Sponsors Link

17 Jenis Bioma di Dunia Beserta Persebarannya (#Terlengkap)

Sponsors Link

Sebuah bioma merupakan sekelompok ekosistem pada sebuah benua dengan memiliki sifat-sifat lingkungan yang sama baik komponen biotik dan abiotik, struktur dan fisiognomi vegetasi yang sama, dan memiliki karakteristik komunitas hewan yang sama pula. Garis pembatas atau pemisah antara dua bioma walaupun tidak jelas disebut ecotone. Dimana ecotone selalu ditempati tumbuhan dan pengelompokan hewan yang khas.

ads

Ada berbagai tipe bioma di dunia. Menurut Soedjiran Resosoearmo dlkk (1984), bioma di dunia terdiri dari 17 jenis bioma di dunia, yaitu:

1. Hutan Hujan Tropis (Tropical Rainforests)

Terdapat di daerah tropis yang basah dengan curah hujan tinggi yang tersebar sepanjang tahun. Ciri-ciri ekosistem hutan hujan tropis umumnya pohon yang tumbuh pada hutan ini pohon-pohonnya tinggi, berdaun lebar dan selalu hijau (evergreen) sepanjang tahun. Terdapat di daerah Amerika Tengah dan Selatan, Afrika, Asia Tenggara dan Australia Timur Laut.

2. Hutan Musim Tropis (Tropical Seasonal Forests)

Terdapat di daerah tropis iklim basah tetapi memiliki musim kemarau yang panjang. Selama musim kemarau pohon-pohon menggugurkan daunnya. Banyak terdapat di India dan Asia Tenggara.

3. Hutan Hujan Iklim Sedang (Temperate Rainforests)

Hutan ini berupa hutan raksasa seperti:

  • Sepanjang pantai Pasifik di Amerika Utara
  • Hutan iklim sedang (hutan Eucalyptus) di Australia
  • Redwood forests terdapat di negara bagian California dan Oregon
  • Hutan campuran (mixed caniferrous rainforests) taerdapat di Negara bagian Washington

4. Hutan Pegunungan Tropis (Tropical Mountain Forests)

Menyerupai hutan hujan iklim sedang akan tetapi struktur dan karakteristik berbeda. Hutan ini bisa ditemui di Madagaskar, Cina, Brasil, India, Kamboja, dan lainnya.

5. Hutan Iklim Sedang Evergreen (Temperate Evergreen Forests)

Terdapat di daerah iklim sedang. Terdiri dari hutan:

  • Hutan yang didominasi pohon berdaun kecil dan tebal dengan ciri kerdil yang berkayu keras, berdaun lebar dan selalu hijau sepanjang tahun.
  • Hutan berdaun jarum yang selalu hijau yang tumbuh di daerah beriklim kontinen seperti Amerika Serikat dan Eropa.

6. Hutan Gugur Iklim Sedang (Temperate Deciduous Forests)

Tumbuh di daerah beriklim kontinen sedang tapi agak basah dengan musim hujan pada musim panas dan musim dingin yang keras. Pohon yang mendominasi adalah berdaun lebar yang menggugurkan daunnya dengan mencapai tinggi 30-40m. tedapat banyak hewan tapi aktivitasnya bermusim. Hutan ini terdapat di Amerika Serikat, Eropa, Asia Timur, dan secara lokal terdapat pula di Chili dan pegunungan di Amerika Utara.

7. Taiga (Subarctic Subalpine Needle Leaved Forests)

Terdiri atas jenis-jenis conifer yang tumbuh di tempat terdingin dari daerah iklim hutan. Taiga terbesar berada di bagian utara Amerika Utara, Eropa dan Asia. Terbentang ke selatan di gunung-gunung yang tinggi.

Sponsors Link

8. Hutan Lumut (Elfin Woodland)

Komunitas pegunungan sub alpin tropis yang mempunyai struktur lain dari taiga. Terdapat di ketinggian diatas 2500 mdpl. Pohon-pohon biasanya kerdil dan ditumbuhi lumut

9. Hutan Duri dan Hutan Kecil (Thorn Forest and Woodlands)

Komunitas tropis yang terdiri dari pohon-pohon kerdil yang tumbuh tersebar diantara rerumputan. Hutan ini terletak di wilayah barat daya Afrika dan barat daya Amerika Utara.

10. Semak Duri (Thorn Scrub)

Dikuasai oleh perdu-perdu yang besar dan lebat dan tumbuh di daerah yang lebih kering dari hutan duri. Hutan duri dan semak berduri tumbuh pada iklim tropis yang lebih kering dari iklim hutan musim.

11. Hutan Kerdil Iklim Sedang (Temparate Woodland)

Komunitas yang terdiri dari pohon-pohon kecil yang tumbuh terbuka dengan penutup tajuk kurang dari 100%. Didominasi oleh pohon berdaun jarum, berdaun keras dan kecil atau pohon-pohon berdaun lebar yang biasanya gugur. Terdapat di Texas California, Amerika, Timur Tengah dan di benua Selatan.

ads

12. Komunitas Perdu Iklim Sedang (Temperate Shrublands)

Terdiri atas perdu-perdu berdaun lebar atau kecil dan selalu hijau. Tumbuh di daerah iklim yang tidak terlalu kering dipengaruhi iklim laut dengan sedikit hujan pada musim panas. Terdapat di Afrika Selatan, Chili, Australia, di California dikenal dengan nama chaparral, dan di Timur Tengah disebut maquis,

13. Savana

Padang rumput tropis yang ditumbuhi oleh pohon-pohon yang tersebar dan banyak terdapat di Afrika yang merupakan habiat hewan merumput (grazing animal). Lokasi savana di dunia yaitu Australia, Amerika, Asia Selatan dan Indonesia tepatnya di Nusa Tenggara Timur dan Papua bagian tenggara.

14. Padang Rumput Iklim Sedang (Temperate Grasslands)

Meskipun di padang rumput tropis ini hanya satu stratum, tetapi keanekaraganan jenis lebih tinggi di bandingkan kebanyakan hutan. Mencakup:

  • Prairie
  • Plain dan padang rumput gurun (Amerika Serikat)
  • Steppe (Eropa dan Asia)
  • Veldt (Afrika)
  • Pampas (Amerika Selatan)

15. Komunitas Pegunungan Tinggi dan Kutub Utara (Alpin and Arctic Communities)

Tipe vegetasinya sangat beragam seperti perdu-perdu kecil, rumput, lumut dan lumut kerak membentuk pola dominasi yang kompleks.

  • Pegunungan tinggi terdapat padang rumput khas (alpine grassand) terdiri atas padang rumput yang berumpun (tussock grassland) dan paramo di daerah tropis dan belahan dunia di daerah tropis dan belahan bumi bagian selatan.
  • Tundra adalah padang yang tidak berpohon yang terdapat di Kutub Utara. Ada juga tundra di Amerika Utara dan Asia sangat serupa.

16. Gurun

Terdapat di semua benua dengan cakupan berbagai macam komunitas. Terdiri dari:

  • Gurun tropis dan subtropis,
  • Gurun iklim sedang (terdapat di Amerika Utara),
  • Gurun pegunungan tinggi alpin dan kutub utara (terjadi karena pengaruh dingin yang ekstrim dan lintang tinggi) dan semak-semak gurun iklim sedang yang dingin (terdapat di Amerika Serikat dan Asia)

17. Komunitas Rawa

Terbentuk karena keadaan tanah yang basah. Tipe komunitas rawa yaitu:

  • Rawa stagman (keadaan tanah yang berlebihan seperti hutan rawa air tawar)
  • Rawa tropis (baca juga: ekologi laut tropis)
  • Rawa iklim sedang,
  • Hutan mangrove (terdapat di pantai tropis dan muara sungai),
  • Rawa payau berair asin (terdapat di pantai beriklim sedang)

Itulah penggambaran mengenai jenis bioma di dunia khususnya bagian darat, yang tentu saja berbeda dengan bioma laut. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ekologi