Categories: Ekologi

Bioma Tundra: Ciri-Ciri, Jenis, Dan Contoh Flora Faunanya

Bioma merupakan suatu tempat atau wilayah yang menjadi suatu ekosistem dan berada di daerah yang amat luas serta memiliki flora dan fauna khas. Di planet Bumi ini ada beragam jenis bioma. Salah satu bioma yang akan dibahas kali ini yakni bioma tundra.

Bioma tundra merupakan suatu bioma yang berada di kawasan paling dingin di Bumi tepatnya di wilayah beriklim dingin. Kata tundra sendiri berasal dari bahasa Finlandia yakni ‘tunturia’ yang memiliki arti dataran tanpa pohon.

Sehingga dapat diartikan jika bioma tundra adalah suatu ekosistem yang memiliki wilayah amat luas dan hanya sebuah dataran tanpa pepohonan.

Bioma tundra hanya dapat ditemukan di kawasan dekat kutub utara dan di sebagian area kutub selatan, atau lebih tepatnya di sekitar kawasan Artik dan Greenland, serta di pulau-pulau kecil yang berada di Antartika.

Karena terletak di bagian paling utara dan selatan bumi, maka pada waktu tertentu kedua daerah tersebut tidak memperoleh sinar matahari atau gelap dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sehingga menyebabkan daerah di bioma tundra hanya ditumbuhi oleh tumbuhan berupa pohon yang berukuran kerdil, lumut kerak, dan sphagnum.

Ciri-Ciri Bioma Tundra

Adapun ciri-ciri dari bioma tundra antara lain:

  1. Memiliki waktu musim dingin yang amat panjang dan gelap karena matahari tidak menyinari wilayah ini dalam kurun waktu yang lama. Namun saat musim panas tiba, daerah ini akan terus disinari oleh sinar matahari terus menerus selama beberapa bulan.
  2. Hampir sebagian besar wilayahnya selalu diselimuti oleh salju atau es. Oleh karena ini daerah ini sering disebut sebagai gurun es.
  3. Sering terjadi fenomena permafrost, yaitu permukaan tanah mengalami pembekuan secara permanen.
  4. Memiliki intensitas hujan tahunan yang amat kecil yakni 15-25 cm per tahun sehingga air hujan tidak dapat menembus permafrost.
  5. Kecepatan angin cukup tinggi serta memiliki suhu udara yang amat dingin. Sehingga menciptakan vegetasi tumbuhan yang sama yaitu tundra alpine.
  6. Keanekaragaman biotik termasuk rendah dengan struktur vegetasi sederhana.
  7. Diperkirakan bioma tundra memiliki luas sekitar 20% dari total keseluruhan permukaan bumi.
  8. Umumnya tumbuhan yang terdapat di bioma tundra memiliki usia pendek yakni 30 hingga 120 hari saja.
  9. Nitrogen yang terdapat di bioma tundra berasal dari fiksasi biologis, sedangkan fosfor dibuat dari curah hujan.
  10. Energi dan sumber nutrisi bagi tumbuhan di bioma tundra berasal dari bahan-bahan organik yang telah mati.
  11. Tumbuhan di bioma tundra masih dapat melakukan fotosintesis meskipun sinar matahari berintensitas dan suhu rendah sekalipun.

Jenis-Jenis Bioma Tundra

Bioma tundra terbagi menjadi 2 jenis antara lain:

Tundra Alpine

Merupakan tundra yang terletak di atas pegunungan tinggi dan memiliki suhu udara yang amat dingin di dunia. Pada tundra alpine permukaan tanah tidak memiliki nutrisi sehingga sangat mustahil bagi pepohonan untuk dapat tumbuh, sebab tundra alpine dikenal sebagai kawasan yang cukup kering.

Adapun jika ditemukan tumbuhan yang dapat hidup di tundra alpine hanya berasal dari jenis perdu, rumput (alang-alang), linchen, dan lumut.

Tundra Arktik

Diperkirakan jika tundra arktik telah ada sejak 10.000 tahun yang lalu dan dianggap sebagai bioma paling muda di dunia. Tundra arktik terletak di antara kutub utara dan hutan sejenis taiga.

Banyak yang menyebut tundra arktik sebagai tundra basah yang berada di seluruh sub-Arktik.

Lapisan permukaan tanahnya selalu membeku atau permafrost dan hanya ditemukan tumbuhan tertentu yang dapat bertahan ketika musim dingin. Pada tunda arktik terdapat pula semak arktik berupa daerah aliran sungai dan lembah yang terlindungi.

Ada sekitar 1700 vegetasi tanaman, termasuk diantaranya semak-semak rendah, rumput, lumut rusa, dan sedge, serta 400 varietas bunga seperti foliose lumut dan crustise yang dapat ditemukan di tundra arktik.

Contoh Flora dan Fauna Bioma Tundra

Flora Bioma Tundra

Flora yang berada di bioma tundra cukup terbatas. Hal ini disebabkan karena kondisi lingkungan yang kering, kualitas tanah yang buru, suhu yang amat dingin, serta permukaan tanah yang mengalami permafrost.

Oleh karena itu tumbuhan di bioma tundra harus dapat beradaptasi dengan kondisi suhu dingin dan gelap, sebab selama musim dingin matahari tidak pernah muncul di kawasan ini. Tumbuhan hanya akan tumbuh dengan periode singkat yakni ketika musim panas atau suhu dalam kondisi hangat.

Sehingga tumbuhan yang hanya dapat ditemukan di bioma tundra hanya semak pendek dan rerumputan. Adapun flora yang terdapat di bioma tundra yakni lumut, rosette, semak kerdil, dan sedges.

Fauna Bioma Tundra

Beberapa fauna yang dapat ditemukan di bioma tundra antara lain:

  1. Kelinci salju
  2. Rusa
  3. Muskox
  4. Caribou
  5. Burung elang
  6. Beruang kutub
  7. Pinguin
  8. Burung hantu
  9. Paus beluga
  10. Paus narwal
  11. Bison kutub
  12. Rubah kutub

Recent Posts

Mengapa Langit Berwarna Orange Pada Sore Hari?

Pernahkah kalian bertanya-tanya dengan warna langit setiap waktunya? Ketika pagi, siang, dan sore warnanya bisa…

2 weeks ago

Perbedaan Umbra, Penumbra, dan Antumbra

Umbra, penumbra, dan antumbra merupakan 3 bagian berbeda dari suatu bayangan dari benda padat yang…

2 weeks ago

6 Hewan Paling Lambat Di Dunia

Setiap hewan yang ada di dunia ini mempunyai keunikan tersendiri. Dari hewan berukuran besar hingga…

2 weeks ago

7 Hewan Paling Beracun Di Dunia

Setiap hewan mempunyai mekanisme tersendiri demi melindungi dirinya dari mangsa. Salah satu bentuk mekanisme pertahanan…

2 weeks ago

Tanah Humus: Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Humus adalah salah satu komponen pada tanah, merupakan bahan organik yang tersebar di tanah dengan…

3 weeks ago

Debu Kosmik: Pengertian, Proses Pembentukan, dan Dampaknya

Pengertian Debu Kosmik Debu kosmik atau bisa juga disebut debu luar angkasa adalah debu yang…

3 weeks ago