Sponsors Link

7 Contoh Tanaman Kultur Jaringan

Sponsors Link

Dunia tumbuhan adalah salah dunia yang bisa dikatakan sangat beragam dan bermacam-macam. Bahkan bisa dikatakan ada banyak sekali jenis tumbuhan yang hidup dan berkembang di dunia. Tak sedikit pula tanaman yang masih belum diketahui nama, dan bahkan belum diketemukan secara pasti. Hal ini seperti membuktikan bahwa, dunia tumbuhan adalah sebuah dunia yang sangat luas dengan berbagai macam jenis yang berbeda-beda.

ads

Setiap jenis tumbuhan memiliki karakteristik dan ciri hidup yang berbeda. Begitu juga dengan cara mereka berkembang biak serta mendapatkan makanan. Selain itu setiap tumbuhan yang ada juga memiliki tempat hidupnya masing-masing. Lokasi lingkungan tumbuh dari suatu tumbuhan akan mempengaruhi siklus hidup dari tumbuhan itu sendiri.

Tumbuhan yang terdiri dari berbagai macam jenis pohon, baik yang berukuran besar hingga perdu-perdu memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan. Namun, salah satu hal yang cukup dari sebuah tumbuhan adalah cara berkembang biak dari tumbuhan tersebut.

Jika membahas mengenai cara berkembang biak, maka akan berhubungan dengan metode dan cara penyebaran dari tumbuhan itu sendiri. Selama ini kita mengenai perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dan juga perkembang biakan generatif pada tumbuhan. Dua cara tersebut merupakan cara yang sangat umum ditemukan pada proses perkembangbiakan dari suatu tumbuhan.

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu cara perkembangbiakan vegetatif yang ada pada tumbuhan. Proses ini disebut sebagai proses perkembangbiakan melalui kultur jaringan. Ada beberapa contoh tanaman kultur jaringan yang bisa kita temukan seperti

KULTUR JARINGAN

Sebelum kita mengenal lebih jauh mengenai contoh tanaman kultur jaringan, maka sebaiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan kultur jaringan itu sendiri. Metode yang satu ini adalah bagian dari perkembangbiakan vegetatif buatan yang dilakukan oleh manusia. Kultur jaringan itu sendiri lebih sering menggunakan jaringan tumbuhan yang masih banyak memiliki beberapa jenis hormon tumbuhan. Secara garis besar terdapat dua macam jenis jaringan yang sering digunakan untuk melakukan proses kultur jaringan. Jaringan yang pertama adalah jaringan meristematik atau jaringan yang masih sangat aktif melakukan pembelahan, biasanya jaringan ini banyak kita temukan pada daerah tunas apikal, tunas aksiler, bagian tepi daun, ujung akar, maupun kambium batang. Sedangkan, jaringan kedua adalah jaringan perenkima. Jaringan tersebut adalah jaringan yang menyusun tumbuhan muda, dan sudah terdiferensiasi. Jaringan parenkima ini biasa kita temukan pada jaringan daun yang sudah berfotosintesis dan jaringan batang atau akar yang berfungsi sebagai tempat cadangan makanan,

Metode kutur jaringan ini menggunakan media tanam aseptik, atau media tanam yang terhindar dari segala jenis bakteri. Hal tersebut bertujuan agar jaringan yang telah dipilih untuk di kultur tersebut tidak mengalami pembusukan dalam prosesnya. Jika berbicara mengenai contoh tanaman kultur jaringan maka ada beberapa jenis tanaman yang sering melalui proses ini, seperti

  1. Anggrek

Bunga anggrek merupakan salah satu jenis tanaman yang sering menggunakan metode kultur jaringan untuk perkembangbiakannya. Hal ini dikarenakan tanaman anggrek merupakan salah satu tanaman yang terancam keberadaannya. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kultur jaringan. Sebagai salah satu contoh bioteknologi di bidang lingkungan, maka keberadaan dari kultur jaringan memang merupakan sebuah hal yang sangat baik.

  1. Kina

Kina merupakan salah satu jenis tumbuhan yang lebih berfungsi pada bidang kesehatan. Kultur jaringan pada pohon kina ini sendiri bertujuan untuk mendapatkan senyawa tertentu. Melalui kultur jaringan dan dengan digabung dengan beberapa metode lain, maka dapat dibuat kina dengan beberapa kandungan senyawa kimia yang bermanfaat pada bidang kesehatan.

  1. Kelapa Sawit

Pada tumbuhan kelapa sawit kultur jaringan banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan bibit unggul. Dengan menggunakan kultur jaringan, maka akan dapat diperoleh calon-calon bibit unggul yang mungkin memiliki kelebihan dari jenis bibit yang lain.

  1. Jati mas

Jati merupakan salah satu tanaman komersil yang banyak digunakan dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Hanya saja beberapa jenis jati memiliki pertumbuhan yang bisa dikatakan cukup lama, dan membutuhkan jangka waktu yang panjang. Jati Mas merupakan salah satu jenis jati yang didapatkan dengan metode kultur jaringan. Jenis jati yang satu ini memiliki waktu tumbuh yang lebih cepat, jika dibandingkan dengan jati yang lain. Selain itu jenis jati yang satu ini juga tahan terhadap serangan beberapa jenis penyakit.

  1. Pisang abaka
  2. Pisang lampung
  3. Kayu Putih

Sebagian besar kultur jaringan memang digunakan sebagai media perantara untuk mendapatkan bibit unggul dari jenis tertentu. Namun, untuk beberapa jenis tumbuhan, metode kultur jaringan adalah metode yang tepat untuk menyelematkan dari ancaman kepunahan.

Itulah tadi beberapa contoh tanaman kultur jaringan dan sedikit penjelasan mengenai metode tersebut. Metode yang satu ini memang lebih lumrah dilakukan pada tumbuhan, karena lebih sederhana dan lebih mudah untuk dilakukan. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
,



Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.