Sponsors Link

4 Binatang yang Tidak Pernah Tidur dan Waktu Tidurnya Singkat

Sponsors Link

Tidur adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengistirahatkan sistem kerja tubuh tepatnya beberapa fungsi biologis tubuh. Ibarat mesin yang jika digunakan tanpa henti akan mengalami kerusakan, tubuh pun sama. Pada manusia tidur menjadi hal wajib sesudah beraktivitas sepanjang hari. Pola tidur berbeda-beda setiap manusia, seperti pola tidur bayi, anak-anak sampai orang dewasa. Lalu bagaimana dengan tidur yang dilakukan oleh semua binatang tepatnya yang masuk dalam kingdom animalia? Sejauh ini manusia dan kelompok hewan lain telah diketahui pola tidur terkait rata-rata tidur mereka.

ads

Pengertian tidur bagi manusia juga sama dengan tidur pada hewan yang  merupakan kondisi istirahat alami yang ditandai dengan adanya perubahan kesadaran, rangsangan, homeostatik, namun tidak semuanya. Terdapat perbedaan definisi tidur sebenarnya, yaitu definisi secara fisiologis dan perilaku.

  • Tidur Secara fisiologis merupakan keadaan yang tidak sadar, pola gelombang khusus yang terjadi di otak, gerakan mata yang cepat dan otot melemas. Tidur ini dialami oleh manusia, mamalia lain, dan burung. Sedangkan,
  • Tidur dalam arti perilaku merupakan kondisi tidur dengan adanya gerakan yang terbatas, tidak responsif terhadap rangsangan, mempunyai postur yang khas, dan terkadang terulang setiap 24 jam. Ini sering terjadi pada hewan yang mempunyai otak yang tidak kompleks atau hewan sederhana. Pada definisi ini, hewan tersebut kemungkinan sulit dibedakan apakah dia benar-benar tidur atau dalam kondisi terjaga.

Defenisi tidur tidak semestinya merujuk pada manusia dan hewan berkembang lainnya yang tidur dengan kondisi mata tertutup dan berbaring. Faktanya, banyak jenis hewan yang mempunyai cara dan pola tidur yang unik.  Jika tidur adalah hal esensial bagi setiap hewan mengingat setiap jenis hewan memiliki sistem kerja tubuh yang juga butuh istirahat seperti tidur, maka sudah jelas semua hewan punya pola dan cara tidur yang berbeda setiap jenisnya tidak mengenal hewan tingkat tinggi maupun rendah, hal ini juga diyakini oleh banyak ilmuwan.

Namun, apakah di dunia ini terdapat binatang yang benar-benar tidak pernah tidur? Apakah terdengar seperti mustahil terjadi? Untuk memperjelas pernyataan tentang binatang yang tidak pernah tidur, simak penjelasannya di bawah ini.

Binatang yang Tidak Pernah Tidur

Sebenarnya nominasi binatang yang tidak pernah tidur hanya terjadi pada periode tertentu saja, artinya aktivitas terjaga (sadar) mereka lebih panjang dibandingkan waktu “tidur”, jadi banyak orang yang salah artikan definisi hewan tidak tidur sebenarnya. Karena sejauh ini belum ditemukan hewan yang tidak tidur sekalipun berupa organisme tingkat rendah masih menunjukkan ritme aktivitas sirkadian (atau jam biologis) yang dapat diartikan sebagai aktivitas “tidur”. Berikut ini akan dibahas beberapa hal seputar binatang yang tidak pernah tidur namun tidak sepenuhnya benar:

  1. Mamalia air dan Ikan tidak tidur

Banyak orang beranggapan bahwa lumba-lumba, paus, atau ikan-ikan tidak pernah tidur. Mamalia laut seperti lumba-lumba dan kerabat mamalia lain yang menghabiskan hidupnya dalam air, ketika berada dalam air mereka tidur dengan mekanisme yang disebut hemisphare. Hemisphare merupakan tidur dengan sebagian otaknya yang masih berfungsi. Sehingga saat berenang dan mengambil napas masih memungkinkan dapat dilakukan selagi tidur. Kerja otak ini akan bekerja bergantian sehingga sepenuhnya bisa beristirahat.

Bagaimana dengan ikan? Ikan adalah jenis hewan vertebrata yang hidup di ekosistem air, baik jenis ekosistem air tawar maupun ekosistem laut, memiliki sirip yang membantunya bergerak di dalam air. Dicurigai ikan tidak pernah tidur untuk memenuhi kebutuhan sirkulasi oksigen melalui insang. Ditemukan pada beberapa spesies ikan menunjukkan kondisi tidak bergerak atau tidak responsif ketika dalam keadaan gelap atau malam hari, misalnya yang ditemukan pada ikan zebra. Kondisi ini diyakini adalah fase istirahat layaknya tidur. Baca juga mengenai hewan nokturnal yang hidup di air.

Sponsors Link

  1. Serangga pekerja tidak pernah tidur

Melihat serangga yang selalu aktif bekerja untuk koloninya menimbulkan spekulasi bahwa mereka tidak pernah tidur. Walaupun hidup mereka singkat namun istirahat atau tidur menjadi hal yang vital. Perubahan ritme sirkadian (jam biologis) diketahui terjadi pada lebah dan pernah dilaporkan bahwa seekor lebah cuckoo (Genus Nomada) memperlihatkan posisi tenang layaknya tidur menggunakan mandibulanya untuk penahan posisinya di ranting. Serangga tidak menunjukkan aktivitas tidur REM seperti cara tidur mamalia darat namun menunjukkan aktivitas ritmet sirkadian (jam biologis) yang dianggap sebagai fase istirahat mereka.

  1. Burung tidak pernah tidur ketika migrasi

Melihat burung beristirahat saat berada diranting pohon sudah biasa terjadi. Sebagaimana diketahui pada kelompok burung terjadi mekanisme tidur REM dan non-REM. Tidur REM berarti aktivitas tidur total sedangkan non-REM merupakan aktivitas setengah tidur untuk mengantisipasi adanya bahaya. Namun  tidur REM pada kelompok burung berlangung singkat dibandingkan kebanyakan mamalia.

Pertanyannya adalah saat burung melakukan migrasi yang biasanya berupa perjalanan jauh mereka akan tetap terjaga? Pada jenis burung tertentu yang tidak pernah beristirahat ketika migrasi diduga oleh para peneliti bahwa burung tersebut terdapat aktivitas menimalisir gerakan sayap mereka dan kemungkinan besar mereka melakukan aktivitas no-REM. Baca juga mengenai daur hidup burung dan ciri-ciri burung.

Sponsors Link

  1. Mamalia besar tidak tidur untuk menghindari predator

Jika melihat hewan-hewan di alam liar yang mempunyai gerakan waspada untuk selalu menghindari predator, mungkin muncul dibenak bahwa mereka mungkin kurang atau tidak mungkin tidur. Gajah, jerapah, rusa, dan kelompok hewan mamalia yang hidup di alam liar ternyata mempunyai waktu tidur yang singkat. Tidur berdiri seperti pada gajah, kuda, dan jerapah sudah hal yang wajar agar tidak tidur dalam kondisi terlelap. Jikalah tidur berbaring kemungkinan besar tidurnya pun dalam waktu singkat. Pada umumnya, terjadi aktivitas tidur REM dan no-REM yang biasanya terjadi secara singkat. Baca juga mengenai cara hewan melindungi diri.

Manfaat Tidur Bagi Hewan

Tidur menjadi hal wajib setiap organisme. Saat tidur tubuh berkesempatan menyegarkan diri sehingga siap untuk digunakan dalam beraktivitas. Tidur mempunyai banyak manfaat bagi hewan, diantaranya:

  • Memaksimalkan penghematan energi
  • Menjaga energi tubuh agar tetap stabil
  • Mengurangi penggunaan energi berlebih
  • Membantu memulihkan tubuh yang lelah atau sakit
  • Membantu pelepasan hormon

Itulah tadi pembahasan seputar binatang yang tidak pernah tidur dalam pengertian yang sesungguhnya. Namun, perlu diingat bahwa sejauh ini informasi yang penulis temukan terdapat beberapa pendapat berbeda. Penulis berusaha tampilkan pendapat atau informasi yang paling banyak digunakan. Terlepas dari itu, semoga pembahasan ini bisa menambah wawasan kita.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan