Sponsors Link

12 Cabang Ilmu Fisika yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Ilmu pengetahuan alam secara umum atau keseluruhan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu ilmu fisika, ilmu biologi, dan ilmu kimia. Setiap ilmu ternyata dibagi lagi menjadi beberapa bagian, seperti cabang ilmu kima.

Ilmu fisika adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk atau benda tidak hidup. Namun demikian ilmu ini tetap berhubungan dengan makhluk hidup atau biologi karena pada dasarnya lingkungan biotik dan tidak hidup yang membentuk sistem kehidupan. Sistem yang kemudian dikenal dalam komponen ekosistem dan lingkungan yang memengaruhinya.

Mengapa ilmu harus dibagi-bagi menjadi beberapa bagian? Karena cakupan sebuah ilmu sangatlah luas. Agar lebih fokus dan lebih mudah memahaminya, kita tidak perlu mengkaji semua. Di bawah ini adalah 13 cabang ilmu fisika yang dirangkum dari berbagai definisi para ahli.

1. Mekanika

Mekanika merupakan cabang ilmu fisika yang telah mulai dipelajari sejak sekolah dasar. Cabang ini mempelajari tentang gerak benda. Ilmu fisika mekanika terbagi lagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Kinematika, ilmu yang mempelajari gerak benda tanpa menyelidiki sebab objek atau benda tersebut bergerak. Termasuk dalam ini yang sudah dipelajari sejak sekolah tingkat dasar adalah contoh soal kecepatan linier sebuah benda.
  • Dinamika, ilmu yang mempelajari gerak benda dengan menyelidiki sebab benda tersebut bergerak. Contoh pembahasan ilmu dinamika adalah gaya. Setiap gaya terjadi karena disebabkan oleh sesuatu. Gaya gravitasi, membuat semua benda yang berada di atas permukaan bumi jatuh menuju inti bumi.

Gelombang dan cahaya termasuk pada fisika mekanik.

2. Fisika Quantum

Fisika quantum merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang atom dan sub atom. Ilmu kuantum berada di tengah antara ilmu fisika dan kimia. Yang dipelajari sama-sama bagian terkecil dari benda, yaitu atom. Dalam fisika quantum, atom dan sub atom dipelajari model pergerakannya, model molekul, teori model atom, dan kecepatan geraknya. Sementara atom dalam ilmu kimia dipelajari secara lebih luas, dalam rangka pembentukan dan penguraian. Fisika quantum sering disebut juga fisika inti. Ilmu ini menunjukkan keterkaitan antara fisika dan kimia.

3. Mekanika Fluida

Ilmu mekanika fluida bagi beberapa ahli sering dimasukkan dalam ilmu mekanika secara umum. Namun, bagi ahli lain mekanika fluida sedikit berbeda. Fluida merupakan benda atau zat yang dapat mengalami perubahan bentuk karena dikenai gaya. Mekanika fluida adalah ilmu yang mempelajari gerakan fluida, dalam hal ini zat cair dan gas. Sementara benda padat tidak dapat disebut fluida karena tidak mengalir dan tidak dapat berubah bentuknya. Mekanika fluida meliputi fluida dinamis dan statis zat cair dan gas.

4. Fisika Listrik dan Magnet (Elektronika)

Sesuai dengan namanya, listrik dan magnet mempelajari elektron atau partikel yang bermuatan listrik dan magnet. Secara dasar, ilmu ini juga sudah mulai dipelajari di tingkat sekolah awal, seperti rangkaian listrik dan gaya magnet. Namun, ilmu ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian karena cakupannya yang masih cukup luas.

  • Tehnik Elektro, khusus mempelajari aplikasi fisika listrik dan magnet dalam kehidupan sehari-hari.
  • Elektrostatis, ilmu yang mempelajari partikel bermuatan listrik tetap atau diam atau tidak berpindah. Elektrostatis ini pertama kali ditemukan oleh Benyamin Franklin ketika pertama kali menemukan listrik pada petir.
  • Elektrodinamis, kebalikan dari elektrostatis, mempelajari muatan listrik yang mengalir. Dalam ilmu ini dipelajari arus listrik, daya, dan berbagai faktor yang memengaruhinya.
  • Bioelektromagnetik, mungkin jarang kita dengar. Ilmu ini mempelajari listrik, magnet, dan elektromagnetik panas yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup.

5. Termodinamika

Termodinamika berasal dari dua kata, termo yang berarti panas dan dinamika yang bergerak. Termodinamika diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang energi dan perpindahan panas. Di sini kita akan mempelajari pemuaian, kalor yang dibutuhkan benda untuk berubah wujud, perubahan suhu, dan sebagainya. Beberapa ahli menggolongkan ilmu fisika ini ke dalam mekanika dinamika. Agar lebih memahami kita dapat melihat dan mempelajari contoh soal hukum termodinamika 1 dan contoh soal hukum termodinamika 2.

6. Optika Geometris

Benda optik adalah benda yang berhubungan dengan pemanfaatan sifat cahaya yang dapat dipantulkan. Benda ini berhubungan dengan mata yang bekerja sesuai dengan sifat cahaya yang dipantulkan. Optika geometris berarti ilmu yang mempelajari cahaya dan peralatan yang membantu penglihatan manusia. termasuk benda yang membantu penglihatan manusia dan disebut alat optik, antara lain kamera, kacamata, mikroskop, teleskop, terpong, dan lain-lain.

7. Astronomi

Tidak banyak orang yang tahu bahwa astronomi termasuk dalam ilmu fisika. Iya, karena ilmu ini mempelajari segala sesuatu tentang perbintangan dan benda-benda di luar angkasa. Kesemuanya merupakan benda tidak hidup.

8. Fisika Medis

Medis berasal dari kata medical atau kedokteran. Fisika medis, artinya ilmu fisika yang berhubungan dengan dunia kesehatan atau kedokteran. Fisika medis dibagi lagi menjadi tiga, yaitu:

  • Biomekanika, mempelajari gaya dan hukum fluida dalam tubuh. Hal ini terkait dengan udara atau gas dan segala hal yang berbentuk cairan dalam tubuh makhluk hidup.
  • Biooptik, umumnya khusus mempelajari mata manusia dan alat optik yang membantu meningkatkan fungsinya.
  • Biolistrik, mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan kelistrikan pada sel atau jaringan makhluk hidup.

9. Fisika Radiasi

Fisika radiasi mempelajari proses energi yang bergerak dalam ruangan dan diserap oleh benda lain. Umumnya benda yang mengalami radiasi adalah gelombang cahaya, beberapa di antaranya berbahaya. Kita dapat mempelajari  fisika radiasi dalam contoh radiasi benda hitam dan teori radiasi Planck. Radiasi yang dikenal secara luas adalah radiasi sinar gama, beta, dan alfa.

10. Fisika Lingkungan

Jika fisika inti berhubungan dengan ilmu kimia, fisika lingkungan berhubungan dengan ilmu sosial seperti geografi dan geologi. Fisika lingkungan adalah ilmu fisika yang mempelajari segala sesuatu yang berada di bumi dan udara dan berhubungan dengan kehidupan. Contoh fisika lingkungan, antara lain fisika tanah dalam bumi, fisika permukaan bumi, fisika udara, hidrologi, gempa (fisika seismograf), fisika laut (oceanografi fisika), meteorologi, fisika awan, dan fisika atmosfer.

11. Geofisika

Geofisika merupakan gabungan dari beberapa ilmu sains. Ilmu ini menggabungkan ilmu fisika, geografi, kimia, dan matematika sekaligus. Yang termasuk dalam ilmu ini adalah ilmu tentang gempa atau seismologi, magnet bumi, gravitasi, dan geoelektro. Pada ilmu tentang gempa misalnya dipelajari ilmu geografi (bentuk dan pergerakan lempeng permukaan bumi), perhitungan matematika terjadinya gempa, dan akibat gempa terhadap makhluk hidup.

12. Ekonomifisika

Ekonomi fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang fisika dilihat dari sudut ekonomi. Tentunya secara sederhana ilmu fisika dihubungkan dengan hukum penawaran dan permintaan.

Demikian uraian singkat tentang 12 cabang ilmu fisika. Semoga bermanfaat, khususnya bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di bidang fisika.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Fisika