Sponsors Link

Cermin Cekung : Sifat – Penggunaan – Rumus – Contoh Soal

Sponsors Link

Cermin adalah benda yang tidak asing di Indonesia dan pemanfaatan cermin sudah dilakukan sejak jaman dulu. Cermin memiliki peranan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, karena bisa membantu manusia dalam melakukan berbagai aktivitas dan cermin yang populer digunakan di Indonesia adalah cermin cembung dan cermin cekung. Kedua cermin memiliki peranan yang sama pentingnya dan kedua cermin tersebut, menjadi indikator terbaik dalam penentuan bayangan. Cermin sangat mudah ditemukan di Indonesia, karena banyak sekali penjual cermin yang tersebar di berbagai daerah dan harga cermin selalu bervariasi sesuai dengan ukurannya.

ads

Cermin cekung adalah salah satu cermin yang memiliki bentuk lengkungan dan permukaan cermin yang melengkung, membuat cahaya memantul ke arah belakang. Cermin cekung akan melewati sebuah pusat yang bentuknya melengkung dan biasanya disebut dengan titik R atau 2F. Cermin cekung memiliki sinar istimewa seperti sinar yang datang dengan kondisi sejajar akan dipantulkan pada suatu titik fokus, sinar yang berjalan melewati titik fokus akan dipantulkan sejajar dengan sumbu utama dan sinar yang berjalan melalui titik lengkung akan dipantulkan ke arah yang sama. Dalam cabang ilmu fisika, cermin cekung selalu masuk dalam bahasan dan selalu dipelajari pada pelajaran sekolah.

Sifat Cermin Cekung

1. Maya

Cermin cekung memiliki sifat yang maya, artinya setiap berkas cahaya yang dihasilkan tidak melalui bayangan dan kondisi ini menjadi perubahan wujud zat yang sangat berbeda.

2. Tegak

Cermin cekung adalah cermin yang banyak digunakan dalam kehidupan seharai-hari dan sifat dari cermin cekung adalah tegak, karena bentuk bayangan yang dihasilkan tidak terbalik.

3. Jarak bayangan

Saat menggunakan sebuah cermin cekung, jarak yang dihasilkan menjadi tak berhingga dan hal ini menimbulkan gerak yang tetap atau tegak.

Contoh Penggunaan Cermin Cekung

1. Antena Parabola

Radio adalah salah satu alat komunikasi satu arah yang sangat populer sejak jaman dahulu dan penggunaan radio menjadi sebuah hal yang populer di Indonesia. Perkembangan radion di Indonesia sangatlah pesat dan radio menjadi salah satu alat untuk menyampaikan berbagai informasi. Dalam cabang ilmu fisika penggunaan radion tidak terlepas dari adanya antena parabola dan fungsi utama dari antena parabola adalah untuk mencari sinyal. Penyiar radio adalah seseorang yang memiliki peranan penting dalam pengembangan radio dan seorang penyiar radio pasti seseorang yang memiliki kemampuan untuk berbicara dengan baik.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya adalah salah satu peralatan populer yang memiliki banyak kegunaan dan PLTS sudah ada sejak jaman dahulu, namun kepopulerannya hanya kalah dari pembangkit listrik tenaga air. Listrik menjadi sebuah kebutuhan rumah yang sangat penting, karena dengan listrik manusia melakukan aktivitas dengan baik dan berdasarkan langkah-langkah penelitian yang jelas, penggunaan listrik menjadi kebutuhan yang sifatnya pokok. Pemerataan listrik di Indonesia masih terus dilakukan pemerintah dan listrik juga menjadi akses penting manusia untuk menggunakan berbagai peralatan elektronik.

3. Pemantul Lampu Mobil

Mobil adalah kendaraan yang memiliki peranan sangat penting dan dengan mobil manusia bisa melakukan perjalanan dengan cepat serta mudah. Kini di Indonesia, jumlah mobil sangatlah berlimpah dan salah satu kota yang dihuni oleh banyak jenis mobil adalah Jakarta. Berdasarkan banyak jenis metode penelitian, pemantul lampu mobil memiliki kegunaan yang sangat signifikan dan sangat berguna pada saat bepergian malam. Kini penggunaan lanpu mobil pada saat siang hari menjadi sebuah kewajiban dan akan ada tindakan tegas, bagi para pengendara yang tidak menyelakan lampu mobilnya.


4. Lensa Kacamata

Kacamata adalah salah satu alat penglihatan yang banyak digunakan manusia dan kacamata digunakan untuk memperjelas pandangan. Manusia yang memiliki gangguan dengan penglihatannya selalu dianjurkan untuk menggunakan kacamata dan dengan perkembangan jaman yang pesat, kini penggunaan jam juga dilakukan sebagai fashion. Kacamata gaya memiliki berbagai macam variasi dan dengan kacamata gaya seseorang akan merasa lebih keren serta trendy. Kacamata pasti tak bisa dilepaskan dari sebuah lensa dan lensa kacamata memiliki peranan yang sangat penting. Kini kacamata diciptakan untuk berbagai level usia mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua.

5. Center

Center atau lampu sorot adalah salah satu alat yang banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan dan dengan lampu sorot, seseorang dapat berjalan dalam sebuah kegelapan. Lampu sorot banyak ditemui di pedesaan dan digunakan oleh para petani untuk pergi ke sawah pada malam hari. Lampu sorot biasanya mengandalkan kekuatan baterai dan ketahanan baterai bisa di pertahankan dengan cara di isi ulang atau charge. Lampu sorot memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan lampu biasa, karena lampu ini biasanya berbentuk kecil dan bisa dibawa ke mana-mana. Penggunaan lampu sorot memiliki banyak sekali keunikkan dan lampu sorot memiliki banyak kemewahan.

6. Pemantul Lampu Motor

Motor adalah kendaraan roda 2 yang sangat populer di Indonesia dan kini persebaran motor di Indonesia sangatlah berlimpah. Ada banyak jenis motor yang ada di Indonesia dan setiap motor memiliki keunikkannya masing-masing. Motor bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, namun kini menjadi sebuah kebutuhan primer dan dengan motor aktivitas manusia menjadi sangat terbantu. Motor pasti menggunakan sebuah lampu yang mengandung pemantul cahaya motor dan lampu ini biasa disebut dengan lampu pemantul motor.


Rumus Cermin Cekung dan Contoh Soal

Cermin cekung memiliki rumus inti 1/f = 1/s +1/s’ dan dari rumus tersebut, dapat dituliskan dengan f artinya fokus pada cermin, s artinya jarak benda dari cermin dan s’ artinya jarak bayangan dari cermin. Contoh soal:

Suatu benda yang memiliki ketinggian 1 cm berada di depan sebuah cermin cekung dengan fokus hingga 2 cm dan jarak benda berada 4 cm dari cermin cekung. Hitunglah jarak bayangannya?

Diketahui:

f = 2 cm
s = 4 cm

Jawab:

1/f = 1/s +1/s’
1/2 = 1/3 + 1/s’
1/s’ = 1/2-1/3
1/s’ = 3/6-2/6
1/s’ = 1/6
s’ = 6 cm
Jadi jarak bayangan benda pada cermin cekung adalah 6 cm.

Demikian ulasan lengkap mengenai cermin Cekung dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Fisika