Sponsors Link

Cara Perkembangbiakan Bawang Merah Terlengkap

Sponsors Link

jika kita membicarakan dunia tumbuhan maka pastinya ada banyak sekali hal yang bisa kita bicarakan. Setiap hal yang berhubungan dengan tumbuhan juga bisa mempengaruhi berbagai macam aspek kehidupan manusia. Baik berupa pengaruh yang langsung, maupun pengaruh yang tak langsung. Banyak sekali jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

ads

Meskipun dunia tumbuhan memiliki jumlah yang sangat banyak dan luas. Namun, tak sedikit juga tanaman yang dibudidayakan oleh manusia. jika berbicara mengenai tanaman yang telah dibudidayakan dan memiliki manfaat bagi manusia maka ada berbagai macam jenis yang bisa disebutkan. Namun, salah satunya adalah bawang merah, tanaman yang sudah kita kenal sejak lama dan familiar.

Kali ini kita akan membahas mengenai cara perkembangbiakan bawang merah. Beberapa dari kita mungkin penasaran dan ingin mengetahui mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan bawang merah. Bawang merah memang menyimpan banyak hal yang bisa kita jadikan sebagai bahan pembicaraan atau pembahasan, seperti

Bawang merah merupakan salah satu tanaman yang sangat familiar bagi banyak orang. Terutama bagi mereka yang memang menyukai bidang memasak. Pada awalnya bawang merah sendiri berasal dari daerah Iran, Pakistan. Dari kedua daerah tersebut perlahan bawang merah mulai tersebar hingga ke penjuru dunia. Sejak saat itu bawang merah mulai dibudidayakan di berbagai daerah tropis, sub-tropis maupun daerah dingin. Hal ini dikarenakan banyak sekali menu masakan di dunia yang membutuhkan bawang merah sebagai salah satu bahan utama.

Bawang merah sendiri merupakan salah satu tanaman yang bisa digolongkan sebagai salah satu tumbuhan berbunga  majemuk. Bunga pada bawang merah sendiri memiliki bentuk seperti tandan yang memiliki bunga sekitar 50 sampai 100 buah kuntum bunga. Hal yang cukup menarik adalah tangkai tandan bunga yang dimiliki oleh bawang merah sendiri akan jauh lebih panjang dari pada bunga itu sendiri. Bahkan tangkainya sendiri akan jauh lebih panjang daripada daun dari bawang merah.

Jenis bunga yang dimiliki oleh bawang merah adalah jenis bunga sempurna. Jenis bunga sempurna adalah jenis bunga yang lengkap dengan benang sari dan putik pada satu tempat. Bawang merah sendiri pada dasarnya memiliki buah yang kadang kita manfaatkan. Pada buah bawang merah sendiri terbentuk dari tiga bagian utama yang lebih sering disebut carpel. Pada bagian dalam carpel maka kita kan menemukan dua buah bakal biji.

Pada bidang keilmuan biologi, terutama pada bidang taksonomi. Bawang merah sendiri memiliki informasi taksonomi sebagai berikut

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliposida
  • Ordo : Asparagales
  • Famili : Amaryllidaceae
  • Genus : Allium
  • Species : Allium cepa

Bawang merah sendiri memang merupakan salah satu tanaman yang masih memiliki hubungan erat dengan beberapa jenis bakung-bakungan. Kandungan gizi dan nutrisi bawang merah sendiri bisa dikatakan cukup besar dan cukup banyak. Kandungan seperti Vitamin C, Kalium, Serat dan Asam Folat dapat kalian temukan di dalam bawang merah itu sendiri

Jika membicarakan mengenai proses perkembangbiakan dari bawang merah sendiri maka ada beberapa hal yang bisa kita bicarakan. Hal ini dikarenakan bawang merah sendiri dapat melakukan perkembangbiakan melalui dua cara yang berbeda. Setiap cara tersebut memang memiliki kelebihan dan keunggulan daripada cara yang lainnya.

  • Cara pertama yang bisa digunakan untuk perkembangbiakan bawang merah adalah dengan cara seksual atau perkawinan. Pada cara ini tentunya proses yang berjalan sudah banyak yang mengetahuinya. Pada cara ini benang sari akan membuahi putik, dengan bantuan dari serangga maupun angin. Selain itu, biasanya masa penyerbukan dari bawang merah sendiri tidak akan berlangsung terlalu lama.
  • Cara kedua yang bisa digunakan adalah dengan cara aseksual atau tidak kawin. Cara ini memanfaatkan umbi dari bawang merah itu sendiri. kita bisa menanam umbi dari bawang merah untuk kemudian akan muncul tunas baru. Tunas baru akan muncul dari bagian tengah umbi bawang merah itu sendiri. Cara perkembangbiakan ini biasanya lebih banyak dipilih karena lebih mudah dan sederhana. Jika dibandingkan dengan proses penyerbukan, jumlah individu yang dapat dihasilkan juga akan jauh lebih banyak.

Bawang merah sendiri memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kita gunakan. Selain menjadi salah satu bahan masak yang utama, bawang merah juga merupakan salah satu obat tradisional. Banyak yang menjadikan bawang merah sebagai pendamping metode pengobatan tradisional sejak lama. Selain itu bagian dari bawang merah sendiri juga bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pewarna alami.

Itu tadi beberapa hal yang berhubungan dengan cara perkembangbiakan bawang merah. Bawang merah memang merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak sekali memiliki manfaat. Baik dalam bidang kuliner maupun bidang pengobatan. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan