Sponsors Link

7 Ciri-Ciri Bunga Rafflesia Arnoldi serta Asal Usulnya

Sponsors Link

Sudah tahukah teman-teman bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan yang memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi di dunia? Didampingi oleh Brazil dan Zaire menjadikan Indonesia dengan keanekaragaman hayati terbesar kedua.

Tentu saja Indonesia memiliki keunikan tersendiri, dengan posisi geografis yang dihimpit oleh benua Asia dan benua Australia menyebabkan hayati di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, Indonesia memiliki lebih dari seribu pulau sehingga dapat disebut juga negara kepulauan. Keanekaragaman hayati di setiap pulaunya berbeda. Hal ini juga salah satu yang menyebabkan adanya tumbuhan endemic (penyebaran terbatas).

Dalam dunia tumbuhan sendiri, Indonesia memiliki 25% dari tumbuhan berbunga yang ada di dunia dimana hal ini menempatkan Indonesia memiliki peringkat ketujuh dengan jumlah spesies bunga mencapai 20.000 spesies. Tentu kita dapat berbangga diri dengan keanekaragaman hayati tumbuhan di Indonesia dengan sekian banyaknya, hal ini dapat menjadi destinasi para wisatawan untuk melihat tumbuhan yang hanya ada di Indonesia sendiri.

Sayangnya hal ini tidak diikuti dengan sebuah informasi yang tidak menyenangkan di mana dinyatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan tingkat keterancaman dan kepunahan tumbuhan tertinggi di dunia. Dinyatakan bahwa sekitar 240 spesies tumbuhan dinyatakan langka, di mana salah satunya  adalah Padma raksasa biasa kita kenal dengan nama bunga Rafflesia Arnoldii yang akan kita bahas.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas ciri-ciri yang dimiliki oleh bunga Rafflesia Arnoldii, seperti bagaimana bentuk bunga ini, berapa lama waktu yang di butuhkan untuk berbunga dan sebagainya. Sebelum itu kita akan memberikan pengenalan lebih lanjut mengenai bunga Rafflesia Arnoldii.

raflesia arnoldi

Rafflesia arnoldii atau padma raksasa merupakan salah satu bunga khas Indonesia dengan ukuran diameter yang di milikinya mencapai 1 meter. Orang yang pertama menemukan rafflesia adalah Louis Auguste Deschamps ilmuan berasal dari perancis. Rafflesia ditemukan pada tahun 1797 di mana tipe yang ditemukannya merupakan R. patman, sayangnya penelitian yang telah dilakukan telah dirampas pada saat terjadi perang antara Inggris dan Perancis sehingga dunia pengetahuan baru mengetahui pada tahun 1954 bahwa rafflesia ditemukan oleh Deschamps.

Dapat dikatakan memang Thomas Stamford Raffles beserta rekannya bukan penemu pertama bunga ini. Tetapi ia telah menemukan jenis lain yang kita kenal dengan Rafflesi Arnoldii. Bunga ini ditemukan pada tahun 1818 oleh keduanya, maka dari itu mereka menggunakan kedua nama mereka untuk menamai spesies bunga yang telah mereka temukan.

Bunga Rafflesia termasuk golongan tumbuhan parasite dari keluarga Rafflesiaceae. Setiap tumbuhan pasti membutuhkan makanan tidak berbeda halnya dengan bunga ini, bunga rafflesia hidup dengan cara menyerap nutrisi  tanaman induk yang dihinggapinya. Bunga Rafflesia yang merupakan salah satu tanaman endemic di Indonesia bisa ditemukan di pulau Sumatera, Indonesia, tepatnya di provinsi Bengkulu. Di Bengkulu tidak hanya terdapat bunga rafflesia arnoldii, disana terdapat juga jenis Rafflesia Gadutensis Meijer, Rafflesia Hasselti Suringar, dan Rafflesia Bengkulunensis. Di mana perbedaan setiap jenis bunganya terdapat di ukuran, bercak bunga, serta warna bunga.

Akan tetapi pada pembahasan kali ini kita hanya membahas ciri-ciri dari bunga rafflesia arnoldii, baiklah langsung saja berikut merupakan ciri-ciri dari bunga ini:

1. Mengeluarkan bau busuk

Ciri khas yang sangat melekat pada bunga Rafflesia Arnoldii adalah bunga ini mengeluarkan bau busuk yang sungguh menyengat sehingga dapat disamakan dengan bau bangkai. Dikatakan hal ini bertujuan untuk mengundang lalat, sama seperti bunga lainnya dimana setiap bunga akan melakukan penyerbukan, berbeda halnya dengan bunga pada umumnya dimana penyerbukan dilakukan oleh kupu-kupu atau lebah sedangkan bunga ini dilakukan oleh lalat.

2. Ukuran bunga yang besar

Banyak sekali tanaman berbunga di dunia, tetapi apabila dibandingkan dengan Rafflesia Arnoldii maka tidak ada yang dapat melebihi ukurannya. Bunga Rafflesia Arnoldii telah dicatat sebagai bunga terbesar di dunia (berdasarkan diameter bunga). Bagaimana tidak ukuran terbesar yang pernah tercatat yaitu 105 cm dan memiliki berat mencapai 11 kilogram.

Tidak hanya itu, bahkan saat bunga ini belum mekar, ukurannya masih dapat dikatakan luar biasa. Tercatat ukuran terbesar pada saat belum mekar adalah 43 cm, apabila ingin diimajinasikan dengan mudah dapat dikatakan ukuran ini lebih lebar dari ukuran ban mobil.

3. Terdapat 5 mahkota

Bunga rafflesia arnoldii memiliki 5 kelopak bunga yang besar dan mengelilingi sebuah bagian bunga di tengah yang berbentuk seperti gentong.

4. Usia yang sebentar

Apabila bunga lainnya memiliki umur yang cukup lama, berbeda dengan bunga Rafflesia Arnoldii, bunga ini akan membutuhkan waktu pertumbuhan yang cukup lama yaitu dapat mencapai 9 bulan tetapi hanya memiliki 5-7 hari pada masa waktu mekarnya setelah itu akan layu dan mati. Tentu cukup disayangkan untuk wisatawan apabila ingin melihat bunga ini secara langsung dikarenakan singkatnya waktu bunga Rafflesia Arnoldii mekar.

5. Di tengah bunga terdapat bentuk yang mirip mulut gentong

Dengan kelopak bunga yang mengelilinginya bunga Rafflesia Arnoldii ini akan langsung diketahui dari bentuknya yang sangat unik, dengan bentuk mulut gentong terdapat bunga sari atau putih, hal ini tergantung jenis kelamin dari bunga Rafflesia Arnoldii.

6. Memiliki bentuk melebar

Bunga Rafflesia Arnoldi tidak akan pernah meninggi, salah satunya dikarenakan tumbuhan ini hanya memiliki bunga. Memang benar bahwa tanaman ini tidak memiliki batang, daun, dan bahkan akar. Tumbuhan ini hanya memiliki akar semu yang berfungsi untuk menempel serta menyerap nutrisi dari pohon inang.

7. Merambat pada inangnya

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa tanaman ini tidak memiliki batang, daun, dan akar. Karena tidak adanya daun maka tidak bisa membuat makanannya sendiri sehingga bunga Rafflesia Arnoldi akan membuat makanannya dengan cara menyerap nutrisi dari inang yang dirambatinya. Sehingga dapat dikatakan juga bahwa bunga Rafflesia Arnoldi merupakan tanaman parasite.

Nah, itu dia merupakan ciri-ciri dari bunga Rafflesia Arnoldi. Bunga merupakan salah satu tanaman yang langka di Indonesia dan juga merupakan tanaman yang dilindungi keberadaannya. Maka dari itu apabila teman-teman menemukan tanaman ini maka hendaklah tidak merusaknya, dengan masa hidup yang dapat dikatakan singkat (5-7 hari) akan sayang sekali apabila tanaman ini dirusak. Sekian informasi mengenai bunga Rafflesia Arnoldii ini semoga dapat bermanfaat. Terima kasih!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan