Sponsors Link

5 Ciri Khusus Tumbuhan Pemakan Serangga dan Contohnya

Sponsors Link

Berbicara mengenai makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang di atas bumi, maka kita akan menemukan beragam jenis pembahasan. Setiap pembahasan yang ada akan selalu terbagi menjadi dua golongan utama, yaitu flora dan fauna. Hal ini merupakan sebuah pembahasan yang sangat mendasar dan awal dari setiap pembahasan. Ragam dan jenis dari setiap golongan tersebut memiliki bentuk dan ciri yang bermacam-macam. Bahkan ada beberapa makhluk hidup yang saling memiliki ketergantungan satu sama lain.

ads

Bentuk ketergantungan ini adalah suatu hal yang cukup unik dan menarik. efek dari ketergantungan ini sendiri bisa berupa efek negatif dan dapat juga berupa efek positif, atau istilahnya dapat disebut sebagai hubungan simbiosis. Hubungan  ini bisa berupa hubungan antara hewan dengan tumbuhan yang sering dan banyak kita temukan pada kehidupan di alam bebas.

Ketergantungan ini biasanya dapat berupa siklus perputaran makan dan dimakan. Banyak sekali contoh siklus dalam hal ini tidak hanya hewan saja yang dapat memakan tumbuhan. Namun, ada beberapa tumbuhan yang dapat juga memakan hewan khususnya serangga.  Ada beberapa ciri khusus tumbuhan pemakan serangga yang bisa kita perhatikan dengan baik. Ciri yang membedakan tanaman ini dengan tanaman yang lain karena memang perilakunya berbeda. Ada beberapa hal yang haru kalian ketahui, seperti

Pada dasarnya tumbuhan jenis ini disebut juga sebagai tumbuhan insektivora, yang memang menjadikan serangga sebagai salah satu makanannya. Meskipun tumbuhan ini menggunakan serangga sabagai salah satu menu makanan yang memang harus dikonsumsi, tapi tumbuhan ini masih memiliki fungsi dasar sebagai tumbuhan. Fungsi dasar tersebut adalah kemampuan untuk berfotosintesis atau kemampuan untuk menghasilkan makanan sendiri. Jika kalian bertanya kenapa tumbuhan yang satu ini masih memangsa serangga.

Hal ini dikarenakan adanya beberapa unsur yang tidak dapat diserap langsung oleh tumbuhan tersebut. Atau kemampuan untuk menyerap unsur tertentu mengalami kesulitan. Salah satu unsur yang didapat oleh tumbuhan ini melalui hewan adalah unsur nitrogen. Melalui perkembangan fungsi dan adaptasi yang mereka miliki, tumbuhan jenis ini dapat menyerap nitrogen yang berasal dari serangga.

Jika berbicara mengenai ciri khusus tumbuhan pemakan serangga maka ada beberapa hal yang dimilikinya, seperti

  1. Keberadaan Nektar

Unsur ini merupakan salah satu unsur yang sangat wajib untuk dimiliki oleh setiap tumbuhan insektivora. Nektar yang merupakan salah satu bahan untuk pembuatan madu ini akan menarik serangga untuk datang.

  1. Warna Mencolok

Pada beberapa jenis tumbuhan insektivora akan dapat kita temukan memiliki warna yang cukup mencolok. Warna ini akan sangat membantu untuk menarik kedatangan dari beberapa jenis serangga yang ada. Biasanya beberapa tumbuhan insektivora yang ada di alam bebas, akan memiliki warna yang lebih mencolok dari sekitarnya.

  1. Mengeluarkan aroma tertentu

Aroma adalah salah satu hal yang dapat menarik kedatangan para serangga. Salah satu aroma yang cukup sering dimiliki oleh tumbuhan jenis ini adalah aroma busuk yang sangat menyengat. Bagi beberapa jenis serangga aroma ini adalah penanda terdapatnya sumber makanan di tempat tersebut.

  1. Adanya cairan pencernaan

Keberadaan cairan ini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Setiap hewan yang termasuk kedalam jenis tumbuhan ini akan memiliki cairan khusus yang berfungsi untuk mencerna hewan atau serangga yang sudah tertangkap. Biasanya cairan ini akan berfungsi dengan melarutkan tumbuhan tersebut. Setelah bagian tumbuhan itu larut, maka akan dapat dicerna secara langsung oleh tumbuhan.

  1. Adanya bagian perangkap

Bentuk dari bagian yang bertugas untuk sebagai jebakan atau perangkap ini memang sangat berbeda-beda. Biasanya hal ini akan berhubungan dengan jenis serangga yang bisanya mereka tangkap dan pola kehidupan dari tumbuhan itu sendiri.

Sponsors Link

kantong semarPada dasarnya kita telah mengetahui beberapa jenis tumbuhan yang menjadikan serangga sebagai salah satu sumber makanan yang mereka konsumsi. Tumbuhan yang banyak kita ketahui adalah Kantung Semar yang secara umum memiliki sistem taksonomi seperti

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub kelas : Dilleniidae
  • Ordo : Nephenthales
  • Famili : Nepenthaceae
  • Genus : Nepenthes
  • Species : Nepenthes spp

Selain jenis tumbuhan Kantong Semar, ada jenis lain yang juga termasuk kedalam tumbuhan insektivora. Salah satunya adalah tumbuhan kejora atau ada juga yang menyebutnya sebagai venus flytrap. Tumbuhan jenis ini memiliki sistem taksonomi seperti

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Divis : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Ordo : Caryophyllanae
  • Ordo : Caryophyllales
  • Famili : Droseraceae
  • Genus : Dionaea J. Ellis
  • Spesies : Dionaea muscipula J. Ellis

Kedua tumbuhan merupakan jenis tumbuhan yang menggunakan serangga sebagai salah satu sumber nutrisi yang ada. Biasanya hal ini akan berhubungan erat dengan pola hidup dan lingkungan atau ekosistem dimana tumbuhan tersebut berada.

Itu tadi beberapa ciri tumbuhan pemakan serangga yang bisa kalian ketahui. Meskipun tumbuhan tersebut secara sepintas masih memiliki fungsi dan struktur yang sama dengan tumbuhan lain secara umum. Namun, terdapat beberapa ciri khusus yang membuatnya berbeda dengan tumbuhan lain. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Tumbuhan