Sponsors Link

28 Penyakit Reproduksi Manusia Yang Wajib Untuk Dihindari

Sponsors Link

Penyakit Reproduksi Manusia harus anda perhatikan, agar anda terhindar dari penyakit tersebut. Sistem pada manusia yang sangat vital yaitu sistem reproduksi manusia . Dimana sistem ini memerlukan perawatan yang khusus, jika tidak di dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah yang akan mengganggu. Terdapat masalah yang ringan hingga yang khusus bahkan ada yang bisa mengakibatkan kematian.

ads

Berbagai penyakit yang serius tersebut disebabkan virus , bakteri maupun karena pola hidup yang tidak sehat. Seseorang yang tidak memperhatikan kebersihan dan kesehatan reproduksinya pada tubuhnya maka akan meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit yang serius .Maka dari itu dianjurkan untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat. Berikut beberapa penyakit yang menyerang reproduksi manusia. ( Baca juga : Faktor Internal Pertumbuhan )

Penyakit Reproduksi Manusia

Penyakit pada sistem reproduksi manusia dapat disebabkan oleh virus maupun. Penyakit yang menyerang atau yang terdapat pada sistem reproduksi ini biasanya disebut dengan penyakit kelamin. Penyakit-penyakit tersebut antara lain :

1. Gonore (Kencing Nanah )

Penyakit Gonore adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Tanda dan gejala dari penyakit ini adalah timbulnya cairan seperti nanah dari saluran kelamin , terasa panas, dan sering buang air kecil. Bakteri pada penyakit ini dapat menyebar ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan rasa nyeri pada persendian dan dapat mengakibatkan kemandulan. Penyakit gonore ini dapat disembuhkan apabila penderita menjalani pengobatan secara rutin ke dokter, biasanya obat-obatan yang dikonsumsi yaitu obat-obat antibiotik. (Baca juga : Hormon Giberelin )

2. Kanker Leher Rahim (Kanker serviks)

Kanker leher rahim adalah kanker yang mengenai leher rahim biasanya menyerang perempuan dewasa. Kanker rahim ditandai dengan adanya pertumbuhan-pertumbuhan sel-sel leher rahim yang tidak normal.Sebelum sel-sel tersebut menjadi sel kanker biasanya mengalami beberapa perubahan.Perubahan sel-sel tersebut biasanya memakan waktu sampai bertahun-tahun sebelum sel-sel tersebut menjadi sel-sel kanker. Akan tetapi tidak semua perubahan pada sel leher rahim merupakan suatu sel kanker. Tanda yang bisa disebut sel kanker pada rahim biasanya menyebabkan pendarahan diantara masa menstruasi. Untuk lebih memastikan apakah terdapat sel kanker maka dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. (Baca juga : Organ-organ pada Tumbuhan )

3. Sifilis

Sifilis merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri. Sifilis ini dapat menyerang wanita maupun pria , akan tetapi pada wanita sangat sulit diidentifikasi karena tidak menimbulkan tanda-tanda yang signifikan. Tanda dan gejala penyakit sifilis ini antara lain terjadinya luka pada alat kelamin, rektum, lidah dan bibir, pembengkakan getah bening pada bagian paha, bercak-bercak pada seluruh tubuh,adanya nyeri pada tulang dan sendi akibat ruam pada tubuh khususnya pada tangan dan telapak kaki. Tanda dan gejala penyakit ini dapat diobati dengan obat antibiotik dengan anjuran dari dokter. Untuk menghindari penyakit ini yaitu dengan cara menjaga pola hidup yang sehat , dan apabila seseorang telah terkena sifilis ini dianjurkan untuk tetap menjaga kebersihan dan melakukan pengobatan rutin. (Baca juga : Jaringan Penyusun Daun Dikotil )

4. Herpes Genitalis

Herpes genitalis merupakan salah satu penyakitreproduksi manusia . Herpes genitalis ini disebabkan oleh virus Herpes simpleks. Seseorang yang terkena herpes genitalis biasanya terdapat gejala antara lain timbulnya rasa gatal dan sakit pada daerah kelamin , adanya luka yang terbuka dan terdapat cairan yang menimbulkan rasa melepuh pada kulit. Herpes gentalis ini merupakan salah satu penyakit reproduksi yang tidak dapat disembuhkan melainkan dapat dikurangi tanda dan gejala-gejalanya. Virus ini tidak akan hilang akan tetapi dapat di non aktifkan agar virus ini tidak aktif. (Baca juga : Penurunan Titik Beku )

5. Kanker Ovarium

Kanker ovarium adalah kanker yang menyerang ovarium , biasanya menyerang pada wanita yang sudah memasuki menapouse. Kanker ovarium biasanya sebagian besar berbentuk tumor (tumor kistik) dan sebagiannya lagi berbentuk tumor padat. Kanker ovarium ini tergolong penyakit yang serius pada reproduksi wanita , apabila dibiarkan saja maka dapat memperburuk keadaan kesehatan bahkan dapat menimbulkan kematian. (Baca juga : Gangguan pada Sistem Pernapasan )

6. Mola Hidatidosa

Mola hidatidosa biasanya disebut dengan hamil anggur. Hamil anggur ini adalah suatu kehamilan yang tidak berisi janin, melainkan terdapat gelembung-gelembung mola dan bekuan darah.Penyakit ini terjadi karena kegagalan pembentukan bakal janin,sehingga terbentuk jaringan permukaan membran mirip gerombolan buah anggur. Adanya gerombolan tersebutlah yang menyebabkan penyakit ini disebut dengan hamil anggur. (9Baca juga : Faktor Eksternal Pertumbuhan )

7. Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan penyakit yang menyerang kelenjar prostat, dimana sel-sel pada kelenjar prostat tumbuh secara abnormal sehingga menyebabkan terdesaknya dan rusaknya jaringan yang ada di sekelilingnya. Prostat merupakan kelenjar seks pada pria yang memiliki ukuran kecil yang terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kencing. Seseorang yang terkena penyakit prostat ini akan merasakan gejala-gejala diantaranya sering buang air kecil atau sulit buang air kecil, urine (air kencing) berdarah, serta rasa nyeri di bagian pinggul atau punggung. (Baca juga : Penurunan Tekanan Uap )

ads

8. Infertilitas

Penyakit infertilitas ini merpakan keidaksuburan yang dapat terjadi pada pria maupun wanita. Jika pada wanita, ketidaksuburan ini disebabkan karena tersumbatnya tuba fallopi , menstruasi tidak teratur, adanya kelainan pada lendir leher rahim serta obesitas. Sedangkan pada pria , penyakit ini disebabkan karena adanya penyakit seperti impotensi, ejakulasi dini serta adanya kerusakan pada testis. (Baca juga : Molalitas )

9. Condiloma Accuminata

Penyakit Condiloma Accuminata ini biasanya disebabkan oleh virus Human papiloma. Penyakit ini menimbulkan berbagai gejala diantaranya yaitu timbulnya kutil yang dapat membesar di mulut rahim yang bisa mengakibatkan kanker rahim. (Baca juga : Contoh Elektrolit Lemah )

10. HIV atau AIDS

Kepanjangan dari penyakit AIDS yaitu Aquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome.Penyakit AIDA ini disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency virus (HIV) , karakteristik virus ini yaitu menyerang sistem kekbalan tubuh manusia , sehingga menyebabkan penderita rentan terhadap berbagai infeksi. Tubuh cenderung tidak dapat melindungi diri dari patogen yang  masuk ke dalam tubuh , karena penyakit AIDS ini merupakan penyaki Autoimun dimana sistem imun menyerang tubuhnya sendiri. Seseorang yang terkena AIDS ini biasanya di sertai berbagai penyakit lain yang mengakibatkan komplikasi. Penyakit ini dapat tertular melalui kontaks seksual , transfusi darah , jarum suntik , serta melalui air ludah (liur). (Baca juga : Kenaikan Titik Didih )

11. Impotensi

Impotensi merupakan salah satu penyakitrreproduksi manusia yang biasanya dialami oleh pria. Penyakit ini merupakan ketidakmampuan mempertahankan ereksi penis. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu gangguan produksi hormon testosteron, kelainan psikis,penyakit diabetes militus, kecanduan alkohol, obat-obatan, serta gangguan sistem saraf. (Bacca juga : Perbedaan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit )

12. Ejakulasi Dini

Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang pria . Penyakit ejakulasi dini yaitu gangguan seksual pada pria dimana saat proses ejakulasi tidak dapat dikendalikan. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan psikis karena stres dan depresi.

13. Vulvovaginitis

Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang wanita. Vulvovaginitis ialah peradangan pada vulva dan vagina yang sering menimbulkan gejala keputihan (flour albus) yaitu keluarnya cairan yang berwarna putih kehijauan yang biasanya disebabkan oleh bakteri Gardnertella vaginalis. Selain itu juga dapat disebabkan oleh protozoa, misalnya Trichomonas vaginalis atau oleh jamur albicans.

14. Kanker Payudara

Salah satu jenis kanker yang menyebabkan kematian yaitu kanker payudara. Kanker ini merupkan kenker pada jaringan payudara yang biasanya menyerang pada wanita . Akan tetapi pria juga dapat terkena penyekit kanker payudara dengan persentase yang sangat kecil yaitu 1 : 1000. Untuk mendeteksi adanya kanker ini biasanya terdapat tonjolan didaerah payudara , selain itu pada putingnya keluar cairan putih saat di tekan. Kanker ini dapat disembuhkan apabilamendapatkan pengobatan yang rutin ,pengobatan yang dapat dilakukan diantaranya yaitu pembedahan, radiasi,kemoterapi serta pemberian hormon. (Baca Juga : Struktur Batang Dikotil)

15. Prostatis

Penyakit prostatis merupakan peradangan pada prostat yang sering disertai adanya peradangan uretra. Penyakit ini menimbulkan berbagai gejala yaitu pembengkakan yang dapat menyumbat uretra sehingga akan menimbulkan rasa nyeri dan sulit buang air kecil.

Sponsors Link

16. NGU (Non-Gonococal Urethritis )

NGU merupakan peradangan pada uretra dan serviks yang biasanya disebabkan oleh bakteri Chlamydia Trachomatis dan Ureaplasma Urealyticum.

17. Sindrom Pre Menstrual

Penyakit  ini biasanya menyerang pada wanita,  Sindrom Pre Menstrual merupakan keadaan dimana gangguan emosi, lesu, sakit kepala,bengkak pada tungkai, rasa pedih, dan nyeri payudara yang terjadi bebrapa hari sebelum menstruasi. Penyebab umumnya yaitu kadar estrogen yang tinggi, progesteron rendah, gangguan metabolisme karbohidrat, kadar prolaktin tinggi, serta adanya gangguan psikis.

18. Endometriosis

Penyakit Reproduksi Manusia yang selanjutnya adalah endometrios. Penyakit ini merupakan terdapatnya jaringan endometrium di luar rahim , yang biasanya menyerang perempuan. Misalnya dapat ditemukan pada ovarium, peritonium, usus besar, dan kandung kemih yang disebabkan oleh pengaliran balik darah menstruasi melalui tuba falopi. Gejala yang timbul diantaranya rasa nyeri saat menstruasi karena jaringan endometrisis luruh bersamaan dengan menstruasi. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan pengobatan rutin yaitu dengan opresi maupun pemberian hormon progesteron. (Baca Juga : Ciri-Ciri Tumbuhan Lumut)

19. Kanker Vagina

Kanker ini merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang pada wanita yang penyebabnya belum diketahui sampai sekarang. Akan tetapi terdapat anggapan bahwa kaker ini disebabkan oleh virus yang menyebakan iritasi pada vagina. Pengobatan yang dapat dilaukan yaitu dengan cara kemoterapi dan bedah laser.

20. Epididimitis

Penyakit ini biasanya menyerang pada pria yang merupakan peradangan pada saluran epididimis akibat infeksi atau terkena penyakit menular seksual (PMS). Tanda dan gejala yang mungkin timbul salah  satunya yaitu rasa nyeri disertai adanya pembengkakan pada testis.

21. Hipogonadisme

Hipogonadisme merupakan penyakit yang menyerang kaum laki-laki yang menyerang bagian kelamin dengan melemahnya fungsi testis. Testis yang berfungsi sebagai penghasil sperma, terganggu akibat penyakit ini. Penyakit Hipogonadisme ini disebabkan oleh kelainan interaksi antar hormon yang menyebabkan impotensi dan juga hilangnya tanda-tanda sekunder pria. Cara untuk mengobati penyakit Hipogonadisme adalah dengan melakukan terapi hormon.

Sponsors Link

22. Keputihan

Keputihan adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh wanita. Keputihan sering disebabkan oleh kuman, kelembapan pada celana dalam, jamur, stress, dan juga kelelahan. Ciri – ciri keputihan yang normal adalah tidak berwarna, tidak berbau, dan juga tidak menyebabkan gatal.

23. Kandida

Kandida adalah salah satu jenis jamur yang hidup dalam saluran pencernaan manusia dan bisa menyebabkan penyakit pada alat kelamin wanita. Jamur ini menyerang pada vagina wanita dengan gejala keluar cairan kental dan berwarna keruh pada malam hari. Penyakit Kandida ini dapat menular dengan mudah melalui kontak persetubuhan. Cara yang tepat untuk mengobati penyakit ini adalah dengan obat anti jamur.

24. Penyempitan Saluran Telur/Oviduk

Penyempitan Saluran Telur/Oviduk adalah penyakit bawaan atau dari lahir. Penyakit ini ditandai dengan penyempitan pada bagian oviduk yang menjadi tempat pembuahan. Akibatnya sperma sangat susah untuk menuju oviduk maka akan susah untuk terjadinya pembuahan.

25. Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah penyakit yang menyerang pada bagian payudara perempuan. Dengan tanda adanya benjolan pada payudara, namun ini adalah tumor jinak yang dapat disembuhkan dengan cara di operasi.

26. Condyloma

Condyloma adalah penyakit berupa benjolan kecil sebesar biji kacang dibagian kelamin. Condyloma sering disebut dengan kutil kelamin yang disebabkan oleh penularan akibat hubungan seksual dengan virus HPV (human papilloma virus) yang dapat diobati dengan obat oles atau jika sudah parah bisa dilakukan operasi.

27. Pseudohermaphrodite

Pseudohermaphrodite adalah penyakit yang ditandai dengan tidak sempurnanya bagian kelamin pada manusia. Seperti penis yang sangat kecil dan tidak disertai testis. Pseudohermaphrodite merupakan penyakit bawaan dari lahir.

28. Mikropenis

Mikropenis adalah penyakit yang menyerang pada laki-laki yang dengan tanda penis dalam ukuran yang kecil.

Penyakit-penyakit diatas merupakan Penyakit Reproduksi Manusia baik wanita maupun pria. Untuk menghindari semua penyakit diatas yaitu dengan cara menjaga pola hidup yang sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Biologi