Sponsors Link

Cermin Cembung : Sifat – Penggunaan – Rumus – Contoh Soal

Sponsors Link

Cermin adalah salah satu alat yang banyak dibutuhkan manusia untuk mengkaji diri sendiri dari segi penampilan dan dengan cermin, seseorang bisa melihat bagaimana bentuk fisik yang sebenarnya. Ada banyak jenis cermin yang digunakan oleh masyarakat Indonesia dan salah satunya adalah cermin cembung. Penggunaan cermin cembung memang banyak ditemukan di Indonesia dan ada banyak tempat yang biasanya dijadikan tempat cermin cembung di pasang. Dalam kehidupan sehari-hari memang penggunaan cermin cembung sangatlah bervariasi, karena disesuaikan dengan kebutuhan dan penerapannya bisa dilakukan di banyak tempat.

ads

Cermin Cembung adalah salah satu cermin yang memiliki sebuah cermin yang bentuknya melengkung dan permukaan cerminnya memantul ke arah luar cahaya. Cermin cembung juga memiliki sifat yang bisa menyebarkan sebuahb cahaya yang masuk dan cahaya yang datang serta masuk akan mengenai permukaan cermin, kemudian akan dipantulkan ke segala arah. Cermin cembung mengalami perubahan wujud zat yang sangat bervariasi dan cermin cembung memiliki sinar yang istimewa seperti sinar datang dipantulkan seolah-olah dari fokus, sinar datang menuju sumbu R lalu dipantulkan kembali ke sumbu R serta sinar datang menuju ke titik fokus lalu dipantulkan kembali untuk sejajar dengan sumbu utama.

Sifat Cermin Cembung

1. Maya

Sifat sebuah cermin cermin cembung pasti selalu maya dan hal ini didasarkan pada langkah-langkah penelitian yang banyak dilakukan para ilmuwan jaman dahulu.

2. Tegak

Setiap cahaya yang dipantulkan oleh cermin cembung selalu tegak lurus dan hal ini menjadi salah satu sifat cermin cembung. Cermin cembung selalu gerak lurus dan menghasilkan pantulan cahaya yang tegak.

3. Diperkecil

Pantulan cahaya yang dihasilkan dari cermin cembung selalu diperkecil dan setiap pantulan pasti memiliki wujud zat yang berbeda.

Contoh Penggunaan Cermin Cembung

1. Kaca Spion

Kaca spion adalah salah satu perlengkapan yang dipasang di kendaraan dan biasanya terlihat pada kendaraan morot ataupun mobil. Berdasarkan berbagai jenis penelitian cermin cembung memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan setiap kendaraan selalu diwajibkan untuk menggunakan kaca spion. Kaca spion sangat berguna untuk melihat keadaan di belakang kendaraan, saat posisi kendaraan mau menyalip kendaraan lain atau mau mundur kebelakang dan penggunaan kaca spion, menjadi hal penting untuk melaksanakan aman berkendara. Kendaraan yang tidak menggunakan spion, biasanya akan kena tilang dari pihak kepolisian.

2. Cermin Jalan

Kini di Indonesia banyak sekali kaca cermin yang dipasang di pinggir jalan dan cermin yang dipasang di pinggir jalan, biasanya adalah cermin cembung. Cermin memiliki peranan penting di jalan dan biasanya cermin jalan di pasang pada wilayah yang terdapat tikungan tajam. Saat kendaraan akan berbelok biasanya kondisi jalan tidak terlihat dengan jelas dan dengan adanya cermin cembung, akan membantu pengendara lain untuk bisa melihat kondisi jalan. Dalam cabang ilmu fisika, penerapan cermin cembung ini bisa menyelamatkan pengendara atau menghindarkan pengendara dari tabrakan dengan kendaraan lain.

3. Layar Monitor

Layar monitor adalah layar yang digunakan untuk menjalankan perangkat komputer dan dengan komputer sistem kerja manusia menjadi lebih mudah. Penggunaan layar monitor banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan di Indonesia dan dengan perkembangan teknologi yang pesat, kini penggunaan layar monitor digunakan untuk warnet. Layar monitor menggunakan sebuah cermin yang cembung dan layar monitor, kini kalah populer di banding dengan laptop. Layar monitor tidak bisa di bawa ke mana-mana dengan mudah, beda halnya dengan laptop yang sangat simpel dan layar monitor memerlukan daya listrik yang lumayan besar.


4. TV

Tv adalah salah satu peralatan elektronik yang populer di Indonesia dan merk tv di Indonesia sangatlah banyak. Tv menggunakan cermin yang berbentuk cembung pada bagian layarnya dan dengan bentuknya yang unik, tv menjadi salah satu barang elektronik banyak orang. Tv sangat mengandalkan kekuatan listrik dan tv bisa menangkap berbagai sinyal untuk ditampilkan di layar. Pada dasarnya bentuk tv adalah kotak, namun seiring perkembangan jaman bentuk tv menjadi lebih bervariasi dan tv bisa difungsikan dengan bantuan antena ataupun parabola. Tv memang menjadi salah satu cara menyampaikan informasi dengan cepat dan tepat.

5. Lensa Kamera DSLR

Kamera adalah salah satu alat elektronik populer di Indonesia dan kamera terdiri dari berbagai tipe. Ada banyak kamera yang dijual di pasaran Indonesia dan setiap kamera memiliki keunikkannya tersendiri. Harga kamera tergantung dari kegunaan dan kecanggihannya, biasanya semakin mahal semakin bagus. Kamera menjadi alat berfoto yang populer dan dengan perkembangan teknologi yang pesat, kini kamera bisa diperoleh dari sebuah hp. Kamera DSLR adalah salah satu kamera terbaik yang dimiliki Indonesia dan kamera ini menggunakan lensa kamera yang bentuknya cembung. Dengan jepretan kamera terbaik, maka hasil foto yang didapat akan sangat baik.

Rumus Cermin Cembung

– 1 / f = 1 / s + 1 / s’

Keterangan :

f artinya fokus sebuah cermin
s artinya jarak benda dari sebuah cermin
s’ artinya jarak suatu bayangan


Rumus Pembesaran Cermin Cembung

M = s’ / s = h’ / h

Keterangan :

s artinya jarak benda dari suatu cermin
s’ artinya jarak suatu bayangan
h’ artinya tinggi suatu bayangan
h artinya tinggi suatu benda

Contoh Soal Cermin Cembung

Pada suatu benda yang berjarak 10 cm dengan cermin dan fokus dari cerminnya adalah -15 cm. Berapakah jarak bayangan benda tersebut?

Diketahui :

S = 10 cm
f = -15 cm

Jawab :

1 / s + 1 / s’ = 1 / f
1 / 10 + 1 / s’ = -1 / 15
1 / s’ = -1 / 15 – 1 / 10
1 / s’ = -2 / 30 – 3 / 30
1 / s’ = -5 / 30
S’ = – 30 / 5 = -6 cm
Jadi jarak bayangan benda adalah -6 cm.

Demikian ulasan lengkap mengenai cermin cembung dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Baca juga mengenai cermin cekung.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Fisika