Sponsors Link

Penjelasan Fungsi Epiglotis dan Gangguannya

Sponsors Link

Jika kita berbicara mengenai anatomi tubuh manusia maka kita akan menemukan banyak sekali bagian yang bisa dikatakan cukup rumit. kerumitan tersebut dikarenakan kita tak bisa mendirikan setiap bagian dan setiap jaringan dari tubuh manusia itu berdiri sendiri. Setiap bagian dai organ dan jaringan yang ada dalam tubuh manusia selalu berhubungan dan saling mempengaruhi.

ads

Itulah alasan kenapa terkadang ketika kita mengalami kerusakan pada salah satu bagian tubuh, maka akan dapat menjalar atau mempengaruhi bagian tubuh lain. Pada dasarnya setiap organ dan jaringan yang ada dalam tubuh manusia tersebut mengemban tugas yang sama. Hal tersebut untuk memenuhi tujuan adaptasi manusia yang berfungsi untuk mempermudah kehidupan manusia itu sendiri.

Jika kita membicarakan mengenai sistem organ pada manusia maka kita dapat menemukan berbagai macam organ vital. Pada dasarnya sistem organ merupakan kumpulan-kumpulan dari berbagai macam organ yang memiliki fungsi sama dan saling berkaitan. Pada tubuh manusia sendiri terdapat berbagai macam sistem organ yang bisa kita ketahui seperti organ pencernaan, organ pernapasan, serta organ reproduksi. Ketika sistem organ tersebut merupakan sebuah hal yang sangat penting.

Kali ini ini kita akan membahas mengenai salah satu bagian dari sistem organ tersebut. Kita akan membahas mengenai salah satu bagian dari sistem organ pernapasan yang ada. Pembahasan mengenai fungsi epiglotis yang merupakan salah satu bagian penting dari tubuh manusia. terdapat beberapa fungsi yang bisa dikatakan sangat penting. Beberapa hal tersebut adalah,

FUNGSI

epiglotisSebelum kita membicarakan mengenai fungsi epiglotis, maka lebih baik kita mengenal terlebih dahulu mengenai epiglotis itu sendiri. Pada dasarnya epiglotis merupakan sebuah kumpulan tulang rawan yang letaknya tepat berada di belakang lidah dan menutupi laring atau kota suara. Bisa dikatakan bahwa keberadaan dari epiglotis ini sendiri juga berhubungan erat dengan fungsi laring itu sendiri.

Susunan atau bentuk epiglotis sendiri adalah seperti daun yang menghadap ke atas. Hal ini bertujuan untuk memudahkan agar udara dapat masuk dan menuju saluran selanjutnya. Sedangkan dalam beberapa kondisi tertentu epiglotis ini juga menutup dan membuka secara otomatis.

Fungsi epiglotis yang paling utama adalah menjaga kemungkinan masuknya makanan kedalam saluran yang salah. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pada bagian tenggorokan kita terdapat dua buah saluran yang saling berdekatan. Saluran pertama yang sering kita sebut sebagai trakea yang merupakan saluran pernapasan.

Sedangkan saluran kedua sering kita sebut sebagai faring, atau kerongkongan yang merupakan saluran pernecernaan. Fungsi epiglotis  adalah menjaga agar tidak muncul gangguan antar kedua saluran ini. Karena itulah maka letak epiglotis berada  sebelum laring yang merupakan ujung dari kedua saluran tersebut.

epiglotisKinerja yang dimiliki oleh epiglotis bisa dikatakan cukup sederhana namun juga bisa dikatakan cukup rumit. sebagai salah satu bagian dari jaringan penyusun tubuh manusia maka epiglotis juga di dukung oleh adanya struktur otot khusus. Otot ini biasa disebut sebagai otot ektrinsik yang juga berfungsi pada bagian lidah. Otot inilah yang mengatur pelipatan atau penutupan epiglotis ketika kita menelan makan. Ketika terjadi proses menelan makanan maka otak akan menghentikan sementara pusat pernapasan.

Ketika pusat pernapasan ini berhenti maka uvula atau anak tekak akan terangkat. Uvula yang terangkat tersebut bertujuan untuk mengarahkan makanan agar tidak memasuki saluran pernapasan. ketika uvula terangkat maka epiglotis akan tertutup menutupi glotis. Ketika epiglotis ini tertutup maka makanan yang tertelan tak akan dapat masuk kedalam saluran pernapasan.

Namun, proses tersebut akan dapat terganggu oleh beberapa kondisi khusus. Salah satunya adalah ketika kita melakukan pembicaraan sembari menelan makanan. Hal tersebut akan memiliki kemungkinan yang cukup berbahaya. Akan terdapat makanan yang kemungkinan masuk kedalam saluran pernapasan. Hal ini merupakan salah satu kejadian yang sering disebut sebagai tersedak. Maka pada beberapa kejadian terkadang saat kita tersedak, beberapa makanan akan keluar dari lubang hidung. Atau lubang hidung akan terasa menjadi lebih panas dan perih.

GANGGUAN

Epiglotis adalah salah satu bagian dari tubuh manusia yang bisa dikatakan cukup rawan dan sensitif. Bukan sebuah hal yang tak mungkin jika terjadi kerusakan atau gangguan pada epiglotis. Gangguan yang terjadi pada saluran epiglotis ini sendiri kebanyakan merupakan sebuah peradangan. Sebagai salah satu gangguan pada sistem pernapasan, peradangan pada bagian epiglotis adalah hal yang serius. Hal ini dikarenakan penyakit dan kondisi laring  yang seperti itu dapat mengurangi pasokan udara kedalam paru-paru. Penyakit pada epiglotis ini sendiri sering disebut sebagai penyakit epiglotitis. Penyebab dari penyakit ini dapat dikarenakan infeksi bakteri maupun karena cidera pada bagian tenggorokan.

Itulah tadi penjelasan mengenai fungsi epiglotis dan sedikit penjabaran mengenai gangguan yang bisa terjadi.  Sebagai salah satu bagian dar tubuh manusia yang cukup penting, maka sudah sangat sewajarnya jika penjagaan pada kondisi epiglotis sangat diperhatikan dengan baik. Karena kerusakan yang terjadi dapat menimbulkan dampak yang cukup besar. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Biologi
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.