan pupuk kimia, namun penggunaan pupuk kimia memiliki efek samping bagi kondisi tanah.

9. Percepat pertumbuhan tanaman

Penggunaan kalium dalam tanaman terbukti mampu membuat tanaman menjadi lebih cepat pertumbuhannya. Semua tanaman yang tumbuh dengan cepat tentu akan lebih cepat menghasilkan dan ada banyak upaya yang bisa dilakukan untuk membuat tanaman cepat tumbuh seperti penggunaan bahan kimia. Namun penggunaan bahan kimia memiliki dampak pada kerusakan tanah dan seringkali merusak ekosistem yang ada. dengan adanya kalium para petani tak perlu lagi menggunakan pupuk kimia, karena kalium memiliki kemampuan untuk mempercepat proses tumbuh suatu tanaman dan banyak tanaman yang bisa menghasilkan buah dalam jumlah yang berlimpah.

Demikian ulasan lengkap mengenai fungsi kalium pada tanaman dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.