Sponsors Link

Kelebihan dan Kelemahan Model Atom Dalton

Sponsors Link

Atom merupakan bagian partikel suatu wujud zat baik gas, cair maupun padat (logam). Kata atom pertama kali tercetus oleh filusuf Democritus. Model atom merupakan gambaran ilustrasi atom berdasarkan kajian teori yang didukung oleh eksperimen. Kelemahan model atom democritus yaitu tidak didukung dengan eksperimen sehingga kurang diterima. Konsep model atom yang diperkuat oleh eksperimen berupa gambaran susunan partikel dasar tersebut diungkapkan kembalioleh John Dalton (1966-1844) yang merupakan seorang guru di manchester, Inggris. Diunggapkan dalam bukunya New System of Chemical Philosophy I sekitar tahun 1803.

ads

Teori Atom Dalton

model atom daltonMenurut John Dalton atom diibaratkan bola pejal. Dalton menyatakan bahwa zat terdiri dari atom yang tidak dapat dibagi lagi. Penjelasan mengenai teori yang diungkapkan Dalton adalah sebagai berikut.

  1. Unsur terdiri dari partikel yang tidak dapat dibagi lagi. Atom dalam reaksi kimia tidak dapat diubah – ubah menjadi unsur lain. Tidak dapat dihancurkan apalagi diciptakan.
  2. Semua atom yang terdapat di dalam unsur sejenis memiliki sifat, ukuran dan masssa identik.
  3. Atom dari unsur yang berbeda jenis akan memiliki sifat yang berbeda pula.
  4. Senyawa terbentuk lebih dari gabungan satu jenis unsur
  5. Atom dapat bergabung satu sama lain. Secara kimia membentuk molekul dengan perbandingan sederhana

Kelebihan Teori Atom Dalton

  1. Kita dapat menjelaskan hukum kombinasi kimia dengan segala kemungkinan berdasarkan teori
  2. Orang pertama yang mengakui perbedaan molekul unsur dan senyawa
  3. Mampu menerangkan hukum kekekalan massa dengan menggunakan teori atom Dalton. Oleh karena itu John Dalton dianggap sebgai bapak pencetus teori atom modern

Baca juga:

Kelemahan Teori Atom Dalton

  1. Atom yang dinyatakan tidak dapat terbagi lagi dikemudian hari dapat dibuktikan bahwa pernyataan tersebut salah. Dengan adanya pernyataan bahwa atomdapat terbagi lagi menjadi elekton (partikel bermuatan negatif), neutron (partikel bermuatan netral) dan proton (partikel bermuatan positif). Sebuah eksperimen membuktikan bahwa pengaruhnya terhadap reaksi kimia sangat bear.
  2. Pernyataan Dalton mengenai atom dari unsur yang sama memiliki kesamaan dalam semua hal baik sifat, ukuran dan massanya dan atom dari unsur yang berbeda akanberbeda dalam semua hal. Kenyataannya dapat terbantahkan dengan adanya penemuan yang membuktikan terdapat beberapa unsur berbeda massa dan kepadatannya seperti atom. Atom dari unsur yang sama memiliki masa yang berbeda disebut isotop. Contohnya klorin mempunyai 21 isotop dengan no. Massa 35 dan 37 sma.
  3. Gagal menerangkan alotrop karena arang, grafit dan berlian dari unsur yang sama maka perbedaan sifat tidak dapat dijelaskan secara terperinci dan detail.
  4. Untuk menjelaskan mengenai atom unsur berbeda bergabung dalam rasio nomor sederhana untuk membentuk senyawa padahal tidak berlaku pada senyawa orgnik kompleks seperti gula C12H22O11
  5. Pernyataan atom berbeda unsurakan berbeda –beda dalam segala hal, namun dalam kasus tertentu hal ini terbantahkan oleh penemuan pada unsur berbeda dengan memiliki massa atom yang sama. Massa atom yang sama dapat dimiliki oleh dua unsur berbeda seperti Argon (Ar) dan Kalsiam (Ca) yaitu bernilai 40. Kondisi tersebut dinamakan dengan isobar.
Sponsors Link

Waupun teori Dalton terdapat banyak kekurangan namun beliau pemacu ilmuan-ilmuan lainnya untuk mengembangkan teori model atom yang lebih baik dan sempurna.  Teori atom dalton merupakan cikal bakal teori atom modern yang disertai dengan eksperimen walaupun beberpa terbantahkan. Itulah uraian mengenai dasar teori model atom Dalton beserta kelebihan dan kekuranggannya. Semoga dapat bermanfaat dan memacu kita untuk menjadi pengembang teori atom lebih baik lagi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kimia