Sponsors Link

Contoh Interaksi Antar Komponen Biotik

Sponsors Link

pola interaksi komponen biotikEkosistem tersusun atas komponen abiotik dan biotik. Komponen biotik penyusun ekosistem yaitu produsen,konsumen, dekomposer, detrivor, scavengar, predator dan parasit. Ketujuh komponen tersebut saling berinteraksi. Interaksi tersebut berupa hubungan yang saling mempengaruhi. Jenis interaksi yang terjadi antara komponen biotik tersebut tidak hanya peristiwa rantai makanan akan tetapi terdapat pola interaksi lain yang meibatkan antar organisme, antar populasi, dan antarkomunitas. Interaksi tersebut mempengaruhi jumlah organisme di alam yang akan berjalan hingga waktu yang tidak ditentukan (tak terbatas). Jenis dan contoh Interaksi Antar Komponen Biotik baik yang terjadi pada satu individu/populasi dan komunitas.

ads

Contoh Interaksi Antar Individu/populasi

Interaksi antar individu/populasi pada organisme dalam komunitas dapat dikelompokan sebagai berikut:

  1. Kompetisi ( persaingan ): peristiwa diantara makhluk hidup yang dapat menimbulkan seleksi alam dalam evolusi. Biasanya persaingan terjadi dalam pemenuhan kebutuhan hidup seperti makanan, cahaya matahari, tempat hidup dan lain sebagainya. Semakin sama bentuk kebutuhannya maka semakin hebat bentuk kompetisi organisme baikindividu maupun populasi. Terdiri dari dua jenis kompetisi yaitu
    • kompetisi intraspesifik (persaingan antar individu/populasi satu spesies. Contoh: persaingan sesama kambing atau antar populasi kambing.
    • Kompetisi antarspesifik (persaingan antar individu/populasi beda spesies.Contoh: persaingan antar rumput atau ilalang.
  1. Amensalisme. Bentuk interaksi dengan berbagai jenis makhluk hidup hasilnya salah satu dirugikan sedang lainnya tidak mengalami kerugian apapun. ContohRumput yang ditanam dibawah naungan pohon kirai payung yang rindang. Lama kelamaan akan layu dan mati karena tidak mendapat sinar mathari terhalang oleh tajuk kirai payung. Sedangkan pohon mangga tidak dirugikan ataupun diuntungkan.
  2. Predasi atau Predatorisme

Merupakan interaksi yang berhubungan dengan mangsa dan pemangsanya. Predator sebutan untuk organisme yang memangsa sedangkan yang dimangsa sebutan prey. Fungsi keberadaan predator dalam suatu rantai makanan ekosistem adalah pengontrol populasi mangsa.

Contoh:

  • Zebra, kijang dan rusa dimakan singa
  • Ular dimangsa burung elang
  • Tikus dimangsa burung hantu
Sponsors Link

  1. Antibiosis dan alelopati. Interaksi antara dua makhluk hidup dengan beda spesies dengan salah satu menghambat kehidupan lainnya. Hubungan tersebut dinamakan antibiosis. Biasanya salah satu organisme mengeluarkan zat yang membahayakan bahkan hingga mematikan makhluk hidup lainnya. Jika antibiosis terjadi pada tumbuhan dinamakan alelopati. Contoh antibiosis atau alelopati:
  • Jamur Penicillium sp menghambat pertumbuhan bakteri atau jamur yang berada disekitarnya
  • Tumbuhan mimba (Azadirachta indica) dan kayu putih (Eucaliptus) menghambat tumbuhan yang tumbuh pada jarak 5 meter.
  1. Simbiosis. Bentuk interaksi antara makhluk hidup berbeda spesies. Simbion merupakan makhluk yang bersimbiosis. Terdapat beberapa bentuk simbiosis yaitu:
  • Simbiosis mutualisme merupakan hubungan atau interaksi antardua makhluk hidup yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Contoh:

  1. sapi dan burung-burung (burung mendapat makanan berupa kutu sapi sedangkan sapi mendapatkan keuntungan hilang gatalgatal akibat kutu),
  2. Protozoa berflagela di dalam saluran pencernaan rayap (keberadaan protozoa membantu rayap mencerna selulosa menjadi molekul karbohidrat menjadi lebih kecil,protozoa terlindung dalam saluran pencernaan)
  3. Rhizobium dengan tanaman leguminosae
  4. Bunga dengan kupu-kupu atau burung penghisap madu
  5. Alga dan jamuryang bergabung membentuk lichenes (lumut kerak)
  6. Badak dengan burung jalak
  • Simbiosis Komensalisme merupakan interaksi antarorganisme dengan salah satu pihak diuntung akan tetapi pihak lainnya tidakdirugikan ataupun diuntungkan.

Contoh:

  1. Ikan badut yang memanfaatkan anemon laut sebagai tempat persembunyian dari para pemangsa. Ikan badut merasa aman dan anemon laut tidak dirugikan ataupun diuntungkan dengan keberadaan ikan badut tersebut.
  2. Ikan remora dan ikan hiu. Remora memanfaatkan sisa – sisa makanan dari ikan hiu dan terlindung dari para ikan pemangsa.
  3. Anggrek yang menumpang pada pohon
  4. Tanduk rusa yang menumpang hidup di pohon
  5. Karang yang menempel pada ikan paus.

 

  • Simbiosis parasitisme merupakan Interaksi antara hubungan dua jenis makhluk hidup yang berakhir dengan salah satu diuntungkan dan lainnya dirugikan. Keuntungan tumbuhan yang menumang pada inangnya yaitu memperoleh makanan dan perlindungan sedangkan yang ditumpanginya dirugikan karena sari maknannya sebgian diambil bahkan bisa saja terbunuh. Parasit merupakan sebutan untuk organisme yang memperoleh keuntungan dan organisme yang dirugikan umumnya disebut inang.

Contoh:

  1. Plasmodium yang berada dalam tubuh manusia
  2. Tali putri dengan tumbuhan inangnya
  3. Taenia saginata dalam tubuh sapi
  4. Benalu dengan pohon yang ditempelinya
  5. Rafflesia dengan tumbuhan inangnya
Sponsors Link

  1. Netral merupakan hubungan yang tidak saling mengganggu antar organisme atau populasidalamhabitat yang sama, tidak ada yang diuntungkan atau dirugikan antara kedua belah pihak

Contoh: capung dan sapi

Contoh Interaksi Antar Komunitas

Komunitas merupakan kumpulan populasi berbeda yang menempati satu daerah yang sama membentuk interaksi. Interaksi yang terjadi cukup kompleks karena tidak hanya organisme yang terlibat melainkan aliran energi terjadi  didalamnya.

Contoh interaksi antar komunitas terjadi pada

  1. Komunitas ekosistem sawah dan komunitas ekosistem sungai yang berinteraksi membentuk peredaran nutrien dariair sungai ke sawah.
  2. Proses siklus oksigen karbon yang melibatkan ekosistem laut dan darat.

Pembahasan artikel mengenai jenis interaksi antar omponen biotik beserta contoh dan penjelasannya bisa dijadikan referensi bacaan penambah wawasan kita. Selain itu dapat membantu proses pembelajaran. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa lagi di tulisan tie kuteta berikutnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Ekologi