Sponsors Link

Bilangan Kuantum: Definisi-Fungsi-jenis

Sponsors Link

Macam-Macam-Bilangan-KuantumCiri khas dari model atom yang dicetuskan oleh Erwin Schrödinger dari model atom mekanika kuantum yaitu bilangan kuantum. Bilangan kuantum merupakan bilangan yang menunjukan letak elektron yang terdapat di dalam atom suatu unsur atausenyawa untuk menjelaskan kuantitas dan sifat elektron dalam orbital. Pada sistem kuantum terdapat satu atau lebih bilangan kuantum.

ads

Fungsi dari bilangan kuantum yaitu

  • menentukan tingkat energi utama yang jaraknya dihitung dari inti
  • menentukan bentuk orbital
  • menentukan orientasi orbital
  • menentukan spin elektron

Jenis-Jenis bilangan kuantum:

  1. Bilangan Kuantum Utama (n)

Pertama kali digunakan dalam model atom Bohr semiklasik.walupun sudah teori atom modern konsep bilangan kuantum utama masih diperlukan menentukan tingkat energi yang dimiliki elektron yang nilainya tidak pernah nol. Memiliki kelopak yang dilambangkan dengan huruf K,L,M,N dan seterusnya.  Bilangan kuntum utama berbanding lurusdengan jarak rata-rata elektron dari inti atom dan besar orbitalnya.

 

Kulit K L M N
Nilai n 1 2 3 4

contoh:

n=1 elektron berada pada kelopak K;

n=2 elektron berada pada kelopak L;

n=3 elektron berada pada kelopak M;

n=4 elektron berada pada kelopak N; dan seterusnya

Sponsors Link

  1. Bilangan Kuantum Azimut (l)

Bilangan azimut menentukan bentuk orbital yang digambarkan oleh omentum sudut dengan lambang l. Jika bilangan kuatum utama berkaitan dengan kelopak maka bilangan kuantum azimut berkaitan dengan subkelopak. Subkelopakterdiri dari s, p, d, f dengan bilangan kuantum azimutnya 0,1, 2,3

Untuk subkelopak spdf bilangan kuantum azimut berturut-turut adalah 0,1,2,3[2].

 

Jenis subkelopak Jumlah orbital Elektron maksimum
Subkelopak s 1 orbital 2 elektron
Subkelopak p 3 orbital 6 elektron
Subkelopak d 5 orbital 10 elektron
Subkelopak f 7 orbital 14 elektron
  1. Bilangan Kuantum Magnetik (m)

Bilangan kuantum magnetik dilambangkan dengan hufur m.Fungsinya yaitu menentukan orientasi orbital dalam ruang tiga dimensi di sekitar inti. Dengan adanya medan magnet nilai elektron atau orbital agak sedikit berubah karena interaksi yang terjadi antara medan magnet intenaldan medan magnet luar. Bilangan kuantum magnet berkaitan dengan adanya Di dalam satu subkulit, nilai bergantung pada nilai bilangan kuantum azimut/momentum sudut l.  Jumlah m menunjukan jumlah orbital pada subkulit.

  1. Bilangan Kuantum Spin (s)

Fungsi dari bilangsan kuantum spin adalah menyatakan momentum sudut spin magnetik.bilangan kuantum ini dilambangkan dengan huruf s. nilai positif atau negatif dari spin menyatakan bahwa rotasi partikel pada sumbu.

Syarat bilangan kuantumkeempat yaitu bersifat momen magnetik. Jumlah elektronyang genap spin masing-masing elektron memiliki orientasi berlawanan dengan sebelahnya. Namun ada jumlah elektron ganjilyang jumlah orientasinya terjadi ketidak seimbangan spin naik dan spin turunnya.  Atom ini dalam resonansi putaran elektron memiliki putaran yang tak berpasangan yang terdeteksi.

Demikian uraian mengenai bilangan kuantum yang terdiri dari bilngan kuantum utama, bilangan kuantum azimut, bilngan kuantum magnetik, bilangan kuantum spin. Semoga tulisan ini dapat dimanfaatkan pembaca untuk menambah ilmu pengetahuan.

Sponsors Link
Oleh :
Kategori : Fisika