Sponsors Link

9 Dampak Bioteknologi dalam Bidang Kesehatan Manusia

Sponsors Link

Pengembangan bioteknologi bermacam-macam pengelompokannya berdasarkan warna. Bioteknologi biru (bidang kelautan atau aquatik), bioteknologi hijau (bidang pertanian dan peternakan), bioteknologi putih atau abu-abu (bidang industri atau pengolahan produksi produk), bioteknologi merah (bidang medis atau kesehatan). Kali ini biotektonologi yang akan dibahas mengenai dampak bioteknologi merah atau bioteknologi kesehatan.

ads

Bioteknologi memang membantu kita dan para medis namun harus dipikirkan dampak jangka panjang dan dampak keterkaitan dengan lingkungan baik unsur lingkungan biotik maupun abiotik juga bidang lain. Berikut dampak bioteknologi dalam bidang kesehatan baik positif maupun negatif.

Dampak Positif Bioteknologi Bidang Kesehatan

1. Bioteknologi Sebagai Cikal Bakal Pengembangan Medis Modern

Bioteknologi di bidang kesehatan diawali dengan ditemukannya vaksin, zat insulin dan antibiotik yang bentuk nya masih sederhana dan proses produksi yang masih sedikit dan terbatas. Akhirnya seorang ilmuan Louis Pasteur mengembangkan bioreaktor sebagai cikal bakal berbagai macam obat sekarang yang dapat diproduksi massal.

Fungsi awal antibiotik, insulin dan vaksin:

  • Antibiotik merupakan zat kimia yang berasal dari mikroorganisme terutama bakteri dan jamur yang dapat menghambat pertumbuhan atau membunuh bakteri atau mikroorganisme yang lain yang merugikan tubuh. Tahun 1929 Alexander Fleming menemukan antibiotik yang dihasilkan oleh jamur Penicillium notatum. Senyawa antibiotik jamur ini efektif melawan bakteri gram positif seperti pneumokokus dan beberapa
  • Ekstraksi insulin dahulu didapat dari pankreas babi atau lembu fungsinya untuk memerangi diabetes. Banyak memakan biaya dan efeknya insulin mengakibatkan hipersensitivitas maupun resistensi. Pengembangan rekayasa genetika saat ini insulin dikembangkan dengan bakteri yaitu dengan jalan menyematkan gen pengkode pembentukan insulin manusia pada bakteri.
  • Vaksin ini berasal dari mikroorganisme yang telah dilemahkan untuk sistem kekebalan tubuh akan membentuk antibodi yang berfungsi melawan antigen yang masuk ke dalam tubuh.

2. Membantu Kemajuan Teknologi Pengobatan

Saat ini banyak kemajuan teknologi untuk mengembangkan bioteknologi pengobatan dengan cara proses rekayasa genetika, kultur jaringan tubuh, DNA rekombinan, pengembangan sel induk kloning dan lain lain. Perkembangan kemajuan teknologi pengobatan dengan bioteknologi modern:

  • Antibiotika untuk pengobatan jadi lebih murah dan mudah di dapat
  • Penemuan vaksin-vaksin yang mampu melawan virus penyakit dalam tubuh. contohnya adalah vaksin malaria, hepatitis, rabies dan penyakit menular lainnya.
  • Metode pengobatan cangkok yang telah disempurnakan yang telah dilakukan penyesuaian.
Sponsors Link

3. Terciptanya Produk Hormon yang Murah dan Terjangkau

Hormon insulin saat ini tidak lagi menggunakan ekstraksi pankreas babi atau lembu menggunakan bioteknologi rekayasa genetika dengan menyisipkan bakteri Escherichia coli dengan gen pembentuk insulin pada manusia. Bakteri ini mampu membentuk insulin yang mirip dengan insulin manusia. Insulin yang dibentuk bakteri ini dapat digunakan mengobati diabetes. Tidak menimbulkan efek negatif didalam tubuh manusia tidak seperti insulin hewani.

Baca juga:

4. Terciptanya Sistem Kekebalan yang Melindungi Tubuh dari Infeksi Bakteri dan Menyembuhkan Tumor/Kanker

  • Antibodi berfungsi melindungi tubuh dari infeksi bakteri berupa protein yang didapat dari sistem kekebalan tubuh. Bioteknologi dengan menggunakan rekayasa genetika dapat dibentuk antibodi monoklonal. Antibodi monoklonal akan menciptakan antibodi yang dapat menyerang sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat. Sistem kerjanya yaitu dengan menggabungkan antara sel penghasil antibodi dan sel yang terkena penyakit. Sel yang biasa digunakan adalah sel-sel tumor dan sel-sel limpa manusia (sebagai antigen penghasil antibodi).
  • Satu lagi penemuan bidang medis yang produksinya dilakukan dengan rekayasa genetika yaitu interferon. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan menggunakan senyawa kimia dan mengatasi infeksi.
Sponsors Link

Dampak Negatif Bioteknologi Bidang Kesehatan

  1. Menyebabkan alergi
  2. Dapat menyerang sistem imunitas manusia
  3. Beberapa Produk Transgenik bisa mengakibatkan kebal terhadap obat antibiotik
  4. Keracunan
  5. Munculnya penyakit baru dan kerentanan terhadap penyakit tertentu

Baca juga:

Uraian di atas menjelaskan mengenai dampak bioteknologi dalam bidang kesehatan. Semoga dapat menambah wawasan dan memberikan manfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Biologi