Sponsors Link

5 Fungsi Bulu Hidung pada Manusia

Sponsors Link

Tubuh manusia merupakan hal yang sangat rumit dan kompleks. Bisa dikatakan setiap bagian dari tubuh manusia memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Setiap bagian tersebut terkadang saling berhubungan dengan fungsi lain.

ads

Ketika sebuah bagian mengalami kerusakan maka tak mengherankan jika terkadang muncul gangguan pada bagian lain. Banyak sekali bagian tubuh manusia yang terkadang terlihat sepele namun, ternyata memiliki fungsi yang cukup penting. Tubuh manusia ini memang tersusun dari berbagai jaringan. Setiap jaringan penyusun tubuh manusia ini saling mempengaruhi satu sama lain. Maka tak mengherankan jika banyak yang mengatakan bahwa jaringan dalam tubuh manusia ini seperti sebuah pabrik yang besar dan rumit.

Hubungan antar jaringan yang menyusun tubuh manusia ini kemudian disebut sebagai sistem organ manusia. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa organ adalah kumpulan dari sebuah jaringan yang memiliki fungsi sama. Dalam tubuh manusia sendiri ada banyak sekali sistem organ yang bisa kita jumpai dan fungsinya sangat penting. Kita mengenal beberapa organ pencernaan, kemudian ada juga beberapa organ-organ pernapasan serta organ reproduksi. Setiap bagian organ tersebut merupakan kumpulan dari jaringan yang bekerja bersama.

Kali ini kita akan membahas mengenai sebuah bagian dari organ pernapasan yang terlihat sepele, namun memiliki fungsi yang cukup penting. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi bulu hidung. Sebenarnya bulu hidung pun Memiliki beberapa fungsi yang bisa dikatakan cukup penting peranannya bagi organ pernapasan. Beberapa fungsi tersebut antara lain seperti

Bulu hidung merupakan sebuah bagian yang sering terlupa dan dianggap sepele oleh setiap orang. Bulu hidung terkadang di anggap sebuah hal yang mengganggu bagi beberapa orang. Namun, sebenarnya ada beberapa fungsi atau kegunaan dari bulu hidung yang sangat penting.

1. Menjaga Kesehatan

Fungsi bulu hidung yang pertama adalah kegunaannya dalam menjaga kesehatan tubuh kita, terutama dalam hal ini dalam bidang pernapasan. Ada beberapa jenis gangguan pada sistem pernapasan yang kita ketahui. Beberapa dari gangguan tersebut terkadang berasal dari luar tubuh manusia itu sendiri. pencegahan dan penjagaan masuknya benda asing dari luar tubuh inilah yang dilakukan oleh bulu hidung.

Ketika kita bernafas maka otomatis udara yang masuk kedalam rongga hidung akan disertai dengan berbagai macam jenis kotoran. Apalagi jika kita hidup di daerah yang memiliki tingkat polusi yang tinggi. Bulu hidung disini akan menyaring setiap kotoran yang masuk kedalam rongga hidung bersama udara yang kita hirup. Dengan hal ini maka kotoran-kotoran tersebut akan tertahan dan tidak dapat masuk lebih jauh. Kotoran yang tersaring ini kemudian akan tertempel di bulu hidung, karena terikat dengan lendir.

2. Sebagai pelindung

Bulu hidung merupakan sebuah sarana utama yang digunakan untuk melekatnya lendir-lendir di dalam rongga hidung. Bulu hidung yang terikat bersama lendir inilah yang menjadi pelindung paling depan dari sistem pernapasan manusia. Fungsinya yang utama adalah sebagai penyaring dari berbagai kotoran yang masuk kedalam rongga hidung bersama udara. Ketika bulu hidung ini mengalami kerusakan maka akan sangat berpengaruh dalam usaha untuk melindungi dan menyaring udara yang masuk kedalam tubuh manusia. Maka akan sangat disarankan untuk tidak mencabut bulu hidung secara sembarangan.

3. Pelindung epidermis

Selain berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk kedalam tubuh manusia. Fungsi bulu hidung yang lain adalah untuk melindungi lapisan epidermis yang ada di dalam hidung. Bulu hidung bersama jaringan lendir yang ada akan mencegah radiasi matahari yang berlebihan kedalam rongga hidung.

Selain itu bulu hidung juga akan melindungi dari goresan atau luka-luka kecil pada bagian dalam rongga hidung. Kulit rongga bagian hidung bisa dikatakan merupakan salah satu kulit yang cukup sensitif dan sangat dimungkinkan timbulnya infeksi. Apalagi sebagai mana yang kita tahu, bahwa rongga hidung selalu bersinggungan dengan berbagai macam jenis polutan yang berasal dari luar tubuh. Jika tak dilindungi dengan baik, maka bisa timbul luka yang mungkin bisa berbahaya.

4. Membantu penguapan

Satu lagi fungsi bulu hidung yang bisa kita ketahui adalah membantu proses penguapan dan pelepasan panas tubuh. Sebenarnya keberadaan dari bulu hidung itu sendiri merupakan salah satu cara untuk menambah luas lapisan kulit di dalam hidung. Ketika semakin luas maka akan semakin mudah dalam proses pelepasan panas dan keringat yang berlebih dari dalam tubuh kita.

5. Sebagai Pengenal lingkungan

Satu hal yang harus kita perhatikan dari keberadaan dari bulu hidung adalah keberadaan jaringan sistem saraf pada manusia. Keberadaan sistem saraf ini menjadikan bulu hidung sebagai salah satu alat untuk mengetahui kondisi lingkungan sekitar. Maka dari itu kita sebenarnya dilarang untuk mencabut bulu hidung secara sembarangan. Hal tersebut dapat memicu luka dan memungkinkan untuk timbulnya efek negatif pada sistem saraf kita.

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai fungsi bulu hidung yang dapat kita ketahui. Meskipun terlihat sederhana namun sebenarnya bulu hidung memiliki fungsi dan kegunaan yang bisa dikatakan cukup besar. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Biologi
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.