Sponsors Link

9 Fungsi Ginjal Bagi Manusia

Sponsors Link

Setiap organ yang berada di dalam tubuh manusia memiliki fungsinya masing-masing. Tidak heran apabila terjadi kerusakan pada salah satu organ, tentu saja peran dan fungsinya tidak dapat digantikan oleh organ yang masih sehat.

Salah satu organ tubuh yang memiliki peran yang amat penting dan termasuk organ vital adalah ginjal. Ginjal berada di bawah tulang rusuk bagian belakang, dekat dengan bagian tengah punggung di kedua sisi tulang belakang.

Manusia memiliki dua buah ginjal yakni kanan dan kiri artinya ginjal adalah organ yang sepasang. Besarnya sekitar 10-13 cm atau sebesar kepalan tangan. Meskipun kecil, di masing-masing ginjal terdapat sekitar satu juta nefron yakni semacam penyaring khusus darah yang berukuran amat kecil.

Ukuran kecil bukan berarti tidak berguna. Justru peran ginjal sangatlah penting bagi tubuh manusia karena dapat menyaring darah sekitar 200 liter per hari. Lalu apa saja fungsi ginjal pada manusia?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari disimak penjelasannya di bawah ini!

1. Menyaring Darah

Dapat dikatakan fungsi utama ginjal adalah sebagai alat penyaring darah pada tubuh. Perlu diketahui darah mengandung berbagai senyawa dan zat yang berasal dari makanan ataupun minuman yang dikonsumsi.

Sebelum diedarkan ke seluruh tubuh, darah harus disaring terlebih dahulu pada ginjal. Di ginjal, senyawa dan zat yang berbahaya bagi tubuh akan tersaring dan selanjutnya dibuang melalui urin.

2. Pembentuk Urin

Urin pada manusia berasal dari ginjal. Urin sendiri merupakan hasil dari metabolisme tubuh yang mengandung air, urea, amonia, garam berlebih serta senyawa dan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Tanpa adanya ginjal, semua hasil metabolisme atau limbah tubuh tersebut dapat menjadi racun apabila menumpuk di dalam darah. Jika tidak segera dibuang akan menimbulkan gangguan kesehatan pada tubuh.

3. Menjaga Jumlah Air Dalam Tubuh

Anjuran untuk minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari memang tidak boleh diabaikan. Namun banyak orang berpikir jika semakin banyak mengkonsumsi air putih maka semakin baik tubuh seseorang.

Anggapan tersebut tidaklah benar, sebab jumlah air yang terlalu banyak dalam tubuh dapat mempengaruhi konsentrasi darah.

Tubuh manusia memiliki metabolisme tersendiri dalam mengatur cairan tubuh. Jika tubuh kelebihan cairan, maka ginjal akan bekerja untuk membuang cairan tubuh melalui urin.

Dan sebaliknya apabila tubuh kekurangan cairan, maka ginjal akan menahan air untuk menghindari tubuh mengalami dehidrasi.

4. Mengatur Sel Darah Merah Dalam Tubuh

Ginjal juga berfungsi dalam mengatur sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Salah satu fungsi dari sel darah merah adalah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga apabila tubuh tidak memperoleh oksigen yang cukup, maka ginjal akan mengeluarkan hormon eritropoietin.

Hormon ini berfungsi merangsang produksi sel darah merah agar semakin bertambah dalam tubuh sehingga oksigen dapat diedarkan ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal.

Namun apabila sel darah merah ataupun kadar oksigen dalam batas normal, maka ginjal akan menghentikan produksi hormon eritropoietin.

5. Mendaur Ulang Zat Dalam Tubuh

Tidak hanya berfungsi membuang zat dan senyawa yang tidak digunakan oleh tubuh saja. Ternyata ginjal juga dapat mendaur ulang zat-zat yang dianggap penting bagi tubuh seperti asam amino, glukosa, dan garam.

Zat-zat yang masih dibutuhkan ini akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah. Namun apabila zat-zat tersebut sudah tidak diperlukan lagi, maka akan dibuang dari tubuh melalui urin.

6. Mengatur Keseimbangan pH Darah

Ginjal juga memiliki fungsi sebagai pengatur keseimbangan asam basa atau pH darah agar selalu dalam kondisi normal. pH darah normal berada pada angka 7,38-7,45.

Jika kadar pH darah terlalu asam ataupun basa, maka proses metabolisme tubuh akan terganggu. Oleh karena itu, ginjal harus mempertahankan pH darah agar metabolisme sel-sel tubuh dapat berjalan dengan baik.

7. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah pada tubuh juga diatur oleh ginjal. Hal ini berhubungan dengan hormon renin yang hanya diproduksi ginjal guna mengatur tekanan darah serta garam di dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, ginjal juga membutuhkan tekanan serta aliran darah yang stabil agar dapat menyaring darah.

8. Mengatur Kalium Di Dalam Darah

Kalium yang merupakan salah satu dari zat elektrolit sangat dibutuhkan tubuh untuk memberikan perlindungan dari berbagai penyakit.

Akan tetapi jika jumlah kalium dalam tubuh terlalu tinggi, maka akan mengalami hiperkalemia yang menyebabkan kerja otot jantung menjadi lambat dan jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian.

Namun kalium yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan otot tubuh menjadi lemah sehingga mudah mengalami kelelahan. Untuk itu ginjal mempunyai tugas untuk menjaga kadar kalium dalam darah agar berada pada kondisi normal.

9. Memproduksi Vitamin D Aktif

Secara tidak langsung kesehatan tulang sangat dipengaruhi oleh fungsi ginjal. Hal ini disebabkan karena ginjal menghasilkan vitamin D. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin D sangat berguna dalam menjaga kesehatan tulang serta keseimbangan zat kimia tubuh.

Tidak hanya itu saja, dalam menjaga tulang ginjal menghasilkan calcitriol yakni zat yang berperan dalam menjaga jumlah fosfat dan kalsium agar tulang semakin kuat.

Itulah tadi beberapa fungsi ginjal pada manusia. Oleh karena itu agar ginjal dapat berfungsi dengan baik maka diharuskan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman rendah garam, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, olah raga rutin, serta tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Biologi