Sponsors Link

6 Fungsi Aspartam Pada Makanan dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Aspartam adalah salah satu pemanis buatan yang terdiri dari gabungan 2 asam amino yaitu asam aspartat dan fenilalanin. Aspartam biasanya digunakan untuk menggantikan gula pada makanan dan minuman. Jumlah kalori aspartam sama dengan gula pasir biasa, namun aspartam memiliki rasa manis yang sangat mencolok dan penggunaan aspartam pada makanan harus dilakukan dengan sangat hati-hati, karena penggunaan yang berlebihan sangat beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit. Semakin sedikit penggunaan aspartam pada makanan, maka akan semakin sedikit pula jumlah kalori yang masuk dalam tubuh.

ads

Aspartam juga dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh dan penggunaan aspartam sangat aman untuk kesehatan serta aman bagi anak-anak. BPOM juga mengizinkan penggunaan aspartam untuk pemanis makanan dan minuman. Namun perlu ada pembatasan dalam pemggunaan aspartam perharinya dan penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan efek buruk buat kesehatan. Aspartam yang banyak juga dapat membuat seseorang keracunan metanol dan bisa menimbulkan gejala sakit kepala yang berlebihan.

Fungsi Aspartam Pada Makanan

1. Pengganti gula pasir

Diabetes adalah salah satu penyakit yang dihasilkan dari berbagai gaya hidup seperti terlalu sering mengkonsumsi gula, terlalu banyak merokok, jarang keluar keringat, malas olahraga dan berbagai kondisi lainnya. Seseorang yang terkena diabetes harus mengurangi asupan gula dan harus menghindarkan makanan yang mengandung banyak gula. Gula yang banyak digunakan pada makanan dan minuman bisa diganti dengan menggunakan aspartam dan dengan aspartam sistem organ manusia akan berjal dengan baik, tanpa adanya sebuah efek samping.

2. Energi yang rendah

Aspartam memiliki kandungan energi yang tidak terlalu banyak dan hal ini sangat menguntungkan bagi penggunanya. Dengan energi yang rendah, aspartam tidak akan memiliki efek samping yang berlebihan bagi kesehatan manusia dan berdasarkan langkah-langkah penelitian yang jelas, aspartam terbukti lebih baik dibandingkan dengan gula pasir. Aspartam bukan sebuah penambah energi yang memiliki efek negatif buat kesehatan dan aspartam sangat mudah untuk didapatkan. Selain memiliki legalitas yang jelas, aspartam juga harganya sangat murah meriah.

3. Rasa manis seperti gula

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki makanan dengan rasa yang manis dan banyak masyarakat Indonesia yang menyukai makanan manis. Tak hanya makanan Indonesia juga memiliki minuman dengan rasa yang manis seperti kopi, teh manis, jus dan minuman manis lainnya. Berdasarkan berbagai jenis metode penelitian yang diterapkan BPOM dan dengan bantuan teknologi yang semakin canggih. Penggunaan aspartam diizinkan oleh BPOM sebagai salah satu pengganti gula pasir atau gula merah yang banyak terkandung dalam makanan atau minuman.

4. Sehat bagi gigi

Gigi adalah salah satu alat mengunyah yang memiliki peranan sangat penting dan gigi seringkali membuat seseorang menjadi nyaman untuk mengkonsumsi makanan. Gigi mengunyah makanan yang akan dikonsumsi dan kondisi gigi seringkali menjadi rusak, bila makanannya mengandung banyak bakteri. Aspartam menjadi pengganti gula yang sangat sehat bagi kondisi gigi dan tubuh manusia juga memiliki kebutuhan asupan makanan manis. Tak hanya itu, dengan aspartam kondisi organ-organ pencernaan manusia juga dapat terjaga dengan baik dan keadaan gigi akan terawat, terjauh dari berbagai bakteri yang bisa saja menyerang.

5. Menguatkan cita rasa

Aspartam menjadi campuran makanan yang bisa menguatkan cita rasa suatu makanan dan minuman. Manusia memang sangat menyukai minuman manis, karena dengan minuman manis rasa segar akan sangat terasa dan organ-organ pernapasan akan bisa bekerja dengan baik, apabila ada asupan minuman manis yang masuk ke tubuh. Rasa manis pada makanan juga banyak disukai oleh semua kalangan dan penggunaan gula yang berlebihan sangatlah tidak baik. Aspartam menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menggantikan peran gula pasir ataupun gula merah dan aspartam memiliki rasa manis yang lebih kuat dibandingkan dengan gula biasa.

6. Membuat makanan lezat

Aspartam juga memiliki fungsi untuk membuat makanan lezat dan penggunaan aspartam tidak perlu banyak, karena memiliki rasa manis yang tinggi. Jadi dari segi pemakaian aspartam lebih irit dibandingkan dengan gula biasa dan aspartam juga tak akan menimbulkan diabetes seperti gula pasir biasa. Makanan pun akan semakin lezat dengan menggunakan aspartam dan kini penggunaannya digunakan oleh restoran-restoran di Indonesia. Dengan rasa makanan yang manis, maka cita rasa makanan di mulut akan semakin nikmat dan ada banyak makanan manis yang bisa ditemukan di pinggir jalan seperti colenak, kue balok serta kue-kue yang lainnya.


Efek Samping Penggunaan Aspartam Berlebihan

1. Merusak tubuh perlahan

Saat aspartam dikonsumsi secara berlebihan, ternyata dapat menimbulkan sebuah efek samping yang membahayakan kesehatan dan berbagai jenis pernapasan dapat terganggu dengan penggunaan aspartam yang terlalu banyak. Aspartam yang memiliki rasa manis tinggi sebaiknya digunakan setengah pemakaian gula biasa dan saat gula biasa 1 sendok, berarti takaran aspartam adalah 1/2 sendok. Tubuh manusia memang membutuhkan asupan gula, namun porsi gula harus disesuaikan pemakaiannya dan terlalu banyak aspartam juga bisa membuat tubuh menjadi rapuh secara perlahan.

2. Membuat otot lemah

Aspartam yang digunakan berlebihan akan membuat otot mata dan otot lengan menjadi lemah. Hal ini harus dicegah dengan cara pemakaian aspartam yang baik dan gunakanlah aspartam secukupnya. Jangan sampai aspartam dikonsumsi anak-anak secara berlebihan dan jauhkan aspartam dari anak-anak, karena anak tak akan mengetahui aspartam yang baik. Memiliki otot yang lemah menjadi sebuah hal yang tidak diinginkan semua orang dan banyak peneliti yang menyebutkan, bahwa salah satu penyebabnya adalah penggunaan aspartam pada makanan yang berlebihan.

3. Menurunkan daya ingat

Aspartam juga teridentifikasi dapat menimbulkan penurunan daya ingat dan salah satu cara mencegah hal adalah dengan menggunakan aspartam sesuai ketentuan pemakaian. Sebaiknya yang memiliki kebiasaan lupa atau pelupa jangan terlalu banyak konsumsi aspartam dan perbanyaklah meminum air putih, agar tidak terkena berbagai penyakit lain. Pelupa memang bisa dijadikan sebagai penyakit atau disebabkan kurangnya konsentrasi dan dengan mengkonsumsi aspartam sesuai aturan, akan membuat konsentrasi tetap terjaga dengan baik.

Itulah ulasan lengkap mengenai fungsi aspartam pada makanan dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kimia