Sponsors Link

6 Contoh Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya

Sponsors Link

Bertahan hidup adalah satu hal yang paling mendasar. Insting untuk bertahan hidup ada pada setiap makhluk hidup yang ada di muka bumi. Banyak hal yang bisa digunakan dan diterapkan untuk selalu dapat bertahan hidup. Setiap makhluk hidup entah tumbuhan atau hewan bahkan manusia sendiri memiliki kemampuan tersebut. Setiap makhluk akan menjelaskan dan menerapkan insting tersebut secara berbeda-beda. Jika bisa dikatakan maka kemampuan dan cara yang berbeda-beda tersebut membuat setiap makhluk hidup akan berbeda satu dengan yang lain.

ads

Bertahan hidup adalah sebuah kemampuan yang mengharuskan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Proses penyesuaian ini sendiri tidak hanya berjalan dalam jangka waktu yang pendek. Namun, proses penyesuaian ini membutuhkan waktu yang lama dan terjadi secara terus menerus. Pada beberapa makhluk hidup bentuk penyesuaian tersebut bisa terjadi setiap saat. Namun, ada juga makhluk hidup yang menyesuaikan dirinya hanya dalam waktu tertentu saja. mereka membutuhkan kondisi khusus dan spesifik untuk dapat melaksanakan proses penyesuaian tersebut.

Cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungan sendiri memiliki bentuk yang berbeda-beda dan tidak sama. Secara tidak langsung cara penyesuaian ini sendiri akan berhubungan dengan faktor internal pertumbuhan dan perkembangan tanaman, serta faktor eksternal pertumbuhan. Kedua faktor itulah yang memegang peranan penting pada setiap proses penyesuaian diri tanaman terhadap lingkungannya.

Pada tumbuhan penyesuaian diri tersebut dapat berupa bentuk modifikasi pada jaringan tumbuhan tersebut. Namun, ada juga yang menggunakan beberapa hormon tanaman untuk dapat berdapatasi dan menyesuaikan diri. Sebuah bentuk penyesuaian diri tersebut akan sangat tergantung dari lingkungan dimana tumbuhan tersebut berada.

Salah satu cara yang digunakan tumbuhan untuk dapat menyesuaikan diri mereka terhadap lingkungan bisa dengan beradaptasi. Secara garis besar ada beberapa contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan yang bisa kita pelajari. Dimana adaptasi tersebut akan memanfaatkan jaringan atau bagian dari tubuh mereka sendiri. Namun,ada juga contoh adaptasi tingkah laku pada tumbuhan yang bisa kita pelajari secara menyeluruh. Setiap metode tersebut adalah cara tumbuhan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Ada beberapa contoh cara penyesuaian diri tumbuhan terhadap situasi dan kondisi lingkungan dimana dia tinggal, seperti:

  1. Pohon Jati

Nama pohon jati atau tectona grandis adalah satu jenis tanaman yang memiliki nilai ekonomis sangat tinggi. Pohon jati sendiri merupakan salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan sebagai sumber ekonomi. Jika kita melihat maka pada saat musim kemarau atau pada saat bulan kering, pohon jati akan merontokan daun mereka. Sehingga pohon akan terlihat seperti pohon mati. Padahal hal tersebut adalah salah satu yang digunakan untuk dapat mengurangi jumlah penguapan.

  1. Kaktus

Kaktus sendiri juga harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dimana dia tumbuh, cara penyesuaian diri kaktus sendiri adalah dengan membuat lapisan lilin pada sekitar badan. Lapisan lilin ini sendiri akan mencegah terjadinya penguapan yang terlalu berlebih. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kaktus banyak ditemukan ditempat kering dengan kadar air rendah.

  1. Bunga Matahari

Bunga matahari atau Helianthus annuus ini sendiri juga melakukan penyesuaian pada hidupnya. Cara yang digunakan tumbuhan ini adalah dengan melakukan gerak heliotropi. Gerak tersebut akan memungkinkan bunga matahari mengikuti gerak lintas matahari. Dengan cara tersebut tanaman yang satu dapat selalu mendapatkan pencahayaan matahari secara penuh.

  1. Bakau

Tumbuhan bakau atau disebut juga mangrove merupakan salah satu tumbuhan yang melakukan adaptasi fisiologi. Adaptasi yang digunakan adalah dengan terbentuknya akar napas. Keberadaan akar tersebut akan memudahkan tanaman tersebut untuk bernapas secara leluasa. Selain itu tanaman ini juga akan menyimpan kadar garam berlebih dari fotosintesis pada bagian bawah daun. Jika kalian menemukan bakau, maka bisa kalian coba dengan menjilat bagian bawah daunnya.

  1. Pohon Pinus

Pinus adalah salah satu tumbuhan yang juga melakukan penyesuaian pada dirinya sendiri, pada pinus penyesuaian yang bisa kita temukan adalah bentuk daunnya yang runcing dan ramping. Bentuk daun tersebut bertujuan untuk mengurangi laju penguapan. Selain itu pinus juga mengeluarkan racun khusus yang membuat rumput dan tumbuhan kecil tidak bisa hidup disekitar pohon ini. hal ini bertujuan untuk mengurangi daya persaingan.

  1. Pembuatan nektar

Pada proses ini nektar merupakan salah satu bentuk cara penyesuaian diri terhadap lingkungan yang dilakukan pohon berbunga. Hal ini ditujukan untuk menarik serangga dan makhluk lain guna membantu proses penyerbukan itu sendiri. Namun, beberapa buang justru mengeluarkan bau busuk untuk menarik perhatian para serangga, seperti cara berkembang biak bunga raflesia.

Itu tadi beberapa cara tumbuhan menyesuaikan diri pada lingkungan dimana mereka tinggal. Setiap cara penyesuaian diri tersebut akan sangat bergantung dari karakteristik tanaman dan karakteristik lingkungan dimana mereka tumbuh dan berkembang. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Tumbuhan