Sponsors Link

7 Pengelompokan Hewan (#Terlengkap)

Sponsors Link

Ada banyak jenis hewan yang ada di bumi. Menurut riset, saat ini ada sekitar 7,77 juta spesies hewan yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Sekarang akan kita jabarkan beberapa pengelompokan dari hewan-hewan yang dipilih berdasarkan habitat, cara gerak, jenis makanan, car berkembang biak, penutup tubuh, cara bernafas dan jumlah kakinya.

ads

Baca juga:

Pengelompokan Hewan

Hewan dapat dikelompokkan sesuai dengan ciri-ciri atau pun sifatnya. Berikut pengelompokkannya :

Pengelompokan Berdasarkan Habitatnya

1. Hewan Darat

Hewan DaratHewan yang hidup di lingkungan kita adalah hewan hewan yang bisa kita lihat di sekitar rumah atau tempat yang terbuka. Seperti tikus, kucing, anjing, kecoa dan lain-lain. Mereka hidup dan mencari makan di darat, kebanyakan hewan darat adalah hewan yang bisa dipelihara karena tempat habitatnya yang sama dengan kita. (baca juga: Ciri Ciri Hewan Vertebrata)

Hewan yang hidup di hutan adalah hewan yang tinggal dan menetap di daerah hutan. Mereka hidup disana karena disanalah mereka mencari makan dan merasa hidup nyaman. Banyak hewan di hutan yang meninggal akibat pembakaran hutan dikarenakan tidak mempunyai mereka beradaptasi hidup di luar daerah hutan. (baca juga: Ciri Ciri Tumbuhan Lumut)

Berbeda dengan pengelompokan hewan yang hidup di lingkungan kita, hewan yang hidup di tanah adalah hewan yang habitatnya berada di dalam tanah. Mereka tinggal dan mencari makan dari hewan hewan atau tumbuhan yang ada didalam tanah. Biasanya, mereka hidup dengan memakan hewan kecil seperti semut, cacing, ulat dan lain-lain.

2. Hewan Air

Hewan AirHewan air tawar adalah hewan yang hanya bisa hidup di air yang rasanya tawar. Yang termasuk air tawar adalah seperti danau, kolam, sungai dan lain-lain. Kebanyakan hewan air tawar dijadikan hewan hiasan dan makanan bagi sebagian orang. Beberapa contoh hewan air tawar adalah ikan mas, ikan mujair, ikan gabus dan lain-lain.

Semua makhluk hidup yang berada di laut adalah kelompok hewan air laut. Mereka hanya bisa hidup jika kondisi air sama dengan air laut. Hanya segelintir orang yang menjadikannya hewan hias dikarenakan kesulitannya untuk membuat habitat air laut di dalam akuarium.(baca juga: Gangguan Pada Sistem Pernapasan) Namun banyak yang menjadikan hewan air laut sebagai makanan.

Hewan air payau adalah hewan yang tinggal di tempat bersatunya air laut dan air tawar. Lokasi yang bisa kita jumpai adalah tambak air yang biasanya ada di pinggiran pantai. Yang termasuk dalam hewan air payau adalah kerang, udang, ikan bandeng. (baca juga: Ciri Ciri Tumbuhan Kaktus)

3. Hewan Air dan Darat

Hewan air dan darat adalah hewan yang bisa hidup di dua alam. Mereka bisa hidup di daratan maupun di perairan. Banyak orang beranggapan hewan yang hidup di dua alam tidak bagus dikonsumsi oleh manusia. Contoh jenis hewan yang hidup di air dan darat adalah katak, buaya, kura kura dan lain-lain.(baca juga: Struktur Batang Dikotil)

Pengelompokan Berdasarkan Cara Geraknya

1. Melompat

Kelompok hewan melompat adalah hewan yang kondisi tubuhnya cocok untuk bergerak melompat. Semua hewan melompat memiliki kaki dan biasanya kaki belakangnya kuat dan panjang. Contoh hewan yang bergerak dengan cara melompat adalah kelinci, katak, kanguru. (baca juga: Hormon Giberelin)

2. Berjalan

Kelompok hewan berjalan adalah kelompok hewan yang memiliki postur kaki yang kuat. Kaki yang kuat tersebut didukung oleh telapak kaki yang datar untuk berjalan. Beberapa contoh hewan berjalan adalah singa, kuda, beruang, kucing.

3. Melata

Hewan yang cara geraknya melata akan menggunakan otot perutnya untuk berjalan. Sebagian besar kelompok jenis hewan ini tidak memiliki kaki untuk berjalan. Untuk membantu geraknya biasanya hewan melata memiliki lendir untuk mempermudah cara berjalannya. Beberapa hewan yang termasuk dalam hewan melata adalah ular, cacing, lintah, siput.

Sponsors Link

4. Terbang

Burung, kupu kupu, lalat adalah hewan yang termasuk dalam pengelompokan hewan terbang. Mereka memiliki sayap yang bentuknya sangat cocok untuk bisa terbang. Namun untuk mencari makan, biasanya hewan terbang akan turun kedaratan untuk mencari makan.

5. Berenang

Hewan yang hidup didalam air termasuk dalam pengelompokan dari hewan berenang. Ada berbagai macam hewan dan alat renang yang digunakan. Seperti penguin yang menggunakan sayapnya untuk bergerak dalam air, ikan yang menggunakan siripnya bahkan ada hewan yang menggunakan seluruh tubuhnya untuk bergerak didalam air, contohnya adalah buaya.

6. Hewan Merayap

Hewan yang merayap biasanya memiliki kaki namun ia tidak termasuk dalam hewan berjalan karena kaki yang mereka miliki digunakan untuk menopang tubuhnya saat bergerak. Contoh hewan yang tergolong hewan merayap adalah biawak, kadal, cicak.

Pengelompokan Berdasarkan Jenis Makanannya

1. Herbivora

Hewan Herbivora adalah pengelompokan dari hewan yang makanannya adalah tumbuh tumbuhan. Hewan herbivora akan memakan semua bagian dari tumbuh tumbuhan seperti akar, daun, batang dan buah. Semua makanan yang dicerna akan diolah dengan enzim pencernaan yang mampu menjadikan selulosa dari tumbuhan menjadi glukosa yang bermanfaat bagi tubuhnya. Hewan jenis herbivora ini didukung dengan bentuk mulutnya yang hanya bisa memakan makanan yang berbentuk tumbuh tumbuhan karena bentuk gerahamnya yang rapat. Contoh hewan herbivora adalah Sapi, gajah, jerapah, kambing.

2. Hewan Karnivora

Berbeda dengan hewan herbivora, hewan karnivora tidak akan bisa mengolah tumbuh tumbuhan. Yang dimakan oleh hewan karnivora adalah daging. Sebagian besar dari hewan karnivora memiliki gigi taring untuk merobek daging di mulutnya. Umumnya, hewan karnivora adalah hewan yang ditakuti dikarenakan posisinya sebagai rantai makanan adalah sebagai pemangsa. Beberapa contoh hewan karnivora adalah Singa, Serigala, macan, anjing dan sebagainya.

3. Hewan Omnivora

Hewan omnivora adalah hewan yang bisa memangsa segalanya. Bisa kita simpulkan hewan omnivora adalah gabungan dari hewan karnivora dan hebivora karena hewan omnivora bisa memakan daging dan tumbuhan dengan baik. Manusia termasuk dalam hewan omnivora karena manusia bisa memakan daging dan tumbuhan. Karena bisa memakan segalanya maka bentuk gigi dari hewan omnivora sedikit lebih special karena hewan dalam pengelompokan ini memiliki gigi seri, gigi geraham dan gigi taring yang lengkap. Yang termasuk dalam hewan omnivora adalah Tikus, Monyet, babi dll. (baca juga: Penyakit Reproduksi Manusia)

4. Hewan Insektivora

Satu lagi pengelompokan hewan bedasarkan jenis makanannya adalah hewan insektivora. Hewan insektivora adalah hewan yang hanya memakan serangga di sepanjang hidupnya. Hewan yang tergolong dalam hewan insektivora adalah hewan reptil, aves (burung) dan beberapa jenis hewan amphibi.

ads

Pengelompokan Berdasarkan Cara Berkembang Biak

1. Ovipar

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dinamakan dengan hewan ovipar. Hewan ovipar memiliki Embrio yang sudah terbentuk dan akan tumbuh menjadi individu yang baru. Embrio tersebut dilindungi oleh cangkang telur dari si induk. Contoh hewan ovipar adalah Ayam, Ular, Burung dll.

2. Vivipar

Hewan vivipar adalah hewan yang melahirkan keturunannya tanpa telur. Anak mereka dilahirkan langsung dari rahim sang induk dan waktu yang diperlukan pun bermacam macam. Contoh hewan yang melahirkan dengan cara tersebut adalah hewan mamalia atau hewan yang menyusui. (baca juga: Faktor Internal Pertumbuhan)

3. Ovovivipar

Hewan ovovivipar tergolong hewan yang hebat. Cara berkembang biak hewan ini seperti gabungan dari hewan vivipar dan ovovivipar. Pembuahan hewan ovovivipar terjadi didalam perut sang induk. Didalam rahim, janin tersebut akan dilindungi oleh telur dan akan keluar apabila bentuknya sudah sempurna. Yang termasuk dalam hewan ovovivipar adalah hewan jenis reptil dan ikan hiu.

Pengelompokan Berdasarkan Penutup Tubuhnya

1. Hewan Berambut

Hewan yang tubuhnya ditutupi dengan rambut termasuk dalam hewan berambut. Rambut yang dimiliki oleh jenis hewan ini digunakan untuk melindunginya dari suhu dingin dan suhu panas. Sebagian besar hewan berambut adalah hewan mamalia.

2. Hewan Berbulu

Hewan berbulu adalah hewan yang memiliki bulu di sekujur tubuhnya untuk melindungi dirinya dari suhu panas dan dingin. Ada berbagai macam warna bulu yang dimiliki hewan sehingga banyak hewan berbulu yang dijadikan hewan peliharaan bagi manusia. Contoh hewan berbulu adalah burung, bebek, ayam dll (baca juga: Jaringan Penyusun Daun Dikotil)

3. Hewan Bercangkang

Hewan bercangkang menggunakan cangkangnya untuk melindungi diri. Cangkang yang mereka miliki terbuat dari zat kapur yang keras, karena itulah cangkang tersebut bisa jadi tempat tinggal yang aman bagi hewan bercangkang. Beberapa hewan bercangkang adalah siput, kerang, bekicot dll.

4. Hewan Bersisik

Kebanyakan hewan bersisik adalah hewan yang hidupnya di air. Karena dengan sisik, hewan yang hidup di air jadi mudah berenang. Namun ada juga makhluk darat yang memiliki sisik, contohnya adalah kadal, kadal merupakan makhluk yang bersisik kering yang digunakan sebagai pelindung panas dan mencegah penguapan di tubuhnya.

5. Hewan Berkulit

Hewan berkulit adalah hewan yang hanya memiliki kulit sebagai penutup tubuhnya. Mereka tidak dilapisi oleh bulu, rambut, sisik maupun cangkang. Contoh hewan berkulit adalah katak.

Pengelompokan Berdasarkan Cara Bernafasnya

1. Hewan Bernafas Dengan Insang

Hewan yang bernafas dengan insang sebagian besar hidup di air. Karena insang berguna untuk hewan tersebut bernafas dalam air. Contoh pengelompokan hewan ini adalah ikan.(baca juga : Organ Organ Pernapasan)

2. Hewan Bernafas Dengan Kulit

Hewan yang bernafas dengan kulit hanya membutuhkan kulit sebagai alat pernafasannya. Biasanya hewan yang bernafas dengan kulit akan memiliki lendir di kulitnya. Contoh dari hewan ini adalah Cacing.(baca juga: Faktor Eksternal Pertumbuhan)

3. Hewan Bernafas Dengan Paru Paru

Kebalikan dari hewan bernafas dengan insang. Hewan ini hidup di area daratan dikarenakan alat pernafasannya yaitu paru paru yang tidak memungkinkannya untuk hidup di dalam air. Contoh dari hewan ini adalah Kucing, Monyet, Gajah, harimau dll (baca juga: Ciri Ciri Ion)

4. Hewan Bernafas Dengan Trakea

Hewan yang bernafas menggunakan trakea adalah hewan dari species serangga. Contohnya adalah belalang, kupu kupu, cengcorang dll (baca juga: Ciri Ciri Hewan Vertebrata)

Sponsors Link

Pengelompokan Berdasarkan Jumlah Kaki

1. Berkaki Dua

Hewan berkaki dua adalah hewan yang memiliki 1 pasang kaki di tubuhnya. Contohnya adalah Itik, Ayam dan bebek.

2. Berkaki Empat

Hewan ini memiliki 2 pasang kaki ditubuhnya. Contohnya Anjing, Kambing, Kerbau dll. (baca juga: Contoh Larutan Asam)

3. Berkaki Enam

Hewan berkaki enam memiliki 3 pasang kaki di tubuhnya. Contoh dari hewan ini adalah Lalat, Lebah, Capung dll.

4. Berkaki Delapan

Hewan berkaki delapan memiliki 4 pasang kaki di tubuhnya. Contohnya Laba laba, Kalajengking dll. (baca juga: Kenaikan Titik Didih)

5. Berkaki Sepuluh

Hewan ini memiliki 5 pasang kaki di tubuhnya. Hewan Udang dan Kepiting adalah contohnya. (baca juga: Perbedaan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Beserta Contohnya)

6. Berkaki Banyak

Hewan berkaki banyak adalah hewan yang memiliki lebih dari 5 pasang kaki ditubuhnya. Biasanya jumlah kaki yang mereka miliki tidak pasti jumlahnya. Contohnya Kelabang dan Kaki seribu. (baca juga: Molalitas)

Jadi itulah pengelompokan hewan berdasarkan dari habitatnya, cara geraknya, jenis makanannya, cara berkembangbiak, penutup tubuh, cara bernafas, dan juga jumlah kaki. Sehingga kita mengetahui termasuk dalam golongan apa hewan yang kita temui di kehidupan sehari-hari.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Biologi