Sponsors Link

6 Cara Tumbuhan Melindungi Diri dari Musuh dan Contohnya

Sponsors Link

Tumbuhan yang ada disekitar kita ternyata merupakan makhluk hidup juga sama seperti manusia dan hewan. Dan sama halnya seperti makhluk hidup yang lainnya, ternyata tumbuhan juga memiliki cara tersendiri untuk melindungi dirinya dari serangan atau gangguan makhluk hidup yang lainnya. Tumbuhan sendiri merupakan salah satu makhluk hidup yang terbilang unik karena berbagai macam cara melindungi dirinya dari berbagai gangguan makhluk hidup yang lain.

ads

Bagi makhluk hidup yang lainnya, mungkin ada yang bisa berlari dan memiliki sistem pertahanan diri yang berbeda-beda macamnya sampai ada yang memiliki taring yang tajam, dan bahkan memiliki racun didalam tubuhnya yang dapat membunuh musuhnya. Namun berbeda halnya dengan tumbuhan sendiri dikarenakan tumbuhan merupakan makhluk hidup yang tidak bisa berjalan, berlari, dan semua hal lainnya yang bisa dilakukan makhluk hidup lainnya untuk melakukan kelangsungan bertahap hidup atau aktivitas sehari-harinya.

Baca juga:

Tetapi mungkin memang berbeda dari makhluk hidup yang lainnya yang bisa kemana-mana dan menyelamatkan dirinya dari serangan pemangsa, namun tumbuhan dengan cara melindungi dirinya yang unik bahkan bisa melindungi dirinya dari gangguan makhluk hidup lainnya yang dimana membuat makhluk hidup lain tersebut bisa terganggu bahkan lenyap. Berikut ini beberapa cara tumbuhan melindungi diri:

1. Duri pada Tumbuhan

Ada beberapa jenis tumbuhan yang memiliki sebuah sistem pertahanan diri dengan menggunakan duri yang menyelimuti bagian tumbuhan tersebut. Dan duri tersebut yang ada pada tumbuhan tersebut bisa tumbuh dibagian tumbuhan mulai dari batang tumbuhan tersebut, daun pada tumbuhan tersebut, dan bisa juga tumbuh duri pada bagian buah yang ada pada tumbuhan tersebut. Duri-duri yang ada pada tumbuhan tersebut membantu tumbuhan itu dalam mencegah para pengganggu atau hewan-hewan dalam menyerang atau mengganggu kelangsungan hidup tumbuhan tersebut.

Bisa juga untuk mencegah makhluk hidup lain atau hewan untuk mencoba memakan buah dari tumbuhan tersebut sehingga hewan atau makhluk hidup yang lainnya tidak bisa memakan buah yang ada pada tumbuhan tersebut. Apabila hewan atau makhluk hidup memaksa untuk memakan, mengganggu, atau berusaha merusak kehidupan dari tumbuhan tersebut mungkin dari sistem pertahanan dari tumbuhan tersebut yang berupa duri yang ada dan tumbuh pada bagian tumbuhan itu membuat para makhluk hidup lainnya terluka karena mencoba mengganggu kelangsungan hidup tumbuhan tersebut.

Contoh tumbuhan yang mempunyai sistem pertahanan dengan tumbuhnya duri pada bagian tumbuhan tersebut yaitu:

  • Bunga mawar: Bunga mawar melindungi dirinya dari gangguan makhluk hidup yang lainnya dengan tumbuhnya duri pada batang yang ada pada duri mawar tersebut. Sehingga susah untuk makhluk hidup atau hewan hinggap pada batang bunga mawar.
  • Buah durian: Tumbuhan yang bernamakan durian ini pada bagian buahnya berduri dan itu membantu tumbuhan yang satu ini agar terhindar dari makhluk hidup untuk memakan buah dari tumbuhan ini.
  • Kaktus: Duri yang tumbuh pada tumbuhan ini ada pada seluruh bagian batang tumbuhan ini dan jumlah duri yang banyak ini ada yang berukuran kecil sampai besar. Baca juga: Ciri-Ciri Tumbuhan Kaktus.

2. Bulu Halus pada Tumbuhan

Kalau yang satu ini adanya bulu halus yang tumbuh pada bagian tertentu dari tumbuhan. Dimana bulu halus tersebut bisa membuat para makhluk hidup yang lainnya apabila terkena bulu halus tersebut akan merasa gatal. Memang awalnya tidak terasa begitu gatal jika terkena bulu halus dari tumbuhan namun lama-kelamaan akan terasa gatal pada permukaan kulit yang terkena bulu halus tersebut.

Sponsors Link

Contoh tanaman yang memiliki perlindungan diri menggunakan bulu halus yaitu:

  • Bambu: Bulu halus yang ada pada bagian tumbuhan ini membantu melindungi dirinya dari gangguan makhluk hidup lainnya yang berusaha mengganggu kelangsungan hidup tumbuhan bambu itu sendiri.
  • Buat rambutan: Pada tumbuhan buah rambutan bisa tumbuh pada batang serta terkadang ada pada buah rambutan untuk melindungi dirinya.
  • Jelatang: Tumbuhan ini memiliki bulu halus yang berfungsi untuk melindungi dirinya agar tidak diusik oleh hewan-hewan.

Baca juga: Perkembangbiakan Vegetatif Pada TumbuhanPerkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan.

3. Getah Lengket pada Tumbuhan

Cara tumbuhan melindungi diri selanjutnya adalah dengan getah lengket pada batangnya. Tumbuhan yang memiliki getah lengket membantu tumbuhan tersebut agar tumbuhan tersebut bisa membuat para pengganggunya atau makhluk hidup lainnya tidak merusak kelangsungan hidup tumbuhan tersebut. Serta dengan getah yang lengket ini apabila dimakan oleh makhluk hidup lainnya mungkin akan terasa sangat pahit dan rasa lengket tidak nyaman.

Contoh tumbuhannya yaitu :

  • Kamboja: Tumbuhan yang satu ini dapat mengeluarkan getah yang cukup banyak serta apabila dirasakan, tumbuhan ini memiliki rasa yang sangat pahit dan tidak nyaman apabila ada makhluk hidup memakannya.
  • Pohon sawo: Pada pohon sawo jika kita sayat akan mengeluarkan getah yang sangat lengket dan apabila ada hewan yang hinggap maka mungkin bisa lekat pada pohon sawo tersebut.
  • Pohon nangka: Dari pohon nangka dan buah nangka sendiri dapat mengeluarkan getah yang sangat amat lengket dan itu merupakan salah satu bentuk pertahanan diri tumbuhan nangka dari gangguan makhluk hidup yang berniat hinggap atau mengganggu pohon nangka.

Baca juga: Ciri-Ciri Tumbuhan Paku.

4. Bau Menyengat pada Tumbuhan

Sebagian tumbuhan selain dari pertahanan diri melalui fisiknya namun ada juga yang melalui aroma tumbuhan tersebut yang dimana aroma dari tumbuhan tersebut sangatlah menyengat baunya dan bisa membuat hidung anda tidak kuat dalam menghirupnya. Apabila ada makhluk hidup yang ada disekitar tumbuhan tersebut mungkin tidak akan ada yang berani mendekat karena baunya yang sangat membuat pernafasan makhluk hidup tidak nyaman dikarenakan tadi aroma yang sangat menyengat. Itu merupakan salah satu pertahanan dari tumbuhan tersebut pada makhluk hidup yang akan mendekati tumbuhan tersebut.

Sponsors Link

Contoh dari tumbuhan yang memiliki aroma menyengat bagi pertahanan dirinya adalah:

  • Bunga bangkai: Dari namanya saja sudah tidak diragukan lagi karena dengan akhiran bangkai. Bunga bangkai sendiri memiliki aroma yang sangat menyengat hingga hampir membuat satu makhluk hidup enggan untuk berada disekitar tumbuhan tersebut karena aroma yang menyengat seperti bangkai tadi.
  • Tanaman cabai: Tanaman cabai sendiri bisa mengeluarkan aroma yang menyengat bagi makhluk hidup sehingga membuat makhluk hidup atau hewan jarang memakan atau hinggap pada tanaman cabai ini.
  • Tanaman bawang: Bawang juga bisa mengeluarkan aroma yang cukup menyengat bagi makhluk hidup yang menghirup udara disekitar tumbuhan ini.

Baca juga: Komponen Biotik dan Abiotik, Struktur Batang Dikotil.

5. Racun pada Tumbuhan

Cara tumbuhan melindungi diri selanjutnya adalah dengan racun. Beberapa tumbuhan ada yang memiliki kandungan racun yang melindungi dirinya dari gangguan makhluk hidup yang mungkin berniat akan mengganggu atau mungkin akan memakan dari bagian tumbuhan tersebut. Dengan racun yang ada pada tumbuhan tersebut memungkinkan untuk makhluk hidup yang ada di sekitarnya enggan untuk memakan atau mengkonsumsi bagian dari tumbuhan tersebut.

Efek yang ditimbulkan pun bisa bermacam-macam bagi makhluk hidup lainnya karena racun dari tumbuhan tersebut bahkan dari efek tersebut efek paling berbahayanya bisa menyebabkan kematian karena zat racun tersebut tidak sanggup ditahan oleh tubuh dari makhluk hidup yang memakannya.

Contoh dari tumbuhan yang mengandung racun dan itu merupakan salah satu kunci tumbuhan tersebut untuk melindungi dirinya, yaitu:

  • Pohon jarak

Tumbuhan ini memungkinkan ada sebuah zat racun di dalamnya apabila dikonsumsi atau dimakan oleh makhluk hidup yang sempat memakan dari beberapa bagian tumbuhan ini. Sangatlah efektif racun yang ada dalam bagian tumbuhan ini karena merupakan salah satu sistem pertahanan diri dari serangan berbagai makhluk hidup yang mencoba untuk memakan tumbuhan ini.

ads
  • Tanaman kecubung

Dari tanaman ini apabila dimakan oleh makhluk hidup yang tidak sengaja memakannya atau karena tidak tahu bahwa ada zat berbahaya seperti racun tepatnya bisa membuat tubuh salah satu makhluk hidup yang memakannya dapat menyebabkan salah satu gejala yang tidak diinginkan. Mungkin salah satunya adalah kematian.

  • Pohon upas

Pohon upas sendiri memiliki kandungan racun juga didalam bagian tanaman ini yang fungsinya untuk menjaga diri dari serangan berbagai macam makhluk hidup yang berusaha untuk mengganggu kelangsungan hidup dari pohon upas itu sendiri.

Baca juga: Jenis-Jenis Tulang Daun, Jaringan Penyusun Daun Dikotil.

6. Cangkang Buah yang Keras

Setiap tumbuhan ada yang memiliki waktu untuk berbuah dan pastinya tumbuhan tersebut memiliki sistem pertahanan diri agar tidak tumbuhan tersebut tidak diserang dan buahnya dimakan oleh berbagai macam makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Dengan cangkang buah yang sangat keras, bisa memungkinkan bagi makhluk hidup untuk susah dalam memakannya dikarenakan cangkang pada buah tanaman tersebut susah untuk dibuka dan dimakan karena memiliki cangkang atau kulit yang sangat keras.

Contoh beberapa buah yang memiliki kulit atau cangkang yang sangat keras untuk dibuka adalah:

  • Buah kelapa

Dari tumbuhan kelapa sendiri yang memiliki tinggi yang lumayan sangat tinggi, memiliki buah yang dilapisi dengan kulit yang amat tebal dan keras. Untuk membukanya sangatlah susah untuk makhluk hidup karena membutuhkan usaha dan cara khusus dalam membukanya. Dari kulit yang keras ini membantu tumbuhan kelapa dalam menjaga buahnya agar tidak sembarangan makhluk hidup untuk memakan buah kelapa tersebut dimana hal tersebut merupakan salah satu bentuk perlindungan dirinya dari gangguan makhluk hidup lainnya.

  • Biji mahoni

Biji mahoni merupakan inti dari buah pohon mahoni dimana biji mahoni ini sendiri memiliki sistem pertahanan diri yang cukup bagus karena memiliki kulit yang keras. Sehingga bagi makhluk hidup akan amat susah sekali apabila ingin memakannya karena memerlukan cara khusus untuk membuka biji mahoni tersebut sehingga isi dari biji mahoni terbuka untuk dimakan setelahnya.

  • Kelapa sawit

Kelapa sawit sendiri memiliki buah yang cukup keras kulitnya jadi dengan itu merupakan salah satu bentuk pertahanan dirinya jika ada makhluk hidup lainnya yang berusaha untuk memakan buah dari kelapa sawit tersebut. Dengan kerasnya buah kelapa sawit tersebut, bagi makhluk hidup yang lain sangatlah susah untuk memakan salah satu buah yang dimiliki tumbuhan kelapa sawit tersebut.

Baca juga: Ciri-Ciri Tumbuhan Biji TertutupCiri-Ciri Tumbuhan Lumut Daun.

Setelah kita ulas bersama-sama ternyata banyak sekali macam-macam tumbuhan yang memiliki berbagai ciri khas dalam melindungi dirinya sendiri dari gangguan makhluk hidup yang lain jika makhluk hidup lain tersebut berusaha untuk mengganggu kelangsungan hidup tumbuhan tersebut.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan