Sponsors Link

5 Manfaat Konduktor dalam Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Sifat dasar konduktor adalah dapat menghantarkan panas atau listrik dengan baik. Bahan konduktor  listrik yaitu bahan yang memiliki daya hantar listrik (Electrical Conductivity) yang besar dan memiliki ketahanan listrik  (Electrical Resistance) yang kecil. Sehingga bahan tersebut dapat berfungsi menghantarkan arus listrik dengan baik. Konduktor yang baik dapat menghantarkan energi listrik dengan berbagai macam wujud zat baik zat padat, cair, dan gas dengan sangat baik.

ads

Konduktor kebanyakan berupa berbagai macam logam seperti besi, aluminium, tembaga, dan sejenisnya. Banyak benda yang berhasil diciptakan dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yaitu peralatan memasak, setrika, soldier, isi kabel listrik (tembaga), kompor listrik, oven.

Manfaat Konduktor dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Untuk Peralatan Memasak

Dapur erat kaitanya dengan panas kulit kita tidak tahan dengan panas. Salah – salah tangan kita bisa terluka atau melepuh jika tidak memakai alat keamanan atau kombinasi isolator dalam pembuatannya. Alat masak berbahan konduktor diperlukan agar dapat menghantarkan panas dari sumbernya agar masakan siap santap.

Alat masak yang terbuat dari bahan konduktor yaitu wajan, panci, alat penggorengan. Wajan biassanyaterbuat dari aluminium. Aluminium tergolong logam ringan dibandingkan logam lainnya.

  1. Untuk Merapikan Pakaian (setrika)

Setrika merupakan alat bantu manusia yang dipergunakan untuk merapikan pakaian yang kusut dengan bantuan energi panas yang dihasilkan dari aliran listrik. Bahan konduktor logam di tempatkan dibawah setrika yang bersentuhan langsung dengan pakaian. Untuk bisa dipergunakan dengan baik bagian atasnya memakai bahan isolator untuk kenyamanan pengguna.

  1. Menyolder

Solder merupakan alat untuk menyambung komponen elektronika. Biasanya digunakan di bengkel atau tempat untuk memperbaiki alat-alat elektronik. Seperti alat yang lain konduktor hanya yang bersentuhan dengan alat yang akan di soldier bagian yang akan digerkan oleh tangan kita mempergunakan isolator.

Baca juga:

  1. Konduktor Tembaga untuk Isi Kabel Listrik

kabel konduktorTembaga merupakan logam murni yang memiliki daya hantar listrik yang cukup tinggi yaitu sekitar 57 S. Tembaga berfungsi konduktor pada kabel. Kabel yang menggunakan tembaga yaitu kabel sepaksi, kabel coxial, NYA, NYAF dan lain sebagainya.

  • Kabel sepaksi: kabel listrik berfrekuensi tinggi berbentuk bulat yang dikelilingi isolasi.
  • Kabel coaxial: kabel listrik yang terbuat dari tembaga halus. Lebih kuat dan lebih lentur.

Salah satu pertimbangan kenapa tembaga digunakan sebagai isi kabel adalah selain daya hantar yang tinggi juga mempunyai ketahanan pada suhu tinggi dan udara lembab dan udara lembab dibanding baja. Kenaikan titik didih nya mencapai 25950C. Bahannya kuat, keras, kenyal dan mampu renggang atau memuai.

  1. Untuk Memanggang (pemanggang) dan Cake baking (oven)

Alat yang memanggang yang terbuat dari bahan konduktor berupa pemanggang dan oven. Keduanya memanfaatkan hawa panasdari api untuk mematangkan makanan. Ada pemanggang yang manual dengan menggunakan arang ada yang sudah modern dengan menggunakan panas yang berasal dari gas (kompor).

Bedanya dengan oven yaitu dari bentuk, ukuran peletakan bahan yang dimasak dan jenis bahan yang di masak. Aliran panas untuk pemnggang hanya sekitar di bagian bawah saja dan diperlukan kawat pemanggang di atas sumber panas. Sedangkan oven panas disalurkan ke segala arah secara merata ke bahan makanan. (baca juga: Perbedaan larutan elektrolit dan non-elektrolit)

Sponsors Link

Jenis-Jenis Bahan Konduktor

Penggunan penghantar panas atau konduktur untuk kehidupan sehari –hari sangatlah penting. Perlu dipertimbangkan juga bahan konduktor terbaik yang digunakan agar sesuai dengan keperuan kita yang leboh efektif dan efisien.

  • Aluminium (Al) logam yang paling melimpah dan lebih ringan dengan titik didih 2792 K (2519 °C, 4566 °F). Bahan nya lebih ringan di banding yang lain sehingga sering dipergunakan sebagai bahan dasar peralatan masak.
  • Tembaga (Cu) merupakan pengahantar panas yang baik namun memiliki tingkat korosi yang tinggi. Warnanya jingga kemerahan sifatnya halus dan lunak dengan titik didih 2835 K (2562 °C, 4643 °F). Oleh karena itu dimanfaatkan untuk penghantar listrik berupa kabel yang diisolasi. Jika di campur dengan timah akan menghasilkan perunggu. Yang biasa digunakan untuk medali. Ion tembaga dalam konsentrasi tinggi bersifat racun namun dalam jumlah sedikit diperlukan manusia dan tumbuhan sebagai nutrient penting.
  • Besi (Fe) memiliki titik didih 3134 K (2861 °C, 5182 °F). Memiliki nilai ekonomis tinggi yang sering digunakan untuk kehidupan manusia sehari-hari. Misalnya untuk pembuatan pagar rumah, pondasi dan tiang.
  • Seng (Zn) merupakan unsur melimpah di kerak bumi dengan urutan ke 24 dengan titik didih 1180 K (907 °C, 1665 °F) dan memiliki 5 isotop stabil. Ada yang mempergunakannya untuk atap.
  • Platina (Pt) merupakan logam berat, berharga berwarna putih keabu-abuan dan tahan karat dengan titik didih 4098 K (3825 °C, 6917 °F). Dipergunakan sebagai perhiasan, peralatan laboratorium, peralatan kontrol emisi mobil.

Baca juga: nitrogen

Itulah uraian penjelasan mengenai pemanfaatan bahan konduktor dan jenis bahan konduktor sebagai bahan pertimbangan untuk bahan dasar alat yang berguna bagi kehidupan manusia. Semoga penjelasan dapat dimengerti, menambh wawasan pengetahuan dan menjadi inspirsi bagi kita semua.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Fisika