Sponsors Link

3 Wujud Zat : Sifat, Konsep, Jenis Perubahan dan Contohnya

Sponsors Link

Seluruh benda yang berada di alam terdiri atas zat atau materi. Manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan terdiri atas zat atau materi. Setiap zat tersusun atas berjuta-juta partikel. Zat didefinisikan sebagai sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Pada prinsipnya terdapat tiga wujud zat yakni zat padat, zat cair dan Gas. Beberapa contoh terdapat di lingkungan kita sehari-hari seperti rumah, sekolah, jalan dan sebagainya.

ads

Apakah semua zat padat, zat cair dan Gas memiliki ruang dan massa? Ya. Gas tidak terlihat kasat mata apakah termasuk zat? Bagaimana cara membuktikannya? Berikut cara membuktikannya gas memiliki ruang dan massa benda:

  1. Persiapkan alat dan bahan seperti sebatang lidi dengan panjang sekitar ± 50 cm, dua balon sejenis berukuran sama, dan benang.
  2. Mengikat lidi dengan benang di tengah-tengahnya sampai keadaan setimbang (lidi berada pada posisi mendatar). dan gantungkan di tempat tertentu.
  3. Meniup kedua buah balon sampai berukuran sama besar. Kedua balonnya diletakkan di kedua ujung lidi yang telah disetimbangkan.
  4. Kemudian menusuk salah satu balon dengan jarum sehingga kempes. Apa yang terjadi? Apakah kesimpulan kalian?

Sifat-Sifat Zat

Peta Konsep Zat

1. Zat Padat

Beberapa yang termasuk zat padat adalah besi, tembaga, aluminium, kayu, pulpen. Ketika pulpen di letakkan di dalam gelas kemudian dipindahkan di atas meja maka baik bentuk maupun volume pulpen tersebut tidak berubah. Jadi sifat zat padat adalah baik bentuk dan volumenya tetap.

2. Zat Cair

Beberapa yang termasuk zat cair adalah air, alkohol, minyak. Misalkan sejumlah air dituangkan ke dalam botol, kemudian dipindahkan ke dalam gelas minum dan pindahkan lagi ke mangkok. Ternyata bentuk zat cair selalu mengikuti bentuk wadahnya. Tanpa mengurangi volume zat cair. Jadi, sifat zat cair adalah volumenya tetap tetapi bentuknya selalu berubah bergantung pada bentuk wadah yang ditempatinya.

3. Gas

Beberapa zat yang termasuk gas seperti udara disekitar kita dan gas helium yang digunakan untuk mengisi balon udara. Jika minyak wangi disemprotkan pada salah satu sudut ruangan, minyak wangi akan segera mengisi seluruh ruangan. Kita dapat segera merasakan bau parfum, walaupun tidak berada di dekat parfum yang disemprotkan. Karena gas menyebarkan aroma minyak wangi tersebut. Sehingga volume minyak wangi berubah dan selalu mengisi seluruh ruangan. Jadi, sifat gas adalah volume berubah mengikuti volume ruangan yang ditempatinya, begitu pula dengan bentuknya berubah mengikuti bentuk ruangan yang ditempatinya.

Perubahan Wujud Zat

Percobaan pembuktian bahwa wujud zat dapat berubah adalah dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Menyiapkan alat dan bahan sebagai berikut: bejana kaca tahan api, pembakar, kawat kasa, penahan tiga kaki dan beberapa balok es.
  2. Masukkan beberapa balok es ke dalam bejana kaca.
  3. Meletakkan bejana di atas penahan tiga kaki. Fungsi kasa adakah untuk menyebarkan panas agar panas tidak terpusat pada suatu tempat.
  4. Nyalakan pembakar dan amati yang terjadi dalam bejana.
Sponsors Link

Hasilnya dari kegiatan tersebut adalah sebagai berikut. Setelah pemanasan berlangsung beberapa saat, balok es dalam bejana berubah wujud menjadi air. Beberapa waktu kemudian air berubah menjadi uap air. Jadi dapat disimpulkan zat dapat berubah.

Kapur barus merupakan contoh perubahan wujud dari zat padat menjadi gas. Seperti diketahui, kapur barus yang diletakkan di dalam lemari pakaian semakin lama akan semakin kecil dan habis. Ketika membuka lemari segera tercium uap kabur barus dan pakaian menjadi wangi. Hal ini menunjukkan bahwa kapur barus (zat padat) berubah menjadi gas (uap).

perubahan wujudDiagram perubahan wujud gas bisa dilihat pada gambar di samping. Berikut istilah-istilah perubahan wujud gas dan penjelasannya:

  • Menguap: perubahan dari zat cair menjadi gas.
  • Melebur atau mencair: perubahan dari zat padat menjadi zat cair.
  • Membeku: perubahan dari zat cair menjadi gas.
  • Mengembun: perubahan dari gas menjadi cair.
  • Menyublim: perubahan dari zat padat menjadi gas.
  • Deposisi: perubahan dari gas menjadi padat.

Dengan membaca penjelasan di atas kita jadi mengetahui penjelasan terperinci tentang zat, wujudnya dan bagaimana perubahan wujud zat tersebut. Semoga dapat menambah pengetahuan dan informasi yang bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Fisika