Sponsors Link

6 Fungsi Cairan Empedu Bagi Pencernaan Manusia

Sponsors Link

Tubuh manusia merupakan sebuah sistem yang bisa dikatakan sangat kompleks dan rumit. Ada banyak sekali jaringan penyusun tubuh manusia dan organ-organ pada tubuh manusia yang saling berkaitan satu sama lain. Namun, jika hanya diperhatikan secara sekilas pada anatomi tubuh manusia sendiri, mungkin dapat kita katakan bahwa setiap bagian memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing.

Akan tetapi, jika kita perhatikan secara lebih mendetail lagi setiap bagian akan saling mempengaruhi satu sama lain. Kondisi tersebut merupakan sebuah hal yang sangat umum dan pasti akan kita temukan. Bahkan tak sedikit terdapat beberapa jaringan manusia yang bahkan masih belum di ketahui secara pasti mengenai fungsi dan kegunaanya.

Perkembangan dari organ dan jaringan dari tubuh manusia sendiri merupakan salah satu bentuk dari jenis adaptasi. ada banyak jenis adaptasi yang bisa kita temukan, bisa merupakan adaptasi morfologi maupun adaptasi fisiologi.

Kedua jenis adaptasi tersebut pada dasarnya hanya untuk memfasilitasi dan mempermudah hidup manusia itu sendiri. Fungsi dan kegunaan dari setiap organ itu sendiri dapat dikatakan memiliki pengaruh yang langsung dirasakan secara langsung maupun tak langsung oleh manusia itu sendiri.

Apa yang kita bahas kali ini adalah salah satu dari beberapa organ dan jaringan yang sangat penting keberadaannya bagi manusia itu sendiri. Pembahasan kali ini akan berkisar mengenai fungsi cairan empedu bagi tubuh manusia itu sendiri. Ada beberapa hal yang harus kita ketahui dan kita pahami dulu mengenai empedu dan cairan empedu itu sendiri, seperti

PENGERTIAN

Ketika kita membahas mengenai fungsi cairan empedu bagi tubuh manusia, maka kita tak akan bisa terlepas sepenuhnya dari pengertian empedu itu sendiri. Sebelum berjalan lebih jauh alangkah baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai empedu itu sendiri. Ada banyak yang mungkin salah dalam memahami artian dari empedu itu sendiri. beberapa orang mungkin akan memahami empedu sebagai salah satu bagian dari sistem organ manusia.

Pemahaman tersebut bukanlah sebuah hal yang salah dan keliru namun, bisa dikatakan kurang tepat. Karena pada dasarnya empedu sendiri merupakan sebuah cairan yang bersifat basa yang memiliki fungsi penting dalam sistem pencernaan. Empedu sendiri merupakan cairan yang di sekresikan oleh hati.

Cairan empedu sendiri tidak hanya dapat dihasilkan oleh manusia saja. Pada dasarnya setiap hewan vertebrata dapat bisa memproduksi carian empedu mereka sendiri. Secara garis besar cairan empedu ini berwarna hijau dengan sedikit warna kuning. Empedu sendiri merupakan sebuah cairan yang tersusun dari pigmen bilirubin, biliverdin, dan urobilin. Ketiga jenis pigmen tersebut merupakan penyusun dari cairan empedu yang cukup besar.

Empedu atau cairan empedu ini sendiri ketika di sekresi oleh hati tidak langsung menyebar ke tubuh. Meskipun ada beberapa jenis makhluk hidup yang secara langsung menyebarkan sekresi cairan empedu mereka. Namun, pada manusia cairan empedu ini di tampung dalam sebuah wadah yang disebut sebagai kantung empedu atau kandung empedu yang dalam bahasa inggris disebut juga sebagai gallbladder. Kantung empedu inilah yang kemudian menjadi salah satu dari beberapa organ pencernaan manusia yang memiliki fungsi sangat penting.

FUNGSI

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa setiap organ dan jaringan yang ada di dalam tubuh manusia memiliki fungsi dan tugas mereka masing-masing. Begitu juga dengan cairan empedu, meskipun hanya berupa cairan saja, namun fungsi yang dimilikinya sangat penting. Ada beberapa fungsi cairan empedu yang bisa kita ketahui, seperti

  1. Memecah Lemak

Cairan empedu adalah salah satu bagian dari organ pencernaan yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan cairan empedu memiliki tugas untuk memecah lemak menjadi emulsi.

  1. Membantu gerak peristaltik

Gerak peristaltik adalah gerakan makanan yang masuk kedalam organ pencernaan. Cairan empedu sendiri akan membantu gerak peristaltik makanan yang masuk kedalam usus besar manusia.

  1. Menetralkan asam lambung

Asam lambung merupakan salah satu cairan asam yang pada dasarnya cukup berbahaya jika keluar dari bagian lambung. Makanan yang dicerna oleh manusia, akan memasuki lambung terlebih dahulu sebelum masuk kedalam usus. Makanan yang mengalami kontak dengan asam lambung, akan langsung dinetralkan oleh cairan empedu ketika masuk kedalam usus manusia.

  1. Menghentikan penyerapan protein

Dalam tubuh manusia terdapat beberapa lokasi yang digunakan untuk menyerap protein dari makanan. Kedua lokasi tersebut adalah lambung dan usus, meskipun kedua lokasi tersebut sama-sama mampu menyerap protein. Namun, proses yang dilakukan keduan sangat berbeda. Daalam hal ini, cairan empedu akan memaksa berhenti proses penyerapan protein oleh peptin ketika makanan tersebut keluarb dari lambung dan masuk kedalam usus.

  1. Membantu mencerna kolesterol

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dalam setiap makanan terdapat kandungan kolesterol. Apabila kandungan kolesterol yang masuk kedalam tubuh berlebih maka akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Salah satu fungsi cairan empedu yang cukup penting adalah, berguna untuk mencerna kolesterol jahat dari dalam tubuh manusia.

  1. Menetralkan usus dari racun

Salah satu fungsi lain yang cukup penting dari cairan empedu adalah kemampuannya untuk menetralisir racun yang masuk kedalam usus. Kemampuan ini setidaknya dapat melindungi usus dari kemungkinan masuknya racun yang berbahaya bagi kondisi usus itu sendiri.

Itulah tadi beberapa fungsi cairan empedu yang dapat kalian temukan. Fungsi yang disebutkan di atas merupakan fungsi penting yang menjadi bagian dari cairan empedu itu sendiri. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencernaan